Nekat Prank Petugas Gunung Sindoro Demi Konten Tiktok, Pendaki Asal Kebumen Ini Justru Bernasib Apes, Diblacklist 5 Tahun Nggak Boleh Naik Gunung!

Selasa, 24 Agustus 2021 | 11:06
Kompas.com via dokumentasi Basecamp Ndoro Arum Sindoro

Seorang pendaki asal Kebumen diblacklist 5 tahun tak boleh naik gunung gegara prank petugas penjaga Gunung Sindoro

Nekat Prank Petugas Gunung Sindoro Demi Konten Tiktok, Pendaki Asal Kebumen Ini Justru Bernasib Apes, Diblacklist 5 Tahun Nggak Boleh Naik Gunung!

WIKEN.ID -Fenomena mengerjai seseorang atau yang biasa disebut prank memang marak terjadi di Indonesia.

Hal itu biasanya hanya untuk keseruan biasa dan juga mencari eksistensi di media sosial.

Namun siapa sangka, terkadang sebuah prank juga berujung apes lho bagi sang pembuatnya.

Hal itu seperti yang dialami oleh pendaki asal Kebumen akibat ulahnya nge-prank petugas penjaga Gunung Sindoro.

Baca Juga: Disinggung Soal Balikan dengan Ariel NOAH, Dengan Tegas Luna Maya Ngaku Sudah Mimiliki Pasangan, Sebut Sosok Ini Sebagai Cinta Pertamanya!

Pendaki tersebut adalah Iqbal Fauzi Pratama, remaja asal Kebumen, Jawa Tengah.

Akibat ulahnya sendiri, Iqbal masuk daftar hitam (blacklist) Pengelola Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Banaran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Pasalnya, ia dinyatakan telah melanggar beberapa aturan pendakian.

Satu diantaranya adalah nekat prank atau membohongi petugas penjaga Gunung Sindoro hanya demi konten TikTok.

Baca Juga: Masih Jadi Misteri! Raffi Ahmad Penasaran Tiba-tiba Ada Ganja di Dalam Kamarnya 7 Tahun Silam: Demi Allah, Gue Enggak

Dilansir dari Kompas.com, kejadian tersebut bermula ketika Iqbal meminta pertolongan kepada petugas penjaga gunung (rangers) yang tengah berpatroli di jalur pendakian, pada Selasa (17/8/2021).

Kala itu, petugas langsung menolongnya karena melihat Iqbal kesakitan pada kakinya.

Iqbal akhirnya dibantu pihak basecamp sampai atas Pos 1.

Setibanya di atas Pos 1, rangers memutuskan memandu Iqbal agar cepat sampai ke basecamp.

Baca Juga: Satu Indonesia Jarang yang Tahu! Merry Bongkar Masa Lalu Raffi Ahmad, Sebut Bosnya Pernah Pepet Artis Cantik Ini, Siapa?

Iqbal lalu diantar oleh ojek dari Pos 1 menuju Basecamp Ndoro Arum.

Ketua Basecamp Ndoro Arum Jalur Pendakian Gunung Sindoro, Dwi Andika mengatakan, saat hendak diberi pertolongan pertama, Iqbal justru terlihat baik-baik saja.

"Sampai di basecamp, dia (Iqbal) ternyata bisa jalan normal seolah-olah tidak ada gejala keseleo," kata Andika yang dikutip dari Kompas.com, Minggu (22/8/2021).

"Sedangkan personel di basecamp bersiap melakukan pertolongan lanjutan," imbuhnya.

Baca Juga: Bak Angin Segar, Saipul Jamil Bakal Dibebaskan dari Penjara Awal September, Mantan Kuasa Hukum Bongkar Kondisi Mantan Suami Dewi Perssik

Kejanggalan lagi-lagi terlihat ketika Iqbal berjalan ke arah parkiran mengambil motor, lalu mengendarainya seperti biasa.

Andika bahkan menyebut Iqbal mengendarai motornya di tengah pemukiman warga secara tidak sopan.

"Dia kembali ke basecamp untuk mengambil helm, dengan berkendara tidak sopan dan mengganggu masyarakat sekitar,” kata Andika.

Akibat perbuatannya tersebut, Iqbal akhirnya dijatuhi hukuman tidak boleh mendaki Gunung Sindoro selama 5 tahun dari semua jalur pendakian yang ada.

Baca Juga: Foto Bareng Nissa Sabyan dengan Pose Acungkan Dua Jari, Lesti Kejora Langsung Diperingati Warganet: Hati-hati Jangan Terlalu Deket!

Sanksi tersebut didasari atas beberapa pelanggaran yang telah dilakukan Iqba, antara lain berpura-pura sakit demi konten TikTok, berperilaku tidak sopan terhadap pengelola, sesama pendaki, dan warga.

Selain Gunung Sindoro, Iqbal juga diblacklist dari semua pos pendakian Gunung Slamet.

Meski ia telah mengakui kesalahannya dan meminta maaf langsung kepada petugas penjaga Gunung Sindoro, hukuman tersebut tetap berlaku.

Iqbal pun mengaku legowo menerima sanksi atas perbuatannya tersebut. (*)

Artikel ini telah tayang di Grid.ID, dengan judul "Prank Petugas Penjaga Gunung Sindoro demi Konten TikTok, Pendaki Asal Kebumen Ini Diblacklist 5 Tahun Tak Boleh Naik Gunung"

Editor : Hafidh

Baca Lainnya