Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Sang Anak Ternyata Sempat Ungkap Penyakit yang Diderita Menteri Menpan RB

Jumat, 01 Juli 2022 | 14:37
(Kompas.com/Ika Fitriana)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo.

WIKEN.ID-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan/RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada pukul 11.10 WIB di rumah sakit Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022).

“Tadi jam 11.10 beliau berpulang ke Harbaam-Nya,” ujar Politikus PDIP Junimart Girsang.

Sebelumnya beredar informasi di kalangan wartawan berita meninggalnya Tjahjo Kumolo.

“Innalillaahi wa inna ilaihi rojiun. Allahumaghfir lahu warhamhu wa'āfihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzülahu waj'alijannata matswāh. Al-Fātihah. Telah kembali keharibaan Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Memiliki HambaNya,”

“Bapak Tjahjo Kumolo, Menteri PAN dan RB, Pada pukul WIB 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta,”

“Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah, mengampuni segala dosa dan kesalahannya, dan memasukkan ke surgaNya. Aamiin Ya Robbal Alamin. Dan semoga keluarga besar yang ditinggalkannya diberi tambahan ketabahan dan kesabaran. 'AzhzhamaLlāhu ajeahum wa ahsana 'azā-ahum. Āmïn,”

Beberapa hari terakhir, Tjahjo Kumolo memang dirawat di rumah sakit dan sempat beredar dalam kondisi kritis.

Terkait hal tersebut anak kandung Tjahjo Kumolo, Rahajeng Widyaswari membantah bahwa kabar ayahnya memburuk saat itu.

"Sekarang kondisi bapak sudah membaik dan cenderung stabil. Intinya bukan seperti yang beredar yang mengatakan Bapak koma atau tidak sadarkan diri, itu tidak benar," kata Rahajeng Widyaswari, Minggu (26/6/2022).

Meski begitu Rahajeng menyebut sang ayah sakit karena ada infeksi yang menyebar hingga ke paru-paru.

"Ada infeksi yang menyebar hingga ke paru-paru," kata Rahajeng.

Baca Juga: Mulai Bosan Olahraga Berlari Karena Gitu-gitu Aja? Kamu Bisa Coba Beberapa Tips Berikut Agar Larimu Menyenangkan!

Dibesuk Jokowi di Rumah Sakit

Presiden Jokowi seusai menghadiri Rakernas II PDI Perjuangan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Selasa (21/6/2022) menyempatkan untuk menjenguk Tjahjo Kumolo di rumah sakit.

Di acara Rakernas II, Tjahjo Kumolo yang juga mantan Sekjen PDIP itu juga tidak tampak hadir di lokasi.

Untuk menggantikan tugas Tjahjo yang sedang sakit, Presiden Jokowi sudah menunjuk Menkopolhukam Mahfud MD menjadi ad interim MenPAN RB.

Mahfud pun membenarkan penunjukan itu.

"Betul. Saya sebagai Menko Polhukam ditunjuk oleh Presiden untuk menjadi Menteri PANRB ad Interim. Pak Tjahjo sakit dan sedang dalam perawatan intensif. Sudah mulai membaik tapi masih tetap harus dirawat untuk recovery," kata Mahfud, Jumat (24/6/2022).

Sebagai Menko Polhukam dan AD Interim Menteri PAN RB, Mahfud mengaku telah memberikan pengarahan pada Rakornas tentang Pegawai Non-ASN, Tenaga Honorer, dan Outsoursing.

"Semua tugas bisa dihandle dengan baik karena Pak Tjahjo sudah lama menata instrumen hukum dan kelembagaannya dengan baik. Pejabat-pejabat Eselon I di Kem-PANRB juga tupoksi masing-masing," katanya.

Mahfud juga meminta doa agar Tjahjo segera sembuh dan dapat bekerja seperti biasa.

Tjahjo Kumolo merupakan politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Tjahjo juga pernah menjabat sebagai jajaran DPP sebagai Sekretaris Jenderal PDIP.

Pada tahun 2014, Tjahjo ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai menteri dalam negeri (Mendagri).

Lalu, pada pemerintahan Presiden Jokowi periode 2019-2024, Tjahjo kembali dipercaya masuk kabinet untuk menjabat sebagai Menpan-RB.(*)

Baca Juga: Pelari Pemula Wajib Tahu Agar Tak Mudah Cedera, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Mulai Olahraga Berlari

Editor : Agnes

Baca Lainnya