Ingin Meningkatkan kemampuan Hobi Berlari, Hindari Makanan Ini

Sabtu, 19 Februari 2022 | 09:33
unsplash.com

Hobi berlari adalah kegiatan yang kaya manfaat. Selain itu hobi berlari adalah salah satu jenis olah raga yang simpel tak memerlukan peralatan.

WIKEN.ID – Hobi berlari adalah kegiatan yang kaya manfaat. Selain itu hobi berlari adalah salah satu jenis olah raga yang simpel tak memerlukan peralatan. a banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan tanpa harus repot, salah satunya yakni berlari. Selain gampang diterapkan, lari juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Semua orang ingin hidup sehat dan panjang umur.

Namun, banyak yang beralasan bahwa hal tersebut sangat sulit untuk didapatkan.

Sejatinya, hidup sehat sangat mudah untuk didapatkan, salah satunya dengan rutin melakukan hobi berlari.

Dikutip dari laman huffpost.com, sebuah studi di Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa berlari lima menit sehari dapat meningkatkan kesehatan dan umur hampir sebanyak 150 menit seminggu

Jika kamu udah rutin melakukan aktivitas hobi berlari, pasti kamu ingin meningkatkan kemampuannya seperti mencapai waktu tercepat.

Meski seseorang telah rajin berlari dengan kecepatan konstan, bisa jadi suatu hari kecepatan lari akan melambat dan kamu akan cepat merasa lelah.

Ternyata, menurunnya performa hobi berlari tersebut bisa dipengaruhi dari makanan yang dimakan.

Dikutip dari laman runsociety.com, ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat lari kita menjadi lambat.

Menariknya, ternyata makanan ini termasuk ke dalam makanan yang sering kita konsumsi dan bahkan baik untuk kesehatan tubuh.

Tetapi jika kamu ingin performa tetap stabil, maka kamu harus menghindari beberapa makanan ini sebelumnya.

Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi

Protein merupakan sumber nutrisi bagi tubuh, tapi kadar protein yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kesulitan untuk mencerna.

Makanan kaya protein sering tidak mengandung cukup karbohidrat yang memberikan energi untuk tubuh.

Dengan demikian, jika kamu mengonsumsi banyak makanan berprotein tinggi, tidak akan menghasilkan energi yang cukup untuk aktivitas tubuh.

Kacang, Buah, dan Sayur

Semua makanan ini adalah makanan bergizi dan kaya serta, tapi makanan ini membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna.

Mengonsumsi kacang, buah, dan sayur sebelum lari adalah sebuah kesalahan, karena saat berlari, tubuh masih masih bekerja mencerna makanan tersebut.

Selain bisa membuat lari menjadi melambat, dampak lain mengonsumsi makanan ini sebelum lari yaitu bisa membuat kram dan sakit perut.

Susu

Beberapa orang berpikiran bahwa susu dapat memberikan nutrisi dan energi untuk tubuh sebelum berlari.

Akan tetapi, faktanya salah, Susu tidak memberikan tubuh energi, malah bisa membuat sakit perut jika dikonsumsi sebelum berlari atau melakukan olahraga lainnya.

Selain itu, susu dapat menguras energi karena membantu memperlambat penyerapan karbohidrat pada tubuh.

Begitu juga dengan beberapa produk turunan susu seperti keju atau mentega.

Makanan Berlemak

Makanan yang tinggi lemak membuat tubuh merasa kenyang, sehingga kita akan merasa tidak nyaman saat berlari dan tubuh seakan lebih berat untuk berlari.

Oleh karena itu, kamu harus jauhi makanan berlemak sebelum melakukan aktivitas hobi berlari.

Gula Olahan

Banyak orang ketika berolahraga, salah satunya berlari, akan menghadapi tekanan darah rendah, sehingga membuat mereka berpikir beberapa jenis makanan manis bisa membantu menghadapi situasi ini.

Akan tetapi, anggapa itu adalah salah, karena seperti yang sudah diketahui, gula adalah salah satu penyebab utama diabetes serta bisa juga menyebabkan peradangan dan menurunkan sistem kekebalan jika memakannya terlalu sering.

Khususnya adalah makanan dan minuman yang menggunakan gula olahan, seperti sirup jagung tinggi fruktosa harus benar-benar dihindari.

Namun, tidak untuk gula tebu, kamu masih boleh mengonsumsi gula tebu, jika kamu ingin makanan manis, gula tebu ini bisa menjadi alternatif. (*)

Baca Juga: Tak Ada Angin Luna Maya Mendadak Ngaku Sering Diberikan Hal Manis Meski Sudah Bertahun-tahun, Sosok Ini Jadi Saksi?

Baca Juga: Sukses Bikin Istri Anang Hermansyah Kagum, Luna Maya Akui Simpan Taruma Berkali-kali Ditinggal Nikah, Ashanty: Gak Mungkin Setegar Ini Lah

Baca Juga: Artis Senior Ini Akhirnya Bongkar Kelakuan Tabiat Suami Sahnya, Tega Melemparnya dari Balkon hingga Kelaminnya Dikatain Kebon Binatang

Tag :

Editor : Alfa

Baca Lainnya