Tak Sengaja Terlupakan! 90 Persen Orang Enggak Sadar Kalau Tanda di Bawah Botol Ini Jadi Penentu Kesehatan

Minggu, 06 Juni 2021 | 06:05
Feedy TV

Tanda di bawah botol

Tak Sengaja Terlupakan! 90 Persen Orang Enggak Sadar Kalau Tanda di Bawah Botol Ini Jadi Penentu Kesehatan

WIKEN.ID -Tak sedikit orang yang menggunakan kembali botol plastik saat membeli minuman.

Siapa sangka, ternyata tidak semua botol bisa sembarang kita gunakan, loh.

Hal tersebut karena sebagian botol plastik diciptakan untuk sekali pakai.

Baca Juga: Bak Bangkai yang tersimpan Rapat! Ayu Ting Ting Akhirnya Ungkap Alasan Batal Ijab, Sebut Adit Ngebet Nikah Hingga Langgar Prinsip, Pasha Ungu Syok: Masa sih?

Bahkan, apabila Anda salah menggunakannya bukan tidak mungkin, bisa megancam nyawa Anda.

Seperti kisah seorang gadis 12 tahun asal Uni Emirat Arab yang berakhir dengan kanker, karena menggunakan botol air mineral berulang kali.

Alasan utamanya adalah botol air sebagian mengandung bahan beracun jika digunakan terlalu sering dan bisa menimbulkan kanker.

Botol air mineral biasa atau botol soda plastik ketika digunakan pada suhu mencapai 70 derajat C akan dengan mudah rusak dan melepaskan zat beracun.

Baca Juga: Diklaim Lebih Sehat, Nasi Merah Ternyata Lebih Membahayakan daipada Nasi Putih, Begini Alasannya!

Namun, untuk mengatasi hal itu Anda wajib mengetahui tanda segitiga untuk memahami kandungan botol plastik yang Anda gunakan.

Feedy TV
Feedy TV

Tanda ini sangat penting bagi Anda.

Baca Juga: Mantap Tinggalkan David NOAH, Gracia Indri Ngaku Hidup Numpang Tinggal di Rumah Sosok Ini: Kalau Berantem sama Dia Mah Gembel!

Angka 1 berarti PET (plastik polietilen tereftalat)

Botol plastik untuk minuman ketika digunakan kembali dengan air panas lebih dari 70 derajat Celcius, botol tidak hanya cacat tetapi juga melepaskan zat berbahaya bagi kesehatan.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa produk plastik ini, jika digunakan selama lebih dari 10 bulan, dapat menghasilkan karsinogen.

Angka 2 berarti HDPE (kepadatan polietilen tinggi)

Botol plastik ini tahan panas hingga 110 derajat Celcius, sering digunakan untuk makanan, shower gel, atau barang dengan kemurnian tinggi.

Saat digunakan kembali, harus diperhatikan, karena plastik ini sulit dibersihkan, zat yang tersisa mudah menjadi bakteri.

Baca Juga: Meski Pilih Diam Seribu Bahasa! Fakta Terbaru Hubungan Nissa Sabyan dan Ayus Dibongkar Dokter Kandungan, Ada Apa?

Angka 3 PVC

PVC sering ditemukan di jas hujan normal, bahan konstruksi, barang plastik, meskipun memiliki plastisitas yang baik, harga murah tetapi biasanya hanya dapat digunakan hingga 81 derajat Celcius.

Plastik ini dapat dilepaskan sangat banyak zat pada suhu tinggi, sehingga jarang digunakan sebagai kemasan produk, dan juga sangat sulit untuk dibersihkan dan tidak dapat digunakan kembali.

BBaca Juga: Bak Tersambar Petir Disiang Bolong! Wulan Guritno Syok saat Putrinya Ngaku Hamil Diluar Nikah Hingga Beri Ancaman: Aku Bunuh Kamu

Angka 4 adalah LDPE (kepadatan polietilen rendah)

LDPE cukup umum di kotak mie. Produk yang mengandung zat ini tidak akan bisa panas dalam microwave, hindari suhu tinggi karena akan melepaskan bahan kimia.

Seharusnya tidak mengemas makanan cepat saji dalam suhu tinggi jika tidak menggunakan microwave untuk memasak mie instan.

Angka 5 PP (Plastic Polypropylene)

PP biasanya di tutup atau di bawah cangkir kopi, botol susu biasa, yogurt atau botol jus.

Zat ini biasanya tahan terhadap suhu 167 derajat Celcius, sehingga dapat digunakan kembali.

Namun, perlu dicatat bahwa ada beberapa kotak makanan, bagian bawahnya berbentuk segitiga dengan angka 5 tetapi pada tutupnya tidak. 1. No.1 adalah PET, zat ini tidak tahan suhu tinggi.

Baca Juga: Temukan Gigi dalam Blender, Wanita Ini Rupanya Tega Bunuh Pacarnya dan Dijadikan Santapan Nasi Kebuli, Tetangga Ikut Menikmati!

Angka 6 PS (Polystiren)

PS biasanya tersedia dalam kotak mie instan, kotak makanan cepat saji dan tahan panas dan dingin.

Meskipun tahan panas jangan memanaskannya ke dalam microwave karena bisa melepaskan bahan kimia.

Selain itu, tidak boleh digunakan dengan zat asam kuat, alkali kuat, karena akan memecah polystyrene yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: Dicap Ratu Settingan Hingga Pelakor, Nasib Artis Cantik Ini Berubah Drastis Usai Hijrah, Harus Kerja Keras Demi Sesuao Nasi!

Angka 7 PC

PC sangat populer, terutama untuk membuat botol susu dan gelas sekali pakai. Jika botol plastik PC menggunakan BPA (Bisphenol A), sangat berbahaya bagi tubuh.

Untuk gelas plastik biasa, perhatikan untuk tidak menyimpan air panas.

Jika Anda perhatikan bahwa pada permukaan plastik, itu segera dibuang saja karena mungkin bakteri yang tidak bisa dilihat mata normal.

Artikel ini pernah tayang di Intisari Online dengan judulHampir 90% Orang Tidak Mengetahui Artinya, Padahal Tanda Ini Bisa Menentukan Keselamatan Kita

Editor : Amel

Baca Lainnya