Dikira Bisa Awet, Simpan Kentang di Kulkas Justru Bisa Berakibat Fatal saat Dimakan, Masa Sih?

Minggu, 06 Maret 2022 | 20:42
Unsplash/Eric Prouzet

Kentang yang dimakan beserta kulitnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi

WIKEN.ID -Kulkas kini jadi lemari penyimpanan andalan para ibu.

Rasanya, apa saja kalau dimasukan ke kulkas bisa jadi sangat awet.

Makanya, semua hal juga bisa masuk ke kulkas di masa sekarang ini.

Apalagi di era modern seperti sekarang, kulkas jadi salah satu peralatan yang dibutuhkan bagi semua kalangan termasuk ibu rumah tangga.

Ya, hampir semua bahan makanan kini membutuhkan kulkas sebagai saranan untuk mengawetkan makanan.

Baca Juga:16 Tahun Jadi Janda, Dessy Ratnasari Minta Dicarikan Jodoh, Mayangsari Tolak Mentah-mentah hingga Tuding Pembohong

Namun alih-alih menjadi awet, rupanya beberapa makanan tidak disarankan disimpan dalam kulkas lho.

Salah satunya yang tidak boleh disimpan dalam kulkas adalah kentang.

Bukannya awet, rupanya ada bahaya yang mengancam jika mennyimpan kentang di kulkas.

Bahaya Menyimpan Kentang di Kulkas

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang tidak mudah busuk.

Bahkan jika disimpan dengan cara yang tepat, kentang bisa awet hingga berminggu-minggu.

Baca Juga:Imejnya Hancur Dalam Sekejap, Pasangan Darius Sinathrya dan Donna Agnesia Kini Dicibir: Jadi Nggak Respect

Meski begitu jangan pernah menyimpan kentang dalam kulkas.

Memang, kulkas bisa mengawetkan makanan dengan cara didinginkan.

Akan ettapi tidak berlaku untuk kentang.Menyimpan kentang di dalam kulkas bisa mengubah pati kentang jadi gula.

Hal ini tentu bisa berbahaya jika Anda memiliki kadar gula darah tinggi.

Bisa-bisa bukannya sehat setelah makan kentang, malah bisa masuk rumah sakit.Tak hanya itu, kentang akan jadi manis dan teksturnya jadi berpasir.Lebih baik simpan kentang di dalam kantung kertas pada suhu ruang agar lebih sehat.

Selain kentang, beberapa bahan makanan lain juga sebaiknya jangan disimpan dalam kulkas

Baca Juga:Minta 'Jatah' Tiap Hari, Ashanty dan Krisdayanti Kini Kompak Beberkan Rahasia Ranjang Anang Hermansyah, Ramuan Ini Jadi Penyebabnya?

1. Rempah-rempahanRempah-rempahan seperti ketumbar, jinten, pala bubuk, merica, dan lain-lain juga tidak boleh disimpan di dalam kulkas.Soalnya rempah akan menyerap bau makanan lain disekitarnya.Akibatnya, rempah-rempahan bisa kering dan kehilangan rasa aslinya.Anda bisa menyimpan rempah-rempahan di dalam toples kaca bekas selai lalu tutup rapat dan simpan di rak dapur.

2. MaduMeski tidak disimpan di dalam kulkas, madu juga bisa awet, kok!

Baca Juga:Kelahiran Putri Cantiknya Bak Keajaiban Besar, Anang Hermansyah dan Ashanty Bercucuran Air Mata Gegara Lakukan Hal Tak Terduga Ini: Keajaiban Allah

Soalnya madu punya keunggulan tersendiri yaitu mengawetkan diri secara alami.Madu asli tanpa campuran apapun tidak akan basi meski disimpan pada suhu ruang.Justru kalau disimpan di dalam kulkas, madu akan berubah jadi keras dan susah untuk dituang.

3. Bawang putihBiarkan saja bawang putih disimpan pada suhu ruang.Justru kalau disimpan dalam kulkas, bawang putih bisa berjamur, lo!Tidak percaya?Coba saja potong bawang putih yang sudah disimpan di dalam kulkas.Daging bawang putih akan berubah warna dan teksturnya akan berubah jadi seperti karet.

Baca Juga:Mukanya Dicoreng Abis-abisan, Nagita Slavina Usir Pengasuh Rafathar Kepergok Asyik Berduaan dengan Pria: Angkat Kaki dari Rumah Ini!

4. Bawang merahSama halnya dengan bawang putih, bawang merah bisa berjamur kalau disimpan di dalam kulkas.

Selain itu, teksturnya akan jadi lembek.Lagipula baunya yang menyengat akan menyebar luas di dalam kulkas.Jadi hindari menyimpan bawang merah yang sudah dipotong di dalam kulkas, ya!5. MelonUntuk melon, cara menyimpannya tergantung pada kondisi melon.Melon yang masih utuh dan belum terpotong, lebih baik disimpan pada suhu ruang.Ternyata, suhu ruang berguna untuk menjaga tingkat antioksidan yang terkandung dalam melon.

Baca Juga:Ucapan Cerai Keluar dari Mulutnya, Anang Hermansyah Tonton Ashanty yang Murka sampai Banting Pintu Hotel: Berantemnya Udah Gila-gilaan

Tapi kalau sudah dipotong, kita bisa menyimpannya di kulkas.6. Bubuk dan biji kopiKalau mau menyimpan bubuk dan biji kopi, lebih baik simpan di dalam toples kaca dan pada suhu ruang.Soalnya kalau di dalam kulkas, kualitas dan rasa otentik kopi bisa menurun.Kopi sejatinya menyerap bau menyengat disekitarnya yang kemudian bisa menghilangkan aroma asli dari kopi itu sendiri.7. RotiTahukah Anda kalau menyimpan roti di dalam kulkas justru akan membuatnya cepat basi?Jadi jangan menyimpan roti di kulkas kecuali sudah mengolah roti jadi makanan.Kalau mau, simpan roti di dalam freezer saja.Kondisi beku akan membuat roti jadi tahan lama.Demikian deretan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas.Penyimpanan yang benar akan membuat makanan jadi lebih tahan lama.

Baca Juga:Lemas Akui Kesalahannya, Raffi Ahmad Pasrah Jika Nagita Slavina Minta Cerai: Memang Gue Salah

Artikel ini pernah tayang di Sajian Sedap dengan judulNiatnya Biar Awet, Simpan Kentang di Kulkas Ternyata Bisa Berakibat Fatal Kalau sampai Dimakan, Kok Bisa?

Editor : Amel