Jangan Dilakukan Lagi Yuk, 5 Kebiasaan yang Sering Dilakukan di Dapur Ini Ternyata Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencicipi Makanan!

Minggu, 19 Juli 2020 | 11:00
Freepik

ilustrasi memasak

WIKEN.ID - Memasak makanan sendiri punya banyak manfaat, salah satunya lebih sehat, karena proses memasak yang lebih bersih.

Meski begitu, ternyata ada beberapa kebiasaan yang dilakukan saat memasak justru bisa membuat makanan jadi berbahaya.

Yuk, lihat kesalahan kebiasaan yang tanpa sadar sering kita lakukan di dapur dan bisa membuat makanan jadi berbahaya.

Dengan mengetahui beberapa kebiasaan yang salah, nantinya kita bisa mengubah kebiasaan itu, agar makanan yang dimasak dan dikonsumsi tetap sehat.

Baca Juga: Tak Kelihatan Bersama Hingga Hubungan Jessica Iskandar dan Richard Kyle Masih Menjadi Teka-teki, Erick Iskandar Beri Sindiran

1. Mencairkan Daging di Luar Kulkas

Agar daging lebih awet, maka biasanya daging disimpan di dalam freezer dalam keadaan beku dan dicairkan saat akan dimasak.

Biasanya, bagaimana cara teman-teman atau ibu saat mencairkan daging?

Ada yang mengeluarkannya dari kulkas dan menaruhnya begitu saja di dapur agar daging mencair, atau merendam daging dalam air agar daging tidak lagi beku.

Wah, kalau kamu masih sering mencairkan daging di luar kulkas, segera ubah kebiasaan itu, yuk!

Daging yang diletakkan pada suhu 5 hingga 60 derajat Celcius sangat berisiko bagi daging.

Sebabnya, pada suhu itu, bakteri berbahaya bisa tumbuh dengan sangat cepat pada permukaan daging.

Untuk menghindari pertumbuhan bakteri berbahaya pada daging, sebaiknya cairkan daging di dalam kulkas, yaitu pada bagian pendingin.

Pindahkan daging yang berada di freezer ke kulkas bagian pendingin untuk menaikkan suhunya.

Cara ini memang membutuhkan waktu lebih lama, tapi lebih aman karena menjaga suhu daging agar tidak ditumbuhi bakteri berbahaya.

2. Mencicipi Adonan Mentah

Untuk mengetahui apakah rasa makanan yang akan dimasak sudah tepat atau pas, maka hal yang dilakukan adalah mencicipinya.

Siapa yang suka mencicipi adonan kue sebelum dipanggang atau dikukus?

Ternyata hal ini juga merupakan kebiasaan yang salah dan berbahaya, teman-teman, terlebih kalau salah satu bahan adonan makanan adalah telur.

Telur mentah bisa membawa bakteri berbahaya, yaitu Salmonella yang dapat menyebabkan beberapa penyakit, salah satunya diare.

Lalu apakah kalau adonan makanan tidak terbuat dari telur maka kita boleh mencicipinya?

Sama seperti adonan yang mengandung telur, sebaiknya kita juga tidak mencicipi adonan makanan yang tidak mengandung telur.

Hal ini disebabkan karena tepung dapat membawa bakteri E.coli dan menyebabkan berbagai infeksi pada tubuh.

Baca Juga: Bikin Heboh! Lama Tak Muncul di Televisi, Sarah Sechan Tiba-tiba Unggah Video Nangis-nangis Hingga Minta Tolong, Ada Apa Nih?

3. Mencicipi Apakah Makanan Masih Bisa Dikonsumsi

Apakah teman-teman pernah lupa menyimpan makanan di kulkas namun ragu apakah makanan itu masih bisa dikonsumsi?

Untuk memastikan apakah makanan masih bisa dikonsumsi, biasanya kita akan mencicipinya sedikit untuk memastikan kalau rasanya masih enak.

Wah, hal ini juga sebaiknya kita hentikan mulai sekarang, teman-teman.

Saat makanan sudah tidak bisa dikonsumsi tapi justru kita cicipi, maka bakteri berbahaya yang ada pada makanan akan masuk ke tubuh dan menyebabkan keracunan.

Kalau teman-teman memang ragu apakah makanan yang ada di kulkas masih bisa dikonsumsi atau tidak, sebaiknya buang produk makanan atau minuman itu.

4. Mencuci Daging Mentah

Sebelum memasak bahan makanan, sebaiknya kita mencuci lebih dulu bahan makanan itu, untuk memastikan tidak ada sisa-sisa kotoran.

Sebaliknya, kita sebaiknya tidak mencuci produk daging apapun, mulai dari daging sapi, ayam, ikan, maupun daging lainnya.

Pada permukaan daging terdapat berbagai bakteri berbahaya yang bisa menyebar dengan mudah.

Saat kita mencuci daging, maka bakteri tadi akan tersebar ke berbagai penjuru dapur melalui percikan air.

Hal ini akan membuat bakteri menempel pada permukaan benda-benda di dapur dan kalau tidak segera dibersihkan maka akan menyebarkan penyakit.

Baca Juga: Sah Jadi Suami Istri, Rizki D'Academy Pamer Malam Pertamanya dengan Nadya Mustika Rahayu, Peluk Mesra Sang Istri yang Terlihat Malu-malu, Intip Potretnya!

5. Tidak Mencuci Tangan

Bakteri bisa menyebar dengan mudah melalui tangan saat kita menyentuh berbagai benda saat akan memasak.

Nah, kalau kita tidak mencuci tangan sebelum memasak, maka bakteri yang ada di telapak tangan bisa berpindah dengan mudah ke permukaan alat dan bahan yang digunakan untuk memasak.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mencuci tangan baik sebelum maupun sesudah memasak, ya!

(*)

Artikel ini telah tayang di Bobo.id dengan judulHentikan Kebiasaan di Dapur yang Membuat Makanan Jadi Berbahaya, Salah Satunya Mencairkan Daging di Suhu Ruang

Editor : Pipit