13 tips Membuat Kandang Hewan Peliharaan, Anjing pun Betah

Selasa, 23 November 2021 | 20:06
www.thesprucepets.com

Kayu adalah isolator alami, mampu menahan goresan dan sedikit rumahan yang kasar dan relatif mudah diperbaiki bila perlu. Kandang anjing kayu juga cenderung bebas dari tepi yang tajam yang dapat membahayakan anjing.

WIKEN.ID - Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing adaah mahlukhidup yang butuh tempat berteduh yang nyaman.

Bahkan mereka pecinta hewan peliharaan ada yang rela menghabiskan uangnya untuk membuat kandang hewan.

binatang tenBuktinya di Inggris ada saja pemilik hewan yang memesan rumah atau kandang anjing kesayangannya pada The Dog Cottage Company.Salah satu pemilik yang memesan "rumah" anjing pada The Dog Cottage Company adalah Tom Rawstorne.

Rawstorne memesan kandang istimewa bagi Dolly, anjingnya. Kandang tersebut dibanderol dengan harga 3.000 Poundsterling (sekitar Rp 57,5 juta) lantaran memiliki spesifikasi sangat khusus.Jika kamu ingin membuat sendiri kandang anjing di rumah, ikuti Tips di bawah ini agar kandang tersebut memberi rasa nyaman bagi anjing sebagai hewan peliharaan maupun pemilik rumah.

Inilah beberapa Tips yang perlu Anda tahu sebelum membuat kandang anjing.

Baca Juga: Dapat Pertolongan Saat Kakinya Terluka, Begini Cara Anjing Ini Mengucapkan Terima Kasih Usai Diobati

1. Kandang harus memiliki tempat untuk berteduh dari panas matahari dan hujan.

2. Perbandingan tempat berteduh dengan terbuka adalah sekitar 30:70 atau 40:60.

3. Bagian untuk berteduh harus terkena matahari pagi atau menghadap ke timur agar bebas dari jamur dan tidak panas pada sore hari.

Baca Juga: Ingin Menolong, Wanita Ini Akhirnya Meninggal Dunia Usai Digigit Anak Anjing

4. Kandang harus mendapat aliran udara yang cukup atau semacam ventilasi.

5.. Jika lantai tempat bermain menggunakan semen, sebaiknya dibuat agak kasar agar tidak licin sewaktu basah.

6. Tersedia ruang untuk buang kotoran.

7. Lantai memiliki sudut kemiringan yang cukup sehingga terhindar dari genangan air jika hujan atau sehabis dibersihkan.

8. Lantai tempat bermain menggunakan semen, paving blok atau ditanami rumput.

9. Untuk Anjing Trah besar seperti Rottweiler minimal 1m x 3m . Ukuran juga dapat disesuaikan dengan lahan yang tersedia.

Baca Juga: Buka Suara Soal Tudingan Teddy yang Ogah Bantu Bintang, Putri Delina Justru Akui Tak Tahu Keberadaan Adik Tirinya: Enggak Tahu Rumahnya

10. Atap Kandang. Atap kandang anjing harus 25 persen lebih tinggi dari anjing Kecuali jika mereka adalah anjing yang sangat berbakat, anjing tidak akan berbalik ke rumah anjing Anda. Mereka kemungkinan akan berjalan lebih dulu, berbalik dan kemudian meringkuk dan berbaring. Jadi, sebagai permulaan, kamu harus memastikan bahwa atap rumah anjing setidaknya 25 persen lebih tinggi dari anjing sehingga mereka dapat berdiri dengan nyaman.11. Ukuran pintu. Pintu kandang anjing harus 25 persen lebih pendek dari tinggi bahu Kamu mungkin berpikir ini bertentangan dengan poin pertama, tetapi sebenarnya ada banyak kegunaan memiliki pintu yang lebih kecil dari tinggi bahu anjing.

Pintu masuk kecil adalah akan berguna sebakai kontrol suhu bagi rkandang anjing.

Pintu masuk kecil memoderasi aliran udara masuk dan keluar dari kandang anjing, memungkinkan suhu menjadi relatif stabil, yang dibutuhkan anjing untuk kenyamanan baik dalam cuaca hangat maupun dingin.

Anjing juga memiliki kecenderungan alami untuk berjongkok saat memasuki Kandang anjing atau sarang, jadi kamu tidak perlu khawatir anjing akan merasa sesak atau tidak nyaman.

12. Rumah anjing harus sedikit lebih panjang dari panjang tubuh. Kandang anjing harus cukup panjang sehingga anjing dapat meregangkan tubuh sepenuhnya dan membuat dirinya nyaman saat berada di dalam. Memiliki ruang untuk mengibaskan ekor dengan nyaman adalah aturan praktis yang baik untuk pengukuran ini.13. Pilihan material akan menentukan banyak hal tentang rkandang anjing. Pilihannya bisa kayu.

Kayu pada umumnya adalah bahan yang paling umum dalam konstruksi rumah anjing, terutama jika kamu membuat rumah anjing dari awal.

Kayu adalah isolator alami, mampu menahan goresan dan sedikit rumahan yang kasar dan relatif mudah diperbaiki bila perlu.

Rumah anjing kayu juga cenderung bebas dari tepi yang tajam yang dapat membahayakan anjing. (*)

Baca Juga: Agar Taman Tetap Aman Meski Pelihara Hewan Anjing dan Kucing Di Rumah

Editor : Alfa

Baca Lainnya