Dulu Pejabat Tinggi dengan Segudang Prestasi, Kini Mantan Menteri Perhubungan Ini Pilih Banting Stir Jadi Petani Sayur, Begini Kondisinya!

Sabtu, 16 Mei 2020 | 17:30
SETO WARDHANA / Instagram

Dulu Pejabat Tinggi dengan Segudang Prestasi, Kini Mantan Menteri Perhubungan Ini Pilih Banting Stir Jadi Petani Sayur, Begini Kondisinya!

WIKEN.ID -Sudah tak asing lagi dengan sosok yang satu ini.

namanya pun pernah jadi sorotan saat masih memegang jabatan tertinggidi PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

Tak hanya itu saja, prestasinya juga membuat Presiden Joko Widodomelirik kinerjanya.

Baca Juga: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Panik saat Dites Bacaan Al-Quran Hingga Hafalan Suratnya, Syekh Ali Jaber Berikan Koreksi: Memang Harus Diperhatikan!

Tak butuh waktu lama, dirinya langsung diminta untuk masuk kabinet Kerja di bawah Presiden Jokowi.

Ia pun menjabat menjadi Menteri Perhubungan, lalu dipindah menjadi Menteri ESDM bersama Archandra.

Salah satu prestasinya saat menjabat jadi Menteri ESDM adalah kembalinya saham Freeport ke tangan negara.

Sebuah gebrakan yang membuat namanya pun semakin tersohor bersama Archandra kala itu.

Baca Juga: Keturunan Ningrat Hingga Pernah Mati Suri, Intip Megahnya Rumah Artis Senior yang Jarang Terekspos, Ada yang Unik di Ruang Makannya!

Namun di periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi ini, Ia adalah salah satu nama yang tak lagi dipanggil ke Istana.

Ignasius Jonan, adalah salah satu menteri yang jadi sorotan selain Susi Pudjiastuti saat berada di Kabinet Kerja.

Baca Juga: Mantap Tinggalkan Masa Kelamnya Kini Fokus Jadi Politikus, Artis Senior Sensasional Ini Ngaku Ingin Sang Anak Jadi Harta di Dunia dan Akhirat

THE JAKARTA POST
SETO WARDHANA

Presiden Joko Widodo berjalan meninggalkan Kantor PLN ditemani Menteri ESDM Ignasius Jonan (kanan) dan Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani (kiri) usai melakukan pertemuan di kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (5/8/2019). Presiden mempertanyakan dan meminta klarifikasi manajemen PLN atas padamnya listr

Selepas tak menjabat sebagai pejabat ataupun menteri, kini Ignatius hanya berada di rumah.

Kediamannya yang berada di tengah ibu kota membuatnya tak miliki lahan yang cukup.

Tapi hal itu bisa disulap oleh mantan Kepala PT KAI tersebut sebagai lahan untuk bercocok tanam.

Tak lagi disibukkan dengan urusan negara seperti ativitasnya dulu baik sebagai pejabat perhubungan maupun menteri, kini Ignatius Jonan beralih profesi.

Baca Juga: 4 Fakta Mengejutkan! Virus Corona Terbukti Menjalar ke Seluruh Tubuh dan Bisa Menular Lewat Hubungan Seks, Sperma Pasien Mengandung Covid-19

Ia memilih untuk menjadi petani, meski tak memiliki lahan yang luas apalagi dirinya tingga di kota Jakarta yang telah penuh dengan rumah-rumah.

Keadaan itupun tak membuatnya menyerah, Jonan, sapaannya lebih memilih menggunakan metode hidroponik untuk menanam sayur-sayuran.

Waktu luangnya kini ia manfaatkan untuk bercocok tanam di rumah, apalagi saat himbauan work from home (WFH) seperti saat ini.

Baca Juga: Tak Pernah Terekspos! Intip 5 Gaya Modis Buah Hati Tommy Soeharto, Cantiknya Mirip Banget Sang Ibu?

