Dikira 'Dijilat' Setan, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah Tubuh Mendadak Memar, Tanda Penyakit Mematikan?

Jumat, 25 Desember 2020 | 17:20
Tribun Wow

Dikira 'Dijilat' Setan, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah Tubuh Mendadak Memar, Tanda Penyakit Mematikan?

Dikira 'Dijilat' Setan, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiah Tubuh Mendadak Memar, Tanda Penyakit Mematikan?

WIKEN.ID -Pernahkah Anda menemukan bercak biru lebam atau memar di tubuh tanpa tahu apa penyebabnya?

Apakah Anda yakin sebelumnya area tubuh yang mengalami memar tersebut tidak pernah mengalami benturan?

Memar atau perdarahan di bawah kulit, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan nama petekie/ hematom, dapat timbul akibat pecahnya pembuluh darah kecil/ maupun besar di bawah kulit.

Baca Juga: Nggak Malu Lakukan Ini Hingga Pangku-pangkuan dengan Reino Barack, Syahrini Sampai Terima Teguran Keras dari Sosok Ini: Udah di Bawah Aja Duduk

Memar tanpa sebab jelas ini bisa juga sebagai pertanda adanya penyakit serius, misalnya hemofilia.

Jadi, bukan lantaran dijilat setan seperti yang dipercayai banyak orang selama ini.

Warna tersebut juga akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Lalu mengapa hal itu bisa terjadi, dan apa artinya?

Baca Juga: Idap Penyakit Mematikan, Ashanty Bongkar Kebiasaan Masa Kelamnya yang Jadi Penyebab Utamanya: Sakit Banget Rasanya Jadi Aku!

Dikutip dariKompas.com, seorang dokter spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. Zubairi Djoerban SpPD, KHOM pernah menyampaikan kepada Kompas.com bahwa nama fenomena memar biru pada kulit itu bernama purpura simplex.

Warna biru itu dihasilkan oleh pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan darah menggumpal di bagian sekitarnya.

Baca Juga: Jilat Ludah Sendiri! Ayu Ting Ting Siap Ingkari Ucapannya Sendiri yang Tak Dulu Tak Izinkan Enji Baskoro Temui Darah Dagingnya, Syaratnya Tak Main-main!

“Ketika pembuluh darah rusak, darah akan bocor ke daerah sekelilingnya. Darah tersebut cenderung untuk berkoagulasi atau menggumpal. Ini yang menyebabkan terjadinya bercak biru atau memar,” kata Zubairi.

Untungnya, hal ini bisa menghilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan atau pengobatan khusus.

Banyak orang yang mengalami hal ini menuturkan bahwa sebelumnya mereka baru saja memiliki serangkaian kegiatan yang melelahkan atau pikiran yang membuat stres.

Namun, Zubairi menyebut, bisa saja memar biru yang terlihat pada kulit ini disebabkan oleh faktor lain yang merupakan indikasi adanya permasalahan kesehatan yang lebih serius.

wBaca Juga: Ragukan Keperjakaan Ivan Gunawan Hingga Gaya Seksual Favoritnya, Nikita Mirzani Kena Amuk: Bahas Karya Kek!

Walaupun hal ini tidak banyak terjadi.

“Meski jarang, beberapa penyakit berat bisa ditandai oleh memar dan bercak biru. Kalau itu terjadi, tentu saja pasien memerlukan penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara itu, dalam artikel yang dimuat dalam Halodoc, memar biru bahkan ungu kemerahan yang terjadi pada manusia tidak hanya sebgai purpura simplex saja, namun disebut dapat menjadi indikasi dari sejumlah penyakit berat.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 2021: Terawang Nasib Anda Lewat Zodiak untuk Tahun Depan, Sukses Lewat Karir Hingga Percintaan, Anda Salah Satunya?

Misalnya hemofilia, diabetes tipe 2, leukimia, atau menjadi tanda seseorang tengah mengalami kekurangan keping darah.

Namun dikhawatirkan, justru jika tidak diobati secara rutin, Hemofilia berpotensi tinggi menyebabkan kematian penderitanya, kutipKompas.com.

Baca Juga: Raffi Ahmad Dituding Gunakan Susuk Hingga Sihir Demi Karirnya Melonjak, Roy Kiyoshi Bongkar Faktanya: Sekarang Kaya Raya Banget, Istrinya Juga Oke!

Memar ini akan sering terjadi pada orang-orang yang banyak melakukan aktivitas fisik, atau pada mereka yang telah berusia lanjut diakibatkan oleh penurunan fungsi pembuluh darah dan kulit pada tubuh mereka.(*)

Editor : Amel

Baca Lainnya