Sopir Unggah Story Saat Menyetir dan Dihapus, dr. Tirta Pertanyakan Kecepatan Mobil Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah: Pajero Segede Itu Mental 30 Meter

Jumat, 05 November 2021 | 14:08

Ucapkan turut bela sungkawa, dr. Tirta cecar sopir yang hapus instagram story hingga pertanyakan kecepatan mobil

WIKEN.ID-Dunia hiburan kembali berduka karena meninggalnya Vanessa Angel dan sang suami, Bibi Ardiansyah.

Keduanya meninggal dalam kecelakaan tunggal pada Kamis (4/11/2021) di Tol Nganjuk arah Surabaya kilometer 672, Jawa Timur.

Akibatnya Vanessa Angel dan Bibi Ardinsyah meninggal dunia serta tiga orang lainnya, supir, pengasuh dan anak semata wayang sang aktris, Gala, mengalami luka ringan.

Dokter Tirta menjadi salah satu publik figur yang mengucapkan turut berduka cita atas insiden tersebut.

Baca Juga: Tak Ragu Untuk Lakukan Hal Ini dalam Mencari Pria, Luna Maya Ungkap Sosok Pria yang Mengisi Hatinya

"Turut berduka buat keluarga yang ditinggalkan, dan berharap polisi bisa investigasi kasus ini, karena ada korban jiwa di sini," tulis dokter Tirta dikutip Kompas.com dari Instagram @dr.tirta, Jumat.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Gatot Repli Handoko menjelaskan dugaan sementara penyebab kecelakaan yang menewaskan Vanessa Angel dan suami.

Baca Juga: Luna Maya Pamer Pemberian Ariel Noah Untuk Dirinya: Lelah Banget Lah Bu

Instagram @tubagusjoddy
Instagram @tubagusjoddy

Komentar dokter Tirta di postingan Tubagus Joddy

"Pengakuan awal sopir dalam keadaan lelah, jadi terjadilah kecelakaan itu," ucap Gatot saat dihubungi.

Sementara Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Latif Usman menyebut sopir Vanessa Angel berpotensi ditetapkan sebagai tersangka.

Namun demikian, pihaknya akan melihat dulu hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Baca Juga: Luna Maya Pamer Pemberian Ariel Noah Untuk Dirinya: Lelah Banget Lah Bu

"Iya (kemungkinan sopir ditetapkan sebagai tersangka). Dilihat dulu hasil olah TKP bagaimana," ucap Usman saat dihubungi.

Stamina sopir yang menurun dengan kecepatan mobil lebih dari 100 kilometer per jam jadi sorotan dokter Tirta. Apalagi, sebelumnya sopir mengaku mengalami kelelahan.

"Bagi orng yg rutin menggunakan tol trans jawa trutama cipali sejak zaman brexit, tentu hal yg terjadi pada kecelakaan ini sangat membuat gue deg2 an," tulis dokter Tirta.

Dokter Tirta mewanti-wanti masyarakat yang hendak menyetir untuk mempelajari microsleep.

Baca Juga: Sebut Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Sebagai Sosok Pekerja Keras, Crazy Rich Malang Ungkap Keinginan Merawat Gala: Apabila Keluarga Berkenan

Instagram @dr.tirta
Instagram @dr.tirta

Story Instagram Dokter Tirta

Microsleep adalah kondisi tidur mendadak hanya dalam waktu singkat, biasanya kurang dari 30 detik.

Efeknya, orang yang mengalami microsleep tidak bisa mengingat kejadian beberapa menit sebelumnya.

"Pajero segede itu mental 30 meter. Pajero itu bisa mengenai pengendara lain stelah mental, bisa dibayangkan kencengnya kaya apa," tulis dokter Tirta.

Baca Juga: Jenazah Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Dimakamkan Berdampingan dalam Satu Liang Lahat Atas Permintaan Keluarga

"Musibah ini bukan hanya takdir, tapi jadi sorotan trutama soal alesan pengemudi mengalami microsleep dan batas kecapatan maksimal apakah dilanggar / tidak," imbuhnya.

Ia mengingatkan pada setiap pengemudi agar memilih beristirahat ketika lelah, alih-alih mengebut yang hanya bisa memotong waktu tempuh satu jam.

"Ngebut itu cuma motong waktu 1 jam , mending rehat kalo capek, ada keluarga yg lu anter, ada keluarga nunggu lu d rumah, ada keluarga lain yg menggunakan jalan itu juga," kata dia.(*)

Editor : Agnes

Baca Lainnya