Cetak Sejarah Baru Indonesia, Anak Tukang Bakso Ini Sabet Gelar Perwira TNI Pertama yang Lulus dari King's College London

Minggu, 19 Juli 2020 | 10:30
(KBRI LONDON) via Kompas.com

Cetak Sejarah Baru di Indonesia, Anak Tukang Bakso Berpangkat Kolonel Lulus S2 di Universitas Papan Atas Dunia, Sabet Gelar Perwira TNI Pertama yang Lulus dari King's College London

WIKEN.ID -Indonesia patut berbangga diri lantaran belum lama ini salah satu perwira TNI lulus S2 dari King's College London.

Kolonel Kav Agustinus Purboyo (50) berhasil mencetak sejarah baru sebagai perwira TNI AD pertama yang menyelesaikan program studi dalam pendidikan RCDS (setingkat Lemhannas) di London.

Baca Juga: Bak Adik Kakak, Nikita Mirzani Prediksikan Hubungan Billy dan Manopo Tidak Bertahan Lama: Setahun Dua Tahun Putus

Perwira TNI AD Kolonel Kav Agustinus Purboyo menjadi orang pertama yang mendapatPostgraduate Certificate in Security and Strategy for Global Leadersyang diselenggarakan King's College London (KCL) bersama dengan pendidikan RCDS yang ditempuhnya.

Pendidikan RCDS(Royal College of Defence Studies)diikuti oleh siswa dari beragam institudi militer dan non-militer.

Melansir dari laman Kompas.com, KBRI London mengumumkan adanya 24 orang perwakilan Indonesia lulus dari RCDS sejak tahun 1984.

Termasuk di antaranya, Jenderal TNI Endriartono Sutarto yang pernah menjabat sebagai Panglima TNI, Mayjen TNI (Purn) Daniel Ambat yang sempat menjadi Pangdivif-1 Kostrad hingga Mayjen TNI Jani Iswanto, Aslog Kasad, maupun Mayjen TNI Isdarmawan Ganemoeljo, Kapus Bekang TNI AD saat ini.

Namun tahun ini, Indonesia mengirimkan Kolonel Kav Agustinus Purboyo, seorang perwira TNI ada yang sebelumnya menjabat sebagai Danrem 052/Wijayakrama Jakarta.

Baca Juga: Jedar Ungkap Kenangan Pilu Hamil Tanpa Sosok Suami hingga Nyaris Bunuh Diri: Cuma Air Mata Setiap Hari

Untuk bisa lulus dari program pendidikan yang ditempuh selama 1satu tahun tinggal di London itu, Agustinus harus merampungkan 27 modul pendidikan.

27 modul pendidikan yang harus ditempuh dibagi menadi 4 Term berbeda, yaitu:

- Term 1 untuk materiFuture Strategic Context,

- Term 2 terkait materiStrategy & Strategy Making

- Term 3 tentang materiGlobal Understanding Strategic Issues

- Term 4 membahas materi yang terkaitCulmination.

Tak hanya itu, para peserta didik juga diberikan sesi tambahan tentangLeadership Strategic Environment (LSE)yang membahas tentang lessons learned dari pengalaman yang ada.

Sementara itu, dilansirGrid.IDdari laman Antaranews.com, Kolonel Agustinus Purboyo merupakan anak seorang penjual bakso yang berprestasi.

Tak hanya puas dengan gelar Perwira TNI yang disabetnya, Kolonel Agustinus Purboyo lantas berjuang sekuat tenaga mengukir prestasi dengan menjadi lulusan S2 dari KCL.

Pasalnya, untuk bisa mendapat kesempatan menempuh pendidikan di KCL seperti yang selama ini diimpikannya, Kolonel Agustinus Purboyo harus mengikuti serangkaian tes yang ketat.

Baca Juga: Padahal Boroknya Sudah Dibongkar Habis-habisan, Baim Wong Mendadak Unggah Foto Nikita Mirzani dan Sebut Tak Dendam: Dia Tetap Teman Saya

Tak hanya melalui serangkaian tes yang ketat, para calon peserta didik juga harus memiliki rekam jejak penugasan yang baik karena diproyeksikan menjadi pimpinan di institusinya masing-masing.

Agustinus juga berharap agar perjuangannya dapat menumbuhkan semangat penerus bangsa.

"Ayah saya penjual bakso dan saya pun ikut membantu jualan agar bisa ikut kursus bahasa Inggris," ujar Agustinus, seperti dilansirGrid.IDdari laman Antaranews, pada Sabtu (18/7/2020).

Pria kelahiran 5 Agustus 1070 itu mengaku bangga bisa menyelesaikan pendidikannya di tengah-tengah pendemi Covid-19 secara daring.

(KBRI LONDON) via Kompas.com
(KBRI LONDON) via Kompas.com

Kolonel Agustinus Purboyo (kiri) menjadi perwira TNI pertama yang menyelesaikan program Postgraduate Certificate in Security and Strategy for Global Leaders, yang diselenggarakan oleh Kings College London (KCL).

Selama setahun tinggal di London, Kolonel Kav Agustinus Purboyo ditemani oleh sang istri Rina dan putri cantiknya, Arabelle.

Sementara putranya Abner berada di Indonesia untuk merampungkan tahun terakhir perkuliahannya di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Atas sejarah yang baru diukir Kolonel Kab Agustinus, atase pertahanan KBRI London menyampaikan selamat kepada Kolonel Kav Agustinus Purboyo.

Tak hanya itu, dengan melalui pendidikan seperti RCDS, TNI diharapkan dapat mengimplementasikan diplomasi pertahanan atau militer tingkat Internasional.

Pasalnya, saat resmi tempuh pendidikan RCDS para peserta akan memiliki keanggotaan seumur hidup guna menjaga hubungan dan membentuk jejaring maupun people to people contact ke depannya.(*)

Artikel ini telah tayang di Grid.id dengan judulCetak Sejarah Baru di Indonesia, Anak Tukang Bakso Berpangkat Kolonel Lulus S2 di Universitas Papan Atas Dunia, Sabet Gelar Perwira TNI Pertama yang Lulus dari King's College London

Tag :

Editor : Pipit