2 Harimau di Sinka Zoo Lepas, Seorang Pawang Tewas Diterkam, Berikut Tips Menghindar dari Terkaman Harimau, Jangan Panik!

Sabtu, 06 Februari 2021 | 15:20
Photo by Petr Ganaj from Pexels

Harimau

2 Harimau di Sinka Zoo Lepas, Seorang Pawang Tewas Diterkam, Berikut Tips Menghindar dari Terkaman Harimau, Jangan Panik!

WIKEN.ID - Duaekor harimau di kebun binatang Sinka Zoo, Singkawang, Kalimantan Barat, lepas, Jumat (5/2/2021).

Akibatnya membuat seorang pawang, tewas diterkam harimau.

Dilansir dari Kompas.com, hujan lebat yang mengguyur Sinka Zoo mengakibatkan longsor di kawasan kebun binatang itu.

Longsor tersebut meninggalkan lubang di sekitar kandang harimau.

Baca Juga: Rayakan Followers 1 Juta di Instagram, Nikita Mirzani Unggah Foto Seksi Telanjang Dada Sambil Selonjoran, Netizen: Segera Centang Biru!

Sehingga membuat dua harimau koleksi Sinka Zoo terlepas.

"Tanah di dekat kandang harimau longsor akibat hujan deras dalam beberapa hari terakhir," terang juru bicara Sinka Zoo Elka, Jumat (5/2/2021).

Saat berusaha mencegah harimau tersebut keluar dari kandang, Fery Darmawan (47), salah seorang pegawai Sinka Zoo yang juga yang bertugas memberi makan satwa itu, tewas diserang.

"Pawang sudah berusaha untuk mencegah kedua harimau itu keluar, tapi malah diserang hingga tewas," ujar Elka.

Baca Juga: Baru Saja Menikah Langsung Jadi Janda, Pengantin Perempuan Ini Menangis Histeris Lihat Suaminya Tewas Ditembak Saat Resepsi: Tidur Nyenyak Sayangku!

Jenazah korban saat ini sudah dibawa ke rumah duka untuk dimakamkan.

Terkait lepasnya dua harimau itu, Kapolsek Singkawang Iptu Ronald Napitupulu menyampaikakn pihaknya akan melakukan proses pencarian dan penangkapan.

"Telah lepas dua ekor harimau dari Sinka Zoo. Kita bersama pihak lainnya tengah mendalami dan melakukan proses pencarian serta penangkapan," jelas dia.

Ia juga meminta masyarakat untuk waspada.

Baca Juga: Nita Thalia Dituding Pansos, Gegara Ngaku Ditawari Jadi Istri Kedua Raffi Ahmad, Sang Biduan: Sudah Terkenal!

"Anggota sudah ke kebun binatang Sinka Zoo, masyarakat yang berada di wilayah tersebut diminta tingkatkan kewaspadaan," kata Ronald.

Sementara itu, Komandan Kodim 1202/Skw Letkol Inf Condro Edi Wibowo memastikan turut menerjukan personel untuk melakukan proses pencarian dan penangkapan.

"Jajaran kami juga sudah bergerak dengan menggunakan kendaraan roda empat," tuturnya.

Cara menghindar dari terkaman harimau

Berita harimau lepas dari kebun binatang Singka Zoo Singkawang tentunya membuat warga setempat, dan termasuk yang hendak bepergian ke kota wisata itu mesti waspada.

Baca Juga: Gara-gara Kudeta, Militer Myanmar Kini Blokir Platform Media Sosial Seperti: Facebook, Instagram Hingga WhatsApp

Warga pun dihantui berbagai risiko yang tak diinginkan dari peristiwa harimau lepas tersebut.

Nah, berikut adalah beberapa tips menghindari serangan harimau alias cara menghindari diterkam harimau.

Dikutip dari laman Kompas.com yang melansir dari Antara, Sedikitnya ada empat poin, berikut rinciannya:

Baca Juga: Bongkar Kisah Cinta Ayu Ting Ting dan Adit Jayusman, Berawal dari Dijodohkan Teman Hingga Cintanya Kandas 10 Hari Sebelum Lamaran!

- Pertama, berjalan mundur dan tetap menghadap ke arah harimau.

- Kedua, tidak mencoba kabur atau membelakangi harimau lantaran biasanya harimau kerap menerkam di daerah tengkuk dari belakang.

- Ketiga, berusaha tenang dan menghubungi BKSDA secepatnya. Harimau juga aktif pada pagi dan petang hari, sehingga pada waktu-waktu tersebut, warga diimbau lebih waspada.

- Keempat, tidak bepergian sendirian di wilayah jelajah harimau.

- Kelima, ketika berada di daerah jelajah harimau bawalah tongkat dan obor api. (*)

Editor : Agnes

Baca Lainnya