Jonan sudah selama sebulan ini bercocok tanam di rumahnya , hanya bermodal pipa paralon yang ia lubangi sendiri sebagai tempat menanam sayur.

Instagram @ignasius.jonan
Instagram @ignasius.jonan

Ignasius Jonan jadi petani selepas tak jabat menteri

Hasilnya pun tak mengecewakan, Jonan sudah tidak khawatir lagi akan kekuarangan pasokan makanan harian.

"Senang juga work from home yang sudah berlangsung lebih dari sebulan ini sambil menunggu mengurus sayuran hidroponik di rumah," tulis Jonan seperti dikutip dari akun Instagram miliknya, Jumat (17/4/2020).

Baca Juga: Innalillahi! Kabar Duka Kembali Datang, Aktor Senior Henky Solaiman Meninggal Dunia Akibat Kanker Usus, Mieke Amalia: We Love You Om Henky!

Memang metode hidriponik adalah salah satu metode bercocok tanam yang cocok dikembangkan di wilayah perkotaan seperti tempat tinggalnya saat ini.

Apalagi hasil panen dari sayur-sayurnya itupun dijamin segar dan sehat lantaran ditanam secara organik tanpa pupuk kimia atau pestisida.

Baca Juga: Nikah Tanpa Resepesi Hingga Bulan Madu, Rumah Super Megah Ini Jadi Bukti Kerja Keras Pasangan Artis Senior yang Kerap Tampil Romantis

Kini pun dirinya tengah menikmati masa-masa di rumah dan hasil panen sayurnya pun bisa ia petik rutin.

Sayur yang ia tenam kini bisa dipanen setiap minggunya dengan varian sayuran yang berbeda-beda.

"Ah tidak terasa sudah hampir sebulan sejak panenan hidroponik yang lalu, minggu depan saya akan mulai panen kangkung dan dua minggu lagi akan panen sawi dan bayam," kata Jonan.

Baca Juga: Naysila Mirdad Dikabarkan Tahun Ini akan Menikah, Lydia Kandou Justru Ungkap Penjelasan Mengejutkan: Keluarga Tinggal Merestui Aja

Paska tak lagi jadi pejabat publik, Jonan sekarang memang hanya fokus pada bisnis pribadinya.

Instagram @ignasius.jonan
Instagram @ignasius.jonan

Ignasius Jonan panen sayuran yang telah ia tanam

Namun lantaran pandemi virus corona yang melanda tanah air kini dirinya hanya bisa berada di rumah.

Baca Juga: Sebut Ashanty Jauh Lebih Seksi daripada Syahrini, Kini Sang Istri Justru Bongkar Tabiat Anang Hermansyah: Nggak Yakin Akan Berumah Tangga Sama Orang Kayak Gini

Ia pun menyarankan pada masyarakat untuk lebih baik tinggal di rumah sejenak bila tak miliki keperluan mendesak bila harus keluar rumah.

Hal itu ia lakukan demi untuk mencegah penyebaran virus lebih meluas dan bisa membantu covid-19 cepat reda.

"Tinggal di rumah semaksimal mungkin dan menjaga kebersihan dan tidak berinteraksi dengan berjabat tangan dan melakukan kegiatan lain yang tidak diperlukan. Ini pandemik atau wabah yang sangat cepat menular dan beresiko pada yang berusia lanjut," kata Jonan. (*)

Baca Juga: Bikin Syok! Bukan dengan Nagita Slavina, Raffi Ahmad Sebut akan Menikahi Wanita Cantik Ini kalau Diberikan Hidup Kembali: Nyesel Gue!

Artikel ini pernah tayang di Sosok.id dengan judul Tak Lagi Jadi Pejabat, Mantan Menteri Ini Pilih Jadi Petani di Tengah Kota Jakarta: Minggu Depan Saya Akan Panen Kangkung dan 2 Minggu Lagi Panen Sawi dan Bayam

Editor : Amel