Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun, Berikut Riwayat Sakit Sang Pemimpin Kerajaan Inggris Selama Setahun Terakhir

Jumat, 09 September 2022 | 13:33
Dok. PA/JONATHAN BRADY via AP

Ratu Elizabeth II meninggal dunia, berikut riwayat sakit selama setahun terakhir.

WIKEN.ID -Kabar duka tengah menyelimuti keluarga Kerajaan Inggris lantaran Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Dikabarkan, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun, pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat.

Diketahui, dalam setahun terakhir Ratu Elizabeth II dirundung masalah kesehatan sejak masuk rumah sakit pada Oktober 2021.

Dikutip dari Kompas.com yang dilansir dari kantor berita AFP, berikut riwayat sakit Ratu Elizabeth II dalam satu tahun belakang.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Ternyata Tim Dokter Sudah Mengkhawatirkan Kesehatan Sang Ratu Inggris Sejak Lama

1. Oktober 2021

Kala itu Ratu Elizabeth II membatalkan perjalanan dua hari ke Irlandia Utara setelah disarankan untuk beristirahat dengan alasan medis, menurut pengumuman Istana Buckingham pada 20 Oktober 2021.

Keesokan harinya Istana Buckingham mengatakan, Ratu Elizabeth II mengunjungi rumah sakit swasta London untuk penyelidikan awal dan menginap semalam.

2. November 2021

Ratu Elizabeth II terlihat mengendarai mobil di rumahnya di Kastil Windsor, sebelah barat London, pada 1 November 2021.

Namun, dia menarik diri dari KTT perubahan iklim PBB di Glasgow, Skotlandia atas nasihat dokter untuk beristirahat dan tidak menghadiri acara tahunan Remembrance Sunday pada 14 November 2021 karena sakit punggung.

Baca Juga: Kehidupan Gisel Hari Ini, Scorpio Girl Akhirnya Menyadari Kehidupan Pribadinya Tak Berjalan Sesuai Keinginannya!

3. 20 Februari 2022

Ratu Elizabeth II dinyatakan positif Covid-19 setelah melanjutkan audiensi langsung di Kastil Windsor.

Istana Buckingham menyebutkan gejalanya ringan seperti pilek.

Dia sempat berkata, "Itu membuat seseorang sangat lelah dan kewalahan, bukan?"

4. Maret 2022

Ratu Elizabeth II menarik diri dari layanan Commonwealth Day di Westminster Abbey, tetapi dia menghadiri upacara peringatan 29 Maret di sana untuk mendiang suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal dalam usia 99 tahun pada 2021.

Facebook

Ratu Elizabeth II meninggal dunia, berikut riwayat sakit selama setahun terakhir

Baca Juga: Ditanya Gading Marten Soal Fantasi Berhubungan Badan, Anya Geraldine Justru Ngaku Masih Perawan, Benarkah?

5. April 2022

Ratu Elizabeth II melewatkan kebaktian tradisional Kamis Putih.

6. Mei 2022

Ratu Elizabeth II absen dari upacara Pembukaan Parlemen Negara pada 10 Mei karena masalah mobilitas episodik, kali ketiga dia melakukannya sejak 1952.

Pewarisnya yaitu Pangeran Charles lalu mengambil alih perannya.

7. Juni 2022

Ratu Elizabeth II melewatkan rangkaian acara Platinum Jubilee untuk menandari 70 tahun bertakhta, termasuk kebaktian di Katedral St Paul pada 3 Juni.

Baca Juga: Ternyata Dulu Bucin Banget! Terbongkar Deddy Corbuzier Pernah Jalin Asmara dengan Rossa, Rela Lakuin Hal Ini Demi Sang Diva

Dia hanya membuat dua penampilan publik, juga melewatkan ajang balap The Derby di Epsom pada 4 Juni 2022.

Kathryn Janicek

Ratu Elizabeth II meninggal dunia

8. September 2022

Ratu Elizabeth II tidak hadir di acara tradisional Braemar Gathering Highland Games di dekat Balmoral pada akhir pekan pertama September 2022.

Pada 6 September, sang ratu secara resmi menunjuk Liz Truss sebagai perdana menteri ke-15 Inggris selama masa kekuasaannya dan difoto dengan berdiri menjabat tangannya.

Baca Juga: Usia 40 Tahun Tapi Tak Kunjung Menikah, Ariel NOAH Justru Blak-blakan Ngaku Betah Menjomblo, Trauma Punya Pasangan?

Ratu pada bulan ini juga melakukan upacara di Balmoral, Skotlandia, untuk kali pertama, bukan di Istana Buckingham.

Pada 7 September 2022, dia batal menghadiri pertemuan yang direncanakan dengan penasihat politik senior setelah diwajibkan istirahat.

Tanggal 8 September 2022, Istana Buckingham mengumumkan bahwa para dokter khawatir dengan kondisinya dan menyarankan Ratu Elizabeth II tetap dalam pengawasan medis di Kastil Balmoral, Skotlandia. (*)

Editor : Hafidh

Sumber : Kompas.com