Memiliki Anjing Ternyata Membuat Pemiliknya Lebih Sehat dan Langsing, Ternyata Ini Alasannya

Senin, 23 Mei 2022 | 12:06
Drazen Zigic/freepik

Mengenal manfaat mengajak anjing jalan-jalan.

WIKEN.ID-Memelihara hewan peliharaan kini menjadi solusi banyak orang yang ingin mendapatkan teman dan tak ingin kesepian.

Tingkah laku mereka yang lucu nyatanya juga bisa menjadi hiburan tersendiri.

Salah satu yang kerap dijadikan pilihan untuk dipelihara adalah anjing.

Tak hanya setia, anjing nyatanya juga memberikan manfaat kesehatan bagi pemiliknya, lho.

Bahkan dilansir dari The Telegraph, memelihara anjing bisa membuat pemiliknya lebih langsing dan sehat.

Penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic dan peneliti di Italia menemukan bahwa memelihara anjing menjadikan pemiliknya berisiko lebih kecil mengalami kelebihan berat badan atau kecenderungan menjadi gemuk.

Tak hanya itu, memelihara anjing juga menjadikan pemiliknya menjadi lebih sehat, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki binatang pemeliharaan atau memelihara binatang selain anjing.

Baca Juga: Jangan Dilihat dari Harganya Saja, Begini Cara Memilih Sepeda yang Tepat Agar Nyaman Digunakan Saat Bersepeda!

Sebab, anjing adalah binatang yang cukup aktif sehingga bisa membuat pemiliknya lebih banyak melakukan aktivitas fisik atau berolahraga, bahkan bisa menurunkan risiko terkena diabetes.

Meskipun binatang peliharaan lainnya juga bisa membuat pemiliknya memiliki gaya hidup yang lebih sehat, namun anjing ternyata memiliki manfaat yang lebih menyehatkan dibandingkan binatang lainnya.

Dr Andrea Maugeri dari University of Catania di Italia, yang juga memimpin penelitian ini mengatakan:

“Secara umum, orang yang memiliki hewan peliharaan lebih mungkin memiliki lebih banyak aktivitas fisik, diet yang lebih baik, dan gula darah pada tingkat yang ideal. Ini adalah manfaat terbesar dari bagi mereka yang memiliki anjing, terlepas dari usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan," ucap Dr Maugeri.

Tak hanya itu, penelitian yang dilakukan dengan mengamati 1.769 orang yang sehat dan tak memiliki riwayat penyakit ini, juga menemukan bahwa memelihara anjing berguna untuk menyehatkan jantung.

Baca Juga: Ramalan Gisel Hari Ini: Gairah Scorpio Bersama Pasangan Amat Tinggi Malam Ini, Lakukanlah Jalan-jalan yang Panjang!

Dr Maugeri mengatakan bahwa sebaiknya orang-orang mulai mempertimbangkan untuk memelihara binatang peliharaan, karena berpotensi untuk menyehatkan jantung dan membantu untuk lebih aktif secara fisik.

Adapun peneliti senior yang juga merupakan ketua Divisi Kardiologi di Mayo Clinic, Dr Francisco Lopez-Jimenez, mengatakan bahwa memilihara seekor anjing dapat mendorong pemiliknya untuk keluar rumah, bergerak, dan bermain dengan anjing peliharaan secara rutin.

"Memiliki seekor anjing juga telah dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik dalam penelitian lain dan mengurangi isolasi sosial, keduanya adalah faktor risiko untuk serangan jantung," ucap Dr. Lopez-Jimenez.(*)

Editor : Agnes

Baca Lainnya