Jangan Salah Kaprah! Makan Nasi Goreng dengan Acar dan Timun Terbukti Mampu Picu Penyakit Ganas, Ini Kata Peneliti!

Jumat, 08 Januari 2021 | 14:30
Sajian Sedap

Jangan Salah Kaprah! Makan Nasi Goreng dengan Acar dan Timun Terbukti Mampu Picu Penyakit Ganas, Ini Kata Peneliti!

Jangan Salah Kaprah! Makan Nasi Goreng dengan Acar dan Timun Terbukti Mampu Picu Penyakit Ganas, Ini Kata Peneliti!

WIKEN.ID -Sudah menjadi hal yang umum dan wajar jika kebanyakan makanan di Indonesia menggunakan mentimun sebagai pelengkap makanan.

Jenis sayuran ini biasa diiris dan diletakkan pada berbagai makanan, mulai dari ayam goreng, mi kuah, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jauh Sebelum Ariel NOAH Apalagi Reino Barack, Anak Musisi Legendaris Sekaligus Aktor Tampan Ini Lebih Dulu Taklukan Hati Luna Maya, Siapa Sih?

Banyak ditemukan penjual nasi goreng ketika membuat nasi goreng menambahkan irisan acar untuk pelengkap makanan.

Acar biasanya dilengkapi potongan mentimun, wortel dan cabe rawit.

Namun, siapa sangka, mengonsumsi nasi goreng disajikan bersama dengan timun atau acar terbukti membahayakan kesehatan, loh!

Baca Juga: Wajahnya Dipenuhi Flek Hitam, Begini Paras Cantik Mantan Kekasih Ariel NOAH Tanpa Makeup yang Jadi Sorotan!

Bahaya Makan Timun

tribunnews.com

acar timun

Mengutip Sajian Sedap, dilansir dari Science Daily, peneliti di University of the Basque Country mengatakan jika masak nasi goreng dengan minyakbekas, bisa menimbulkan zat aldehida pada makanan tersebut.

Zat tersebut merupakan senyawa yang cukup beracun.

Bisa ditemukan pada minyak yang sudah pernah dipakai atau minyak berkualitas rendah.

Jika seseorang mengonsumsi makanan yang dimasak dengan minyak seperti ini dan mengonsumsi timun setelahnya, akan terjadi proses kimiawi yang menyebabkan radang pada tenggorokan.

Baca Juga: Ashanty Diduga Diguna-guna Gegara Penyakit yang Didetitanya, Nyai Ratu Kidul Beberkan Sosoknya Hingga Sebut Pernah Berharap Jadi Istri Anang!

Radang tersebut muncul karena getah timun yang memiliki senyawa kimia akan bercampur dengan senyawa aldehid.

Jadinya tenggorokan menjadi tercemar dan tidak sehat.

Lebih parahnya, zat aldehid merupakan pemicu munculnya penyakit neurodegenerative dan beberapa jeniskankerdanpenyakitlain yang berhubungan dengan saraf.

Baca Juga: Demi Kesehatan Mental gisel, Melaney Ricardo Beberkan Kondisi Terkini Mantan Istri Gading Marten yang Dapat 'Kado Tahun Baru' Video Syur: Percaya Apa Pun yang Tuhan Putuskan

Cara Mengatasi Bahaya Makan Timun

Tak hanya nasi goreng, mengonsumsi timun dengan makanan lain yang digorengan dengan minyak mengandung zat aldehida risikonya sama.

Tapi Anda tak perlu khawatir dengan hal tersebut.

Baca Juga: Rekam Sediri Video Syur saat Masih Sah Jadi Istri Gading Marten, Lewat Foto Ini Mata Sembab Gusel Jadi Gunjingan: Senyumnya Maksa Banget, Kelihatan Habis Nangis

Anda bisa mengakalinya dengan cara sehat.

Pastikan nasi goreng atau gorengan lain digoreng dengan minyak sehat dan higienis.

Hindari pemakaian minyak bekas, minyak dari biji bunga matahari, dan juga minyak goreng curah yang kandungan lemak jenuhnya tinggi.

Pakailah minyak goreng murni, gunakan minyak goreng baru setiap kali memasak, akan lebih baik menggunakan minyak goreng dari kelapa, bukan sawit.

Baca Juga: Denny Cagur Kaget Setengah Mati Setelah Pergoki Pekerja Rumahnya Simpan Hewan Tak Lazim Ini Selama Setahun: Gue Bener-bener Gak Tahu Nih!

Bahaya Acar

SajianSedap

Acar

Bukan hanya timun, ternyata acar juga berbahaya jika dikonsumsi,lo.

Baca Juga: Enggak Hanya Ngaku dan Minta Maaf Hebohnya Video Syur, Gisel Juga Sebut Hatinya Hancur saat Dengar Ucapan Gempi: Anak Ngomong Begitu, Hancur Sekali Hati Aku

Acar adalah salah satu makanan yang disukai banyak orang.

Makanan yang biasanya terbuat dari mentimun yang kemudian difermentasi dengan gula, garam atau cuka.

Acar sering digunakan sebagai hidangan tambahan saat kita makan di restoran atau warung yang menjual nasi goreng, mie, sate, atau mie pangsit.

Jika dilihat sepintas acar seperti baik untuk kesehatan karena terdiri dari sayur-sayuran.

Meski makanan ini bisa memberikan sensasi segar saat dikonsumsi, acar ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan.

Baca Juga: Gisel Bikin Gading Marten Kesal Gegara Kebiasaanya yang Sebabkan Penyakit Berbahaya Ini, Terkuak Tenryata Pemicunya yang Sangat 'Menggoda'!

Salah satunya untuk hipertensi.

Acar merupakan makanan rendah kalori yang baik untuk tubuh, namun memiliki kadar sodium tinggi, 1 buah acar ketimun mengandung sodium 570 mg.

Ini setara dengan sepertiga dari jumlah maksimum sodium per hari (2300 mg).

Tak hanya harus dihindari oleh penderita hipertensi, acar juga bila dikonsumsi terlalu banyak akan menimbulkan masalah kesehatan lain seperti maag, kencing manis dan sebagainya.

Baca Juga: Nggak Pilih Luna Maya Jadi Menantunya, Sikap Asli Syahrini Ternyata yang Mampu Meluluhkan: Cocok Juga dari Situ..

(*)

Editor : Amel

Sumber : Sajian Sedap

Baca Lainnya