Jika Kamar Tidur Ada di atas garasi, Ini Pertimbangan Sesuai Kaidah Feng Shui

Selasa, 06 Oktober 2020 | 17:30
HGTV.com

Kondisi fisik kamar tidur yang baik adalah yang berbentuk persegi/bujursangkar, dengan atap rata (tidak miring), tidak ada kolom bangunan yang menonjol.

WIKEN.ID - Ada dua aliran utama dalam fengsui, yaitu San Yuan dan San He. San He fengsui merupakan teori tata letak ruangan, yang arah bangunan hanya dibagi menjadi delapan dan sifatnya permanen.

Salah satu permasalah penataan kamar tidur berdasarkan feng shui adalah bagaimana jika kamar tidur berada di atas garasi.

Ada yang mengatakan bahwa tidak baik bila kamar tidur berada di atas garasi.

Di banyak tempat, kamu pasti sering melihat desain rumah tinggal bertingkat yang menempatkan kamar tidur di atas garasi.

Penempatan seperti ini memang sangat memudahkan seorang arsitek dalam merancang fungsi ruang/kamar.

Baca Juga: Dijuluki Pedangdut Muda Terkaya, Terkuak Tujuan Sesungguhnya Lesti Kejora Putuskan untuk Terjun ke Dunia Tarik Suara

Baca Juga: Pantas Sukses Taklukan Luna Maya Hingga Sophia Latjuba, Intip Cantiknya Ibunda Ariel NOAH yang Jadi Pewaris Ketampanan Putranya, Disebut Mirip Mantan Istri?

Mengapa? Karena desain ini akan menciptakan bentuk ruang yang lebih luas dengan komposisi tata ruang yang lebih nyaman.

Baca Juga: Rumah Tangga Rizki DA Jadi Sorotan Seantero Indonesia, Paranormal Ini Malah Sebut Ada Rahasia Besar Nadya Mustika yang Terbongkar, Ada Apa?

Namun sayangnya tata ruang ini kurang dibenarkan dalam Feng Shui, karena dapat mengganggu keberuntungan hidup penghuninnya, bahkan bisa mengundang kecelakaan di jalan raya.

Menurut Mas Dian, praktisi Feng Shui, saat mesin mobil hidup, baik saat mobil akan keluar dari garasi atau baru masuk ke garasi, biasanya disertai pula dengan getaran dan semburan asap dari knalpot.

Keadaan kamar tidur yang berada di atas ruang yang memiliki getaran tersebut menurut Feng Shui adalah tidak baik.

Baca Juga: Bukan oleh Teman, Kekasih Pria Ini Justru Direbut Ayah Kandungnya Sendiri Hingga Kini Resmi Jadi Ibu Tirinya, Netizen: Bingung Mau Manggil Mantan Apa Emak

Alasannya, karena energi Qi dari kamar yang dimaksud akan rusak dan buyar.

Qi yang hilang atau tidak bisa terhimpun dengan baik dalam rumah akan berdampak buruk bagi kesehatan, sehingga memengaruhi pola pikir dan semangat kerja seseorang.

Kalau Qi dalam rumah dibiarkan pergi atau tidak terhimpun dengan benar, akhirnya akan memengaruhi pula faktor rezeki dan keberuntungan hidup penghuninya.

Orang kemudian sering bertanya, “Apakah Qi itu”?

Secara sederhana, Qi identik dengan ozon yang ada di dalam udara yang dihirup.

Baca Juga : Datangkan Ahli Feng Shui, Nagita Ungkap Alasan Mengejutkan Dibalik 'Pantesan Duit Abis Mulu!'

HGTV.com
HGTV.com

Tempat tidur tidak boleh diletakkan berhadapan langsung dengan pintu kamar. Posisinya juga tidak boleh membelakangi atau bersandar pada jendela (harus dinding masif, tidak boleh membelakangi sudut kamar

Semakin jernih dan tenang aliran udara mengisi rumah, maka energi Qi akan memberi dampak yang positif bagi kehidupan.

Oleh Sebab itu, penelitian bangunan rumah tinggal/kantor yang baik menurut Feng Shui sebaiknya juga meneliti pengaturan sistem ventilasi.

Tujuannya agar penyebaran energi Qi, baik yang ada di udara maupun yang ada di dalam tanah, bisa mengalir lembut dan merata ke seluruh ruang yang ada di dalam rumah.

Qi yang mengalir benar dalam rumah akan sangat membantu kesehatan dan meningkatkan keberuntungan seseorang.

Sayangnya, Qi juga sangat rawan dengan keadaan yang dianggap salah menurut Feng Shui.

Baca Juga: Selama Ini Ditutup-tutupi, Terungkap Sosok Pria Diduga Pacar Baru Ayu Ting Ting

Aliran Qi akan rusak oleh hembusan angin yang kencang atau getaran yang merusak, juga oleh pencemaran yang terjadi.

Asap knalpot dari mobil yang memancarkan emisi gas beracun akan sangat mudah mencemari udara dari kamar tidur yang ada di atasnya, kemudian akan berdampak membunuh Qi yang dibutuhkan penghuninya.

Namun penilaian ini tidak bersifat mutlak, karena tergantung posisi kamar tidurnya itu sendiri; apakah berada di area negatif atau positif secara Feng Shui.

Dalam banyak kasus yang penulis teliti, apabila letak kamar tidur di atas garasi dan kebetulan posisinya di area negatif/salah menurut Feng Shui, mayoritas penghuninya akan mengalami kecelakaan kerja atau tabrakan di jalan.

Baca Juga: Biasa Dipuji Kini Nagita Slavina Panen Hujatan Usai Kepergok Timbun Barang Subsidi Pemerintah untuk Rakyat Miskin: Kirain Kalau Kaya Sadar Diri!

Sedangkan pada kamar yang posisinya di area yang positif/benar menurut Feng Shui, sekalipun berada di atas garasi, tidak mengundang problem kecelakaan melainkan hanya sering mengalami hambatan dalam karier.

Langkah yang paling baik adalah tidak menempatkan kamar tidur di atas garasi.

Kalau harus mendesain kamar di bagian depan dan harus bersinggungan dengan bagian garasi, sebaiknya bagian atas dari garasi dibuat untuk ruang ganti atau toilet, sedangkan bidang kamar tetap tidak menginjak area garasi.Bila desain rumah sudah terlanjur demikian dan tidak ingin melakukan pembetulan, sebaiknya jangan isi ruang garasi tersebut dengan mobil atau benda lain yang mengeluarkan getaran. (*)

Baca Juga: Bangun Tidur Selalu Pikirkan Seks Hingga Nggak Pernah Merasa Cukup, Reabecca Ngaku Kecanduan Sampai Kehidupannya Berujung Tragis

Baca Juga: Siap Lakukan Hubungan Intim dengan Nagita Slavina Kepergok Rafathar, Raffi Ahmad Ngaku Selalu Deg-degan: Langsung Ciut!

Editor : Alfa