Kulit Kucing Bisa Digigiti Ratusan Kali dalam Sehari, Ini Cara Mencegah Kutu Hinggap di Bulu Kucing

Sabtu, 14 Mei 2022 | 08:09
Freepik

ilustrasi kucing sehat

WIKEN.ID - Terkadang hewan peliharaan di rumah kerap merasa gatal hingga menimbulkan penyakit.

Hal ini bisa disebabkan oleh kutu yang menempel pada bulunya.

Kutu kucing memang berukuran sangat kecil, namun ini sangat mengganggu. Kutu kucing mampu berkembang biak dengan cepat dan membuat kucing Anda tidak nyaman Simak cara menghilangkan kutu kucing di bawah ini.

Sebelum menghilangkan kutu kucing, Anda harus tahu cara mengidentifikasi bahwa kucing Anda diserang kutu kucing.

Dilansir dari Pets WebMD, ada beberapa gejala pada kucing yang menunjukkan ada kutu di bulunya.

Pertama, kucing akan terlihat kegatalan dan menggaruk terus menerus. Rasa gatal akibat kutu kucing bisa timbul karena pertumbuhan kutu kucing yang pesat dan air liur kutu yang biasanya memicu reaksi sensitivitas pada kulit kucing.

Kedua, kucing lebih sering menggigiti bulu dan kakinya. Selain menggaruk, kucing juga menggigiti tubuhnya untuk mengurangi rasa gatal akibat kutu kucing.

Ketiga, pitak atau hilangnya sebagian bulu pada area tertentu. Pitak akibat kutu kucing paling sering terjadi di area ekor dan leher. Air liur kucing bisa memicu reaksi alergi pada kucing. Tidak hanya menimbulkan rasa gatal, tapi ini juga bisa memicu bulu rontok. Ditambah gerakan menggaruk dan menggigit oleh kucing akan memperparah bulu rontok.

Keempat, lemah dan lesu. Kutu kucing bisa menggigiti kucing ratusan kali dalam sehari dan mengisap darah kucing. Pada beberapa kasus yang parah, ini bisa menyebabkan kucing anemia dan bisa terdeteksi pertama kali dengan tanda kucing yang lemah.

Kelima, terlihat secara visual. Jika kutu sudah berkembang biak dengan banyak, biasanya akan mudah melihat adanya kutu dan telur kutu pada bulu kucing.

Kucing biasanya tidak akan terlalu rewel jika sakit atau tidak nyaman. Anda harus lebih peka jika terdapat perubahan perilaku pada kucing Anda. Jika kucing Anda terkena kutu, pasti Anda ingin membantu kucing Anda agar kembali merasa nyaman. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutu kucing.

Gunakan shampo khusus

Anda bisa membeli shampo khusus untuk membunuh kutu pada kucing di toko hewan atau membeli secara online. Produk akan membantu membunuh kutu dan telur kutu pada kucing.

Obat kutu

Ada obat kutu khusus kucing biasanya berupa tablet kunyah yang bisa dikonsumsi kucing untuk membunuh kutu dan meredakan gejala yang ditimbulkan.

Sisir bulu kucing dengan sisir khusus

Ada sisir khusus yang diperuntukkan untuk menghilangkan kutu. Biasanya sisirnya terbuat dari logam dan bergigi rapat. Sisir bulu kucing Anda secara rutin menggunakan sisir ini, bersihkan sisir dari kutu menggunakan air yang dicampur dengan sabun pencuci piring.

Pergi ke dokter hewan

Dokter hewan bisa menawarkan beberapa pilihan untuk menghilangkan kutu kucing Anda.

Selain fokus pada kucing, Anda juga harus membersihkan seluruh rumah. Cuci semua seprai, sofa, dan karpet yang ada di rumah seminggu sekali. Gunakan vakum cleaner untuk memastikan semuanya bersih setiap hari. Anda juga bisa menggunakan semprotan pembasmi kutu dan serangga.

(*)

Editor : Pipit