Tak Gentar Cecer Soal Insiden Matikan Mic saat Sidang UU Cipta Kerja, Puan Maharani Langsung Beri Penjelasan Pada Boy William, Terbukti Disengaja?

Sabtu, 14 November 2020 | 08:30
Kolase Youtube Boy William dan Instagram @boywilliam17

Boy William tak gentar cecar Puan Maharani soal insiden mikrofon mati saat sidang RUU Cipta Kerja beberapa waktu yang lalu

Tak Gentar Cecer Soal Insiden Matikan Mic saat Sidang UU Cipta Kerja, Puan Maharani Langsung Beri Penjelasan Pada Boy William, Terbukti Disengaja?

WIKEN.ID -Beberapa waktu lalu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani menjadi sorotan.

Aksinya mematikan mic saat Fraksi Partai Demokrat menyampaikan sikap menolak terhadap UU Cipta Kerja pun mendapat perhatian banyak orang.

Sejak insiden mikrofon mati dengan cepat menimbulkan polemik hingga mendatangkan sejumlah tanggapan baik dari kalangan akademisi dan politisi.

Banyak pula para warganet yang protes atas tindakan Puan Maharani tersebut.

Baca Juga: Dianggap Menghina Habib Rizieq Shihab, Rumah Nikita Mirzani Terancam Dikepung 800 Anggota Laskar, Nyai Justru Santai: Gue Open House, Bakal Gue Kasih Hadiah..

Terkait insiden tersebut, Puan Maharani akhirnya buka suara dan memberikan klarifikasi.

Hal itu Puan Maharani sampaikan dalam wawancaranya bersama presenter Boy William, Kamis (12/11/2020).

Awalnya, Boy William bertanya kepada Puan, atas insiden itu.

"Bu, Ketua DPR aku punya pertanyaan, itu kenapa kemarin kasus mic tiba-tiba bisa mati?" tanya Boy William.

Baca Juga: Menghilang Usai Rumah Tangganya Bersama Titi DJ Kandas 14 Tahun Lalu, Intip Potret Ayah Stephani Poetri yang Bikin Pangling, Penampilannya Berubah Drastis!

Puan kemudian menjelaskan aturan dan sistem yang terjadi ketika mikrofon di atas meja ruangan sidang dipergunakan peserta sidang.

Memang semua anggota DPR memiliki hak untuk berbicara, dan Puan serta pemimpin lain yang duduk di depan biasanya bergilir untuk menjadi ketua sidang,

Di mana saat insiden tersebut terjadi, orang yang bertugas memimpin sidang adalah orang yang duduk di sebelah kanan Puan.

Pemimpin sidang memiliki tugas menjaga jalannya persidangan baik dan benar.

Baca Juga: Jadwal Syutingnya Padat, Terang-terangan Raffi Ahmad Ngaku Jarang Bercinta dengan Nagita Slavina: Gue Setiap Hari Pulang Jam 3 Pagi, Susah Jadinya

Ruangan sidang memiliki sistem, di mana saat ada mikrofon anggota yang menyala, maka anggota lain tidak akan bisa menggunakannya untuk berbicara.

"Jadi kalau satu orang sudah diberikan kesempatan bicara, harusnya tidak mengulang lagi berbicara, tapi memberikan kesempatan pada yang lain untuk berbicara," kata Puan.

"Dan kalau di floor itu lagi berbicara, di atas itu enggak bisa ngomong, karena otomatis," ujar Puan sambil memberikan contoh sistem kerja mikrofon di sana pada Boy.

Baca Juga: Kenal Sejak ABG, Raffi Ahmad Bongkar Kelakuan Masa Mudanya Bareng Ariel NOAH, Sebut Sang Vokalis Hobi Main ke Tempat Ini: Dia Udah Terkenal!

Karena anggota tersebut terus berbicara, akhirnya ketua sidang tidak memiliki kesempatan untuk berbicara akibat mikrofon mati.

"Kebetulan teknisnya itu, yang mengatur bisa berhenti tidak berhentinya orang berbicara atau di-mute atau tidak, hanya yang di meja depan yang di tengah," jelas Puan.

"Pimpinan sidang meminta kepada saya untuk (mematikan mic), supaya dia bisa berbicara," lanjutnya.

Baca Juga: Tetap Harmonis Meski Berkali-kali Rumah Tangganya Diramal Bakal Kandas, Raffi Ahmad Beri Sindiran Menohok: Paranormal Tapi Nggak Normal!

Karenanya, Puan membantah jika dia melakukan insiden yang kemudian ramai di media sosial itu karena disengaja.

"Saya mematikan mic tersebut bukan disengaja, tapi untuk menjaga jalannya persidangan, supaya berjalan baik dan lancar,

dan karena waktu itu sebenarnya sudah diberikan kesempatan untuk berbicara tapi ingin berbicara lagi, berbicara lagi," jelas Puan Maharani. (*)

Editor : Amel

Sumber : YouTube

Baca Lainnya