Tak Perlu Jalan-jalan, Bermain dengan Anjing dan Kucing Selama 10 Menit Ternyata Bisa Redakan Stres

Senin, 23 Mei 2022 | 13:07
instagram.com/wat.ki/

Anjing dan Kucing yang Bersahabat

WIKEN.ID-Rutinitas sehari-hari kerap kali membuat kita stress.

Ditambah lagi jika ada tuntutan pekerjaan yang harus kita kerjakan tiap harinya.

Biasanya orang-orang akan liburan ke tempat-tempat yang menarik demi meredakan stress.

Namun ternyata, melepaskan diri dari stress bisa dilakukan dengan bermain dengan anjing dan kucing.

Hal ini terkuak berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada jurnal AERA Open.

Melansir dari news.wsu.edu, Studi yang dilakukan oleh para psikolog dari Washington State University (WSU) ini, mengungkapkan bahwa hanya dengan mengelus kucing atau anjing selama 10 menit, dapat menurunkan hormon stres dalam jumlah yang signifikan.

Hasli penelitian tersebut didapatkan setelah peneliti mengumpulkan 249 mahasiswa satu minggu sebelum ujian akhir, kemudian secara acak membagi mereka dalam empat kelompok.

Baca Juga: Pelari Pemula Wajib Tahu, Coba Lakukan 3 Hal Berikut Ini Sebelum Kamu Memulai Olahraga Berlari, Apa Saja?

Kelompok pertama diperbolehkan bermain dengan beberapa anjing dan kucing selama 10 menit, sementara kelompok kedua hanya mengamati saja tanpa boleh menyentuh hewan tersebut.

Untuk kelompok ketiga, mereka diminta menonton presentasi yang berisi gambar hewan selama 10 menit.

Terakhir, kelompok empat tidak melakukan kegiatan apa-apa, tapi mereka diberitahu boleh bermain dengan anjing dan kucing dalam sepuluh menit mendatang.

Sebelum dan sesudah eksperimen, semua partisipan dari empat kelompok telah diambil sampel air liurnya untuk menguji kadar hormon stres kortisol.

Hasilnya menunjukkan, kelompok yang diperbolehkan mengelus anjing dan kucing selama 10 menit, mengalami penurunan kortisol lebih banyak dibanding partisipan lainnya.

Meski partisipan di kelompok dua hingga empat juga mengalami penurunan kadar kortisol, tapi jumlahnya hanya sedikit.

Baca Juga: Pesepeda Pemula Wajib Tahu, Ternyata Segini Durasi Ideal Bagi yang Baru Mulai Bersepeda, Jangan Langsung Jauh!

“Kami sudah tahu bahwa partisipan pasti sangat menikmati interaksi dengan hewan. Bermain dengan anjing dan kucing membantu meningkatkan emosi positif mereka,” kata Patricia Pendry, profesor dari Department of Human Development WSU sekaligus wakil pemimpin studi ini.

“Kami ingin mempelajari apakah eksposur dari hewan peliharaan dapat mengurangi stres. Ternyata, itu memang memiliki manfaat signifikan bagi kesehatan fisik dan mental,” imbuhnya.

Penelitian terbaru ini tidak menjelaskan secara spesifik mengapa mengelus hewan dapat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Yang pasti, bermain dengan mereka terbukti memberikan dukungan sosial dan emosional.

“Banyak orang menganggap hewan peliharaan mereka memberikan dukungan emosional yang lebih baik dibanding sesama manusia,” pungkas Pendry.

Masih belum diketahui apakah interaksi dengan hewan peliharaan ini memengaruhi kondisi mental atau kesejahteraan seseorang dalam jangka panjang. (*)

Baca Juga: Jangan Dilihat dari Harganya Saja, Begini Cara Memilih Sepeda yang Tepat Agar Nyaman Digunakan Saat Bersepeda!

Editor : Agnes

Baca Lainnya