Kepergok Pelesiran, Ini Dia 'Kesktian' Setya Novanto dengan Sederet Ulah Kontroversial, Sel Palsu Hingga Tiang Listrik

Jumat, 12 Juni 2020 | 18:20
Kolase Tribunnewsmaker

Kepergok Pelesiran, Ini Dia 'Kesktian' Setya Novanto dengan Sederet Ulah Kontroversial, Sel Palsu Hingga Tiang Listrik

WIKEN.ID -Sudah tak asing lagi ditelinga kalau mendengar nama Setya Novanto.

Seperti yang diketahui, Setya Novanto merupakan Ketua Umum Parta Golkar.

Tak hanya Ketua Umum Parta Golkar, Setya Novanto juga pernah menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Namun, kini dirinya harus merasakan dinginnya jeruji besi atas kasus korupsi KTP elektronik.

Baca Juga: Dipaksa Pindah Agama Hingga Dianggap Lebih Rendah dari Pelacur, Pacar Aldy Fairuz Kini Laporkan Ibu Kandungnya Sendiri: Saya Bukan Hewan

Ia divonis 15 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Setya Novanto juga diwajibkan membayar denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan.

Setya Novanto sebelum menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin pernah ramai menjadi pembicaraan karena kasus 'Papa minta saham' yang membuatnya mundur dari jabatan Ketua DPR RI periode 2014-2019 pada 16 Desember 2015.

Saat itu, posisi Ketua DPR RI pun diserahkan kepada politikus Golkar Ade Komarudin.

September 2016, Setya Novanto melakukan gugatan uji materi atas pasal 88 KUHP dan pasal 15 tentang pemberantasan UU Tipikor ke Mahkamah Konstitusi.

Dalam gugatan tersebut, MK memenangkan Setya Novanto.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Akhirnya Ungkap Momen Terberat Hingga Bikin Dirinya Trauma, Ini Dia Pesan untuk Krisdayanti

Setelah memenangkan gugatan, Setya Novanto kembali diangkat menjadi Ketua DPR periode 2014-2019 menggantikan Ade Komarudin.

1. Tiang listrik

Ketika ia kembali menjadi ketua DPR kembali muncul kasus baru yang menyeretnya hingga dirinya harus mendekam di Lapas Sukmiskin.

KPK pada 2017 menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus proyek pengadaan KTP elektronik.

Setya Novanto awalnya mangkir tiga kali dari panggilan KPK terkait kasus yang menjeratnya.

Baca Juga: 4 Hari Jadi Anggota DPR, Mulan Jameela Langsung Kena Tuntutan Rp 10 Miliar, Sampai Istri Ahmad Dhani Ini Ngeluh Sakit Punggung Hingga Kerokan

Pada panggilan ketiganya, Setya Novanto, Rabu (15/11/2017) memilih hadir dalam rapat Paripurna DPR.

Setya Novanto yang menggunakan setelan jas dan kemeja putih saat itu hadir di di ruang rapat paripurna.

Kemudian, Rabu (15/11/2017) malam, KPK mendatangi kediaman pribadi Setya Novanto di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dalam rangka upaya jemput paksa.

Namum, saat itu Setya Novanto tidak ada di kediamannya.

Sejak saat itu, keberadaan Setya Novanto pun menjadi misteri hingga akhirnya ramai peristiwa 'tiang listrik', Kamis (16/11/2017).

Setya Novanto saat itu dilarikan ke Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan karena mobil yang ditumpangi Setya Novanto menabrak tiang listrik.

Baca Juga: Ruben Onsu Dibuat Keok Depan Mahkamah Agung, Sosok Ini yang Berhasil Kalahkan Kepemilikan Bisnins Ayam Geprek Bensu

Kasus tersebut pun akhirnya menyeret beberapa orang sebagai tersangka termasuk pengacaranya Fredrich Yunadi dan dokter Bimanesh Sutarjo atas kasus merintangi penyidikan.

2. Aksi dalam sidang perdana

Setelah berkas perkaranya rampung, Setya Novanto akhirnya duduk perdana di kursi pesakitan dalam sidang dakwaan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Persidangan yang dimulai pukul 10.00 WIB berjalan dengan lambat dikarenakan berkali-kali hakim melakukan skors untuk berbagai macam alasan.

Baca Juga: Setiap Gerak Selalu Merintih Kesakitan karena Kulitnya Berjatuhan, Bocah 9 Tahun Ini Putus Asa Hingga Memilih untuk Mati

Setya Novanto saat itu memilih bungkam ketika ditanya hakim soal identitas terdakwa seperti nama, tempat dan tanggal lahir, usia dan alamat tempat tinggal.

Setelah diam dan tertunduk beberapa lama Setya Novanto pun akhirnya sempat buka suara dan menyatakan bahwa dirinya sedang menderita diare.

Mendengar pernyataan bahwa terdakwa dalam keadaan tidak sehat, Hakim Ketua pun menskors persidangan dan meminta agar Novanto menjalani pemeriksaan kembali oleh dokter menyangkut kesehatannya.

Namun, dokter menyatakan bila Setya Novanto dalam keadaan sehat.

Akhirnya pembacaan dakwaan pun dilanjutkan meskipun Setya Novanto bungkam dan tidak mau menjawab pertanyaan dari Hakim Ketua.

Baca Juga: Tega Usir Istri serta Anaknya Hingga Habiskan Uang Secara Gila-gilaan, Menang Lotre Rp223 Milliar Pria Ini Justru Bangkrut Hingga Jadi Tukang Sampah

Kebetulan, saat sidang perdana Setya Novanto berlangsung, di tempat lain sedang berlangsung pula sidang praperadilan untuk memutuskan nasib berkara Setya Novanto.

