Jadi Kebiasaan Orang Indonesia, 5 Sayuran Ini Dalam Keadaan Mentah Ternyata Efeknya Bisa Bikin Lumpuh, Loh!

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 06:33
ps://www.sabjila.com

nutrisi dalam sayuran kol ini langsung sirna jika disajikan dengan cara digoreng. Karena rasa yang dihasilkan kol setelah digoreng menjadi gurih dan manis. Sensasi renyah, krispi dan kriuknya tentunya membuat orang ketagihan. Namun dengan mengoreng dengan suhu tinggi dan dengan minyak goreng yang di

WIKEN.ID- Sebagian orang Indonesia familier dengan kebiasaan makan lalapan.

Banyak orang Indonesia yang suka makan sayuran mentah, seperti mentimun, sayur kol (kubis), atau selada.

Dan kabar baiknya, kebiasaan makan lalapan ini punya banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Bahkan, sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa lalapan dinilai dapat menurunkan angka kematian akibat virus corona (Covid-19).

Biasanya, sayuran dibiarkan mentah dan dimakan bersama dengan sambal.

Rasanya tentu saja jadi lebih enak dan segar karena sayuran tak melalui proses pelayuan saat dimasak.

Baca Juga:Ayu Ting Ting Dipecat dari Semua Acara TV dan Digantikan dengan Sosok Ini, Kenapa?

Tapi, tahukah kamu kalau ternyata ada sayuran yang sebaiknya tidak kita makan dalam kondisi mentah, loh.

soalnya, ada beberapa kandungan dalam sayur-sayuran ini yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Efeknya bahkan bisa bikin kelumpuhan.

5 Makanan yang Tak Boleh Dimakan Mentah

Beberapa orang memilih diet dengan memakan makanan yang seratus persen mentah karena dianggap menyehatkan.Mereka juga dianjurkan untuk memakan makanan organik yang tidak dimasak.Bahkan, semakin banyak mengkonsumi makanan organik berarti semakin baik bagi tubuh.Akan tetapi, melakukan diet mentah bukan berarti kamu boleh memakan semua sayuran dan makanan mentah.

Baca Juga:Bak Tersambar Petir, Mertua Irwansyah Tak Kuat Tahan Tangis saat Lihat Kondisi Rumah Tangga Zaskia Zungkar, Kenapa?Pasalnya, beberapa sayuran ternyata tidak dianjurkan untuk dimakan mentah-mentah.Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini daftar 5 sayuran yang tidak boleh dimakan mentah!1. Brokoli

Freepik.com

Brokoli

Brokoli, kubis Brussel, kembang kol dan anggota keluarga kubis lainnya dapat dimakan mentah oleh kebanyakan orang.Tetapi beberapa orang memiliki masalah ketika memakannya mentah-mentah.Brokoli mengandung gula majemuk yang disebut raffinose.Kandungan ini ternyata tidak bisa diserap oleh tubuh dan dipecah oleh bakteri di usus besar.

Aakibatnya, kita akan merasa kembung karena penumpukan gas.Untuk membuat sayuran ini lebih mudah di perut, kita perlu memasaknya terlebih dulu.Hal itu akan membuat brokoli akan menjadi lebih mudah dikunyah dan dicerna.

Baca Juga:Ramalan Nagita Slavina Hari Ini: Aquarius Kini Nikmati Kehidupan yang Lebih Baik2. Terong

Freepik.com

Terong

Terong mengandung senyawa yang disebut solanine, yang dapat mengurangi penyerapan kalsium dan mengiritasi saluran pencernaan.Dalam dosis besar dapat menyebabkan sakit perut, diare dan gejala lainnya seperti muntah, sakit kepala, mual dan pusing.Jika makan terung mentah dan merasakan gejala-gejala ini, segera cari pertolongan medis.

3. Kentang

Freepik.com

Nyesel Kalau Dibuang, Ternyata Kulit Kentang Bisa Cegah Tubuh Dari Penyakit Mematikan Ini

Kentang mentah biasanya tidak beracun.Tetapi jika mereka tidak matang dan telah terkena cahaya untuk waktu yang lama, kentang sangat mungkin mengandung solanin dalam jumlah yang berbahaya.Kita bisa tahu kalau kentang menjadi buruk jika mulai berubah menjadi hijau.Jangan makan secara mentah atau akan berisiko muntah, mengalami diare, sakit kepala, atau, paling buruk, kelumpuhan sistem saraf pusat.4. Kacang Merah

Sajian Sedap

Kacang merah.

Jika memakan biji mentah langsung dari tanaman, dampaknya tidak terlalu buruk, tetapi mungkin menderita mual, muntah, kram, dan sakit perut.Hal ini dikarenakan kacang merah mengandung racun alami yang dikenal sebagai lectin.Agar aman, rendam kacang di dalam air setidaknya selama lima jam sebelum merebusnya.

Baca Juga:Puluhan Tahun Terpaksa Sabar, Mayangsari Siap Habisi Orang yang Berani Sentuh Asetnya: Gimana Gak Dendam!

5. Tomat

Sajiansedap.grid.id
Sajiansedap.grid.id

Tomat

Terakhir Tomat, sayuran yang juga bisa disebut buah ini memang tidak berbahaya ketika dimakan mentah-mentah.Akan tetapi akan lebih baik jika memakannya dalam kondisi dimasak menurut studi dari Cornell University.Hal ini dikarenakan tubuh akan semakin banyak menyerap likopen dari tomat ketika dimasak.

Baca Juga:2 Tahun Kesabaran Ashanty Sia-sia, Wanita Ini Jadi Tersangka Usai Dilaporkan Istri Anang Hermansyah

Tomat dipanaskan selama dua menit, 15 menit, dan 30 menit, maka tingkat nutrisi secara bertahap meningkat semakin lama setelah mereka dimasak.Lycopene telah terbukti membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.Artikel ini pernah tayang di Grid dengan judul "Bisa Picu Penyakit Mematikan, Jangan Konsumsi 5 Jenis Sayuran ini dalam Kondisi Mentah"

Editor : Amel