Potret Mengerikan Kondisi Rumah Sakit Jiwa, Kumuh Hingga Sangat Tak Layak Pakai Namun Tetap Digunakan untuk Perawatan Pasien

Kamis, 18 Juni 2020 | 11:30
Daily Mirror/Tangkapan layar

Potret Mengerikan Kondisi Rumah Sakit Jiwa, Kumuh Hingga Sangat Tak Layak Pakai Namun Tetap Digunakan untuk Perawatan Pasien

WIKEN.ID -Seperti yang diketahui, Rumah Sakit Jiwa merupakan tempat khusus perawatan pasien yang mengalami gangguan mental serius.

Enggak sedikit orang yang memiliki gangguan mental dengan skala rendah hingga tinggi.

Namun, enggak akan ada yang menyangka kalau kondisinya seperti ini.

Baca Juga: Sang Suami Kerap Kali Bikin Vlog di Rumahnya, Paula Verhoeven Terusik dengan Orang Tak Dikenal yang Datang ke Kediamannya, Baim Wong: Hah? Serem Amat!

Nah, baru-baru ini heboh sebuah pemandangan megganggu yangang terlihat di sebuah Rumah Sakit Jiwa di Caracas, Venezuela.

Dalam sebuah gambar yang diterbitkan oleh Daily Mirror pada Kamis (8/8/19), menunjukkan penderitaan orang sakit jiwa yang tinggal di rumah sakit mengerikan.

Baca Juga: Kisahnya Tak Berlanjut ke Pelamonan, Usai Lamar Zaskia Gotik di Depan Umum Nassar Ternyata Pernah Pojokkan Mantan Tunangan Si Eneng

Kekurangan obat-obatan dan staf, dengan kondisi yang kumuh dan tidak terawat, namun masih digunakan untuk merawat pasien.

Dalam foto yang beredar, menunjukkan pasien jiwa yang tidur di kasur yang kotor yang penuh dengan kecoak dan kotoran.

Krisis mengerikan menyebabkan kekurangan obat-obatan di mana negara yang dirundung krisis politik dan ekonomi terbesar dalam sejarah modernnya.

Tempat tidur yang berkarat, seprai yang kotor dan kusut, sementara pasien masih berbaring di kasusr itu, sedang lainnya ada yang hanya tidur di lantai.

Kotoran juga tampak terlihat di dinding dan lantai, coretan-coretan juga menghiasi ubin dan dinding rumah sakit.

Baca Juga: Ingat Lisa Korban Penyiraman Air Keras? Setelah 16 Tahun Jalani Puluhan Kali Operasi Kini Dirinya Sukses Jadi Pengusaha Perhiasan!

Daily Mirror/Tangkapan layar
Daily Mirror/Tangkapan layar

Pemandangan menyedihkan di rumah sakit jiwa di Venezuela.

Parahnya, kecoak juga terlihat merangkak di sepanjang dinding dan tumpukan sampah dan serangga yang mati di gedung yang kekurangan staf itu.

Rumah Sakit Jiwa itu tidak memiliki obat esensial untuk mengobati depresi, skizofernia dan penyakit lain yang memengaruhi pasien.

Baca Juga: Jauh dari Kesan Glamor, 4 Anak Pejabat Ini Pilih Hidup Sederhana dan Tak Pernah Pamer, Ada yang Jadi Artis!

Sayap rumah sakit terbesar itu dibangun 126 tahun lalu, namun tidak terurus sejak 20 bulan lalu menurut ABC News.

Layanan rumah sakit lain di Venezuela juga mengalami krisis yang sama.

Hal itu terjadi setelah kekurangan obat-obatan dan rendahnya gaji dokter dan perawat yang bergantung pada negara yang dipimpin Nicolas Manduro sejak 2013 itu.

Tekanan masyarakat juga tinggi, mereka menuntut peningkatan layanan publik, dengan oposisi pemerintan dan serikat pekerja kesehatan.

Baca Juga: Bangun Rumah Megah Bak Istana, Prilly Latuconsina Ternyata Tak Akan Izinkan Suaminya Kelak Tinggal di Huniannya, Ada Apa?

Venezuela adalah salah satu negara termiskin di dunia, meskipun memiliki cadangan miyak terbesar di dunia.

Daily Mirror/Tangkapan layar
Daily Mirror/Tangkapan layar

Ruangan yang kotor adalah pemandangan umum di rumah sakit ini.

Negara itu mengalami pemadaman listrik yang berlangsung berhari-hari, dan orang-orang yang kelaparan di tengah kekurangan pangan, setelah harga minyak anjlok.

Layanan publik yang dibiayai dengan minyak telah runtuh.

Pemerintah, hanya bisa mencetak lebih banyak uang, namun hal ini justru menyebabkan hyperinflasi, 1,7 persen dan jutaan penduduk melarikan diri.

Baca Juga: 19 Tahun Nikahi Wanita Asal Indonesia, Masa Tua Pria Bule Ini Berakhir Depresi Usai Pergoki Istrinya yang Ternyata Waria

Mirisnya lagi, 70 persen anak-anak di Venezuela menunjukkan tanda-tanda kekurangan gizi.

Artikel ini pernah tayang di Intisari Online dengan judul Potret Mengerikan Rumah Sakit Jiwa di Venezuela yang Kumuh Namun Masih Digunakan untuk Perawatan

Editor : Amel