Gahar! Israel Luncurkan Alat ke Luar Bumi Demi Perkuat Pertahanan, Menteri Pertahanan: 'Kami Memerkuat di Setiap Lini, di Setiap Tempat'

Sabtu, 18 Juli 2020 | 10:30
Menteri Pertahanan Israel

Satelit Ofek-16

WIKEN.ID -Israel sudah menjadi wilayah dengan kekuatan militer yang paling mengerikan di dunia.

Pelatihan dan segala senjata yang ada membuatnya sangat tangguh secara data.

Apalagi kini Israel telah memiliki pencapaian baru.

Baca Juga: Jessica Iskandar Ceritakan Masa Sulit dalam Hidupnya, Menangis Tiap Hari hingga Sempat Ingin Bunuh Diri Gara-gara Janji Palsu Ludwig

Beberapa jam sebelum fajar pada 6 Juli, petinggi militer Israel, eksekutif dari Israel Aerospace Industries, dan perusahaan-perusahaan pertahanan utama menunggu berita tentang orbit yang berhasil ketika satelit pengintai terbaru Israel lepas landas dari dekat pangkalan militer Palmachim di Israel tengah.

Ofek-16, satelit baru, adalah keberhasilan terbaru dalam program luar angkasa Israel.

Ofek-16 akan bergabung dengan Ofek-11 dan beberapa satelit Israel lainnya, keduanya komersial seperti seri Eros, dan komunikasi seperti satelit Amos.

Baca Juga: Sandang Status Janda Hingga Ngaku Ketagihan Kencan Online, Kini Artis Catherine Wilson Diamankan Polisi Karena Terkait Narkoba

Kontraktor utama adalah perusahaan pertahanan kedirgantaraan utama Israel, IAI, dan Sistem, Rudal, dan Grup Antariksa.

Satelit itu sekarang berada di orbit dan akan menjalani tes sebelum mengirimkan citra ke unit intelijen elit Israel IDF.

Mesin peluncuran dikembangkan oleh Rafael Advanced Systems dan Tomer, perusahaan pertahanan milik pemerintah.

Baca Juga: Komedian Jadul Omas Meninggal Dunia, Sang Adik Langsung Beberkan Kronologinya, Awalnya Sempat Dikira Bercanda: Saya Kaget..

Rafael, yang terkenal karena sistem pertahanan Iron Dome Israel dan perlindungan aktif Trophy untuk tank, yang digunakan di AS, memberikan elemen kunci untuk peluncuran.

Sistem Elbit memasok kamera Jupiter Space yang panjangnya 1,5 meter dan berat 120kg.

Dengan aperture 700mm ini memberikan pencitraan resolusi tinggi multispektral 50cm dari ketinggian 600 km.

Baca Juga: Viral Foto PNS yang Gunakan Baju Korpri Tak Lazim, Budiman Sujatmiko Angkat Bicara: Segitunya Menolak Jadi Indonesia, Pokoknya Sebisa Mungkin Harus “Islam”?

Setiap tembakan dapat menangkap 15 km persegi, kata perusahaan. Ini adalah pengawasan yang tak tertandingikamera yang dibutuhkan Israel saat menghadapi ancaman Iran.

Termasuk perdagangan senjata Iran melalui Irak dan Suriah ke Hizbullah di Libanon.

Menteri Pertahanan Benny Gantz mengatakan bahwa satelit akan memberikan keunggulan teknologi dan kemampuan intelijen yang penting untuk keamanan Negara Israel.

Baca Juga: Dihujat Lantaran Dituding Tak Keluarkan Uang saat Giveaway, Baim Wong Berikan Jawaban Menohok: Banyak Keluarnya Bosque!

"Kami akan terus memperkuat dan mempertahankan kemampuan Israel di setiap lini, di setiap tempat," ujarnya.

Ada tantangan dalam perlombaan ruang angkasa Israel selama bertahun-tahun.

Misalnya Iran baru-baru ini meluncurkan satelit militer yang dipandang sebagai bagian dari keseluruhan postur ancaman Iran.

Baca Juga: Antarkan Anaknya ke Sekolah, Ibu Ini Kaget Temukan Tempat Prostitusi Terselubung, Hanya Beberapa Meter dari SD Sang Anak

Selain itu Israel harus menunda peluncuran beberapa satelit selama satu setengah dekade terakhir.

Satu satelit komunikasi bahkan meledak pada tahun 2016 di Cape Canaveral.

Israel hari ini menghadapi ancaman yang meningkat dari upaya Iran untuk mentransfer amunisi berpemandu yang presisi ke Hizbullah di Libanon.

Baca Juga: Hancur Lebur Hati Seorang Istri, Sempat Rekam Suaminya Coba Motor Baru, Sang Suami Malah Tewas Kecelakan dalam Perjalanan Pulang: Semoga Berjodoh di Surga!

Israel juga mengatakan telah melakukan lebih dari 1.000 serangan udara terhadap Iran di Suriah, berusaha untuk mencegah pemekaran Iran.

Iran memiliki hingga 900 personil IRGC di Suriah dan kepala Pasukan Quds IRGC Esmail Ghaani baru-baru ini mengunjungi Albukaml di Suriah dekat perbatasan Irak.

Iran telah memasok pasukan proxy di wilayah itu dengan drone dan rudal balistik, termasuk yang digunakan pemberontak Houthi di Yaman untuk menargetkan Arab Saudi.(*)

Baca Juga: Belum Sempat Cicipi Kenikmatan Malam Pertama, Pengantin Pria Ini Malah Kabur Lari Terbirit-birit Usai Lihat Calon Istrinya, Ada Apa?

Artikel ini telah tayang di Intisari dengan judul Sangarnya Militer Israel yang Akan Menjadi Lebih Kuat Tak Keruan, Berkat Satu Hal Ini, Menteri Pertahanan: 'Kami Memperkuat di Setiap Lini, di Setiap Tempat'

Editor : Amel