Bingung Hendak Bawa Hewan Peliharaan Saat Mudik atau Dititipkan? Hal Ini Bisa Jadi Pertimbangan

Minggu, 24 April 2022 | 16:06
forbes

Ilustrasi kucing berpergian

WIKEN.ID-Permasalahan yang dihadapi para pemilik hewan peliharaan menjelang lebaran adalah bingung menitipkan mereka atau membawanya.

Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan si pemilik.

Jika ingin menitipkan, hendak menitipkan di mana dan jika ingin membawa, dikhawatirkan akan stress selama di perjalanan.

Community Practice Veterinarian di Washington State University’s Veterinary Teaching Hospital Jessica Bell menjelaskan secara rinci terkait hal ini.

Menurutnya, jika hewan peliharaan tidak suka bepergian dan mudah stres, sebaiknya mencari penitipan hewan terpercaya atau menyewa pengasuh.

“Anda juga perlu mempertimbangkan tujuan Anda. Jika itu bukan lingkungan yang ramah hewan atau Anda tinggal dengan seseorang yang tidak memiliki ruang untuk hewan Anda, maka lebih baik untuk menitipkannya," jelas Bell, dikutip dari Life Hacker, Kamis (21/4/2022).

Hal lain yang perlu diingat adalah kemungkinan jasa pengasuh dan penitipan hewan peliharaan penuh pesanan menjelang libur nasional, sehingga harus menyiapkannya jauh-jauh hari.

Baca Juga: Jangan Pernah Langsung Tenangkan Kucing yang Ketakutan, Ketahui Penyebab dan Caranya Dahulu

Namun, ketika memutuskan untuk membawa hewan peliharaan selama mudik, pastikan tempramen hewan tidak mengganggu penghuni rumah yang akan dituju.

Pastikan pula penghuni rumah tujuan tidak memiliki alergi terhadap hewan peliharaan.

Selain itu, pastikan hewan peliharaan Anda telah divaksinasi, mendapatkan microchip dan mengenakan kalung tanda pengenal.

Jika hewan peliharaan tidak terbiasa berada di dalam mobil, lakukan beberapa tes cepat di sekitar lingkungan rumah untuk membiasakan mereka.

Lalu, jika hewan peliharaan memiliki tanda akan mabuk di perjalanan, hindari memberi makan mereka secara lengkap sebelum bepergian.

Beri mereka banyak air dan waktu istirahat yang cukup.

Pastikan pula tempat mereka di dalam mobil, baik berupa peti atau sabuk pengaman anjing berada dalam kondisi aman.

Jangan lupa berkemas untuk hewan peliharaan, termasuk hal-hal yang mungkin tidak mereka perlukan di rumah tetapi sangat dibutuhkan di jalan.

Baca Juga: Bisa Jadi Sedang Cari Perhatian, Inilah 3 Tanda Lainnya Kucing Letakkan Cakarnya di Telapak Tangan Pemilik

Kemas makanan, mangkuk makanan dan air, kantong sampah atau kotak pasir, mainan favorit, dan tempat tidur khusus yang mereka butuhkan untuk tidur.

“Cobalah untuk menjaga rutinitas normal hewan peliharaan Anda sebanyak yang Anda bisa, makanan yang sama, selimut yang sama, jadwal jalan mereka yang sama," tambah Bell.

Menurutnya, hal itu pasti akan mengurangi reaksi stres tubuh hewan peliharaan dan membuat perjalanan jauh lebih menyenangkan bagi mereka.(*)

Editor : Agnes

Baca Lainnya