Lama Diisukan Jika Putra Sulungnya Meninggal Karena Over Dosis, Iwan Fals Akhirnya Buka Suara Tentang Kepergian Galang Rambu Anarki

Rabu, 09 September 2020 | 12:40
Tribunnews/Jeprima

Iwan Fals

Lama Diisukan Jika Putra Sulungnya Meninggal Karena Over Dosis, Iwan Fals Akhirnya Buka Suara Tentang Kepergian Galang Rambu Anarki

WIKEN.ID- Lagu Galang Rambu Anarki yang rupanya juga merupakan nama putra sulung Iwan Fals memang sangat terkenal dan tak asing lagi di telinga

Dari pernikahannya dengan Rossana, Iwan Fals diketahui memiliki orang 3 anak.

Yakni, Galang Rambu Anarki, Anisa Cikal Rambu Basae dan Raya Rambu Robbani.

Galang Rambu Anarki yang merupakan putra sulung Iwan Fals lahir 1 Januari 1982 dan meninggal dunia pada 25 April 1997 di usia 15 tahun.

Baca Juga: Masih Ingat Rocker Cantik Poppy Mercury yang Ngetop di Tahun 90an, Meninggal di Usia Belia Ternyata Penyakit Ini yang Merenggut Nyawanya

Galang kemudian menjadi gitaris grup musik Bunga dan sempat merilis satu album perdana menjelang kematiannya tahun 1997.

Nama Galang juga dijadikan salah satu lagu Iwan Fals, berjudul Galang Rambu Anarki pada album "Opini".

Lagu ini bercerita tentang kegelisahan orang tua menghadapi kenaikan harga-harga barang sebagai imbas dari kenaikan harga BBM pada awal tahun 1982 yaitu pada hari kelahiran Galang.

Keluarga mengungkapkan jikaGalang mempunyai asma akut, dan penyakit tersebutlah yang merenggut usianya saat masih berusia 15 tahun pada April 1997 silam.

Namunbanyak berita yang beredar dan menyebutkan jikaGalang meninggal karena overdosis.

Galang memang pernah menggunakan narkotika dan menjadi pecandu.

Namun dalam tayangan Kick Andy, Iwan Fals membantah jika anaknya meninggal karena overdosis.

Dalam wawancara khusus Iwan Fals bersama presenter Andy F. Noya di tayangan Kick Andy, Iwan membongkar rahasia kematian putranya.

Baca Juga: Lagi Siaran Langsung di Acara Televisi, Artis Ini Tiba-tiba Pingsan dan Meninggal Dunia pada Usai 22 Tahun Usai Dilarikan ke Rumah Sakit

Hal ini dikutip dari unggahan akun YouTube Barruna R Dan yang memposting sebuah video pada 9 Agustus 2019.

"Saya memberanikan diri bertanya pada anda, apakah Galang meninggal overdosis menggunakan obat-obatan terlarang?," tanya Andy F. Noya.

"Ndak, itu, ndak.. ndak... udah... apa, pernafasan dia agak nggak bagus ya, di pernafasan dia.

Sempet dia seperti layaknya anak-anak di umur segitu, mencoba ya, 'oh, ini ganja ya, ini apa', putaw ya?' saat itu.

Ini, ini, ini tapi udah tau, udah tau, terus aku mau musik, pengertian.

Tapi, saya percaya sama dia, dia cepet tahapan itu dia lewat. Dan dia lewatin dengan gagah. Dan albumnya diselesaiin," jelas Iwan Fals.

"Ada yang mengatakan, Galang coba-coba mengkonsumsi obat-obatan, karena anda juga pernah mengkonsumsi obat-obatan terlarang. Seberapa jauh kebenarannya?," tanya Andy F. Noya lagi.

Baca Juga: Dapat Julukan Barbie Jawa, Influencer Ini Pernah Nekat Tipu Orang Hingga Harus Mendekam di Bui demi Gaya Hidup Mewah, Uangnya Dipakai Beli Rubicon Sampai Rumah!

"Jauh... Benar, jauh. Untung Yos (istri Iwan Fals) banyak bantu saya. Temen-temen OI, banyak menyadarkan saya, Falsmania juga, Pers juga itu, keluarga saya. Temen-temen," jelas Iwan.

"Berapa lama anda tenggelam dalam urusan narkoba ini?," tanya Andy."Ada, lama ya... 79-80," Jawab Iwan.

(*)

Editor : Pipit