3. Tempati sel palsu

Setelah mencuat Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK terhadap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen pada 20 Juli 2018, Lapas yang banyak dihuni para terpidana korupsi tersebut menjadi sorotan publik.

Di tengah ramainya pemberitaan soal kasus tersebut, Setya Novanto pun menjadi sorotan.

Setya Novanto diketahui sempat menempati sel palsu.

Baca Juga: Hidupnya Selalu Dikelilingi Wanita Cantik, Mbak You Justru Ungkap Sosok Anak Kecil yang Selalu Mengikuti Hotman Paris:Kayaknya dari Abang!

Ulahnya terungkap berkat tayangan Najwa Shihab yang mengunjunginya bersama Direktur Jenderal Pemasyarakatan atau Dirjen PAS tahun lalu.

Najwa Shihab melakukan kunjungan tersebut pascaoperasi OTT KPK terhadap Wahid Husen.

Dalam tayangan Najwa Shihab itu, kamar yang Setnov jauh dari kesan mewah, temboknya tampak berlumut.

Tak hanya itu, di dalam kamar juga terdapat parfum perempuan.

Akhirnya, terungkap jika itu adalah sel palsu.

Beberapa waktu kemudian, Ombudsman RI saat inspeksi mendapati kamar Setya Novanto yang asli.

Kamar Setnov mewah.

Baca Juga: Dulu Jadi Artis dengan Bayaran termahal, Kini Kehidupannya Berubah Drastis Hingga Banting Stir Jualan Martabak: Kita Perlu Makan

Dindingnya dilapisi wallpaper, ada kasur busa ukuran cukup besar, meja kerja, hingga toilet duduk.

4. Muncul di Rest Area KM 97 Tol Purbaleunyi

Tahun lalu, sempat beredar foto yang menunjukkan pria diduga Setya Novanto sedang berada di rest area kilometer 97 Tol Purbaleunyi arah Jakarta.

Media sosial dibikin heboh lantaran kemunculan foto Setnov tanpa rompi tahanan.

Pada Senin 24 September 2018, Jubir KPK Febri Diansyah mengatakan, sekitar tanggal 18 September 2018 memang ada jadwal persidangan kasus e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta dengan terdakwa Irvanto dan Made Oka.

Baca Juga: 48 Tahun Berkarir Hingga Jadi Lawan Main Rhoma Irama, Artis Senior Ini Jadi Bayaran Termahal: Setiap Main Film Bisa Beli Mercy

Kala itu, Setnov memang dipanggil jaksa untuk dimintai keterangan.

Febri kemudian menjelaskan, Setnov memang tak memerlukan rompi tahanan lagi lantaran ia tak lagi menjadi tahanan KPK dan sudah dieksekusi ke Lapas Sukamiskin kala itu.

Terpisah, kuasa hukum Setnov saat itu, Maqdir Ismail juga sempat mengatakan, kemungkinan pria di foto itu memang kliennya.

5. Tepergok di Rumah Makan Padang

Setya Novanto juga pernah tepergok sedang berada di sebuah rumah makan Padang di sekitar Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Saat itu, Dirjen PAS Kemenkumham, Sri Puguh Budi Utami mengatakan, Setnov memang mendatangi RSPAD untuk kontrol kondisi kesehatannya.

Baca Juga: Nia Ramadhani Kepergok Pakai Baju Kembaran dengan Mantan Pacar Ardi Bakrie saat Hadiri Fashion Show, Begini Tampilannya!

Berdasarkan pemeriksaan akhir, Setnov bahkan disebut harus rawat inap.

Setelah Dirjen PAS mendalami, ternyata Setnov memang ingin makan bubur dan 'cari angin'.

KPK juga turut menanggapi ulah Setnov saat itu.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, sebaiknya Setnov menjalani hukuman dengan tertib.

Baca Juga: Tinggalkan Hingar Bingar Jagat Hiburan, Tamara Bleszynski Pilih Jadi Penjaga Warung, Hingga Masak dan ke Pasar Sendiri

6. Pelesiran ke Bandung Barat

Beredar foto-foto diduga Setnov bersama seorang perempuan diduga istrinya, berada di toko bangunan.

Dalam foto yang diterima Tribun Jabar, tampak Setnov mengenakan kemeja lengan pendek putih, celana panjang, bertopi dan menggunakan masker.

Dalam foto pertama, seorang perempuan tengah bersamanya di pintu masuk.

Informasi yang dihimpun, ia berada di rumah pamer House Of Roman, Jalan Panyawangan, Parahyangan Street Nomor 6 Kertajaya, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam foto kedua, tampak ia masih mengenakan masker.

Baca Juga: Disiksa Pangeran Malaysia Hingga Diisukan Pernah Dekat dengan Ardi Bakrie, Kini Kehidupan Manohara Sebagai Pekerja Seni Berubah Drastis, Intip Hunian Mewahnya!

Si perempuan mengenakan kerudung.

Sebelumnya, diketahui bahwa Setnov izin ke luar Lapas Sukamiskin untuk berobat ke RS Santosa Bandung.

RS Santosa Bandung berada di Kota Bandung, sama seperti Lapas Sukamiskin.

Sementara kedua foto itu menunjukkan tempat di Padalarang, butuh waktu tempuh sekitar kurang dari 40 menit menuju ‎Padalarang via Tol Padaleunyi kemudian melewati jalur arteri.

Buntut dari beredarnya foto itu, Setya Novanto dipindahkan ke Lapas Gunung Sindur, Bogor dari Lapas Su‎kamiskin Bandung, Jumat (14/6/2019) malam. (tribunjabar.co.id/ tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Setya Novanto Kepergok Pelesiran, Ini Deretan Kasus Kontroversial Eks Ketua DPR Itu

Editor : Amel