Glenn Fredly Meninggal Dunia Akibat Meningitis, Waspadai Gejala Awalnya yang Mirip Sakit Flu, Ini Kata Dokter

Jumat, 10 April 2020 | 09:40
Kolase/Kompas.com, Instagram

(Ilustrasi) Meningitis

WIKEN.ID -Dunia musik Indonesia sedang berduka dengan kabar meninggalnya Glenn Fredly.

Banyak pihak merasa kehilangan, karena sosok Glen Fredly merupakan salah satu musisi bertanlenta, dan memiliki banyak karya yang digemari publik.

Pencinta lagu 'Januari' tersebut dikatahui meninggal dunia di Rumah Sakit Setia Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (8/4/2020) sekitar pukul 18.00 WIB.

Glenn Fredly meninggal dunia akibat penyakit meningitis yang ia derita.

Baca Juga: Tak Kuasa Tahan Air Mata, Vincent dan Desta Ungkap Kejutan untuk Glenn Fredly yang Gagal Lantaran Kerusuhan: Kaka Bung Gak Tahu

Apakah itu penyakit meningitis?

Dr. Krisma Kurnia, SpPD yang merupakan Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit Siloam Yogyakarta dan Rumah Sakit Bethesda Lempuyangwangi Yogyakarta memberikan penjelasan mengenai penyaki tersebut pada Wiken.ID, Kamis (9/4/2020).

Menurutnya, meningitis adalah sindrom klinis yang ditandai dengan adanya inflamasi atau infeksi pada selaput otak.

Meningitis merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Baca Juga: Musisi Legendaris Glenn Fredly Tutup Usia, Pencipta Lagu January Meninggalkan Istri dan Anak yang Masih Bayi

"Meningitis bakteri bisa dari bakteri Cryptococcus, Mycobacterium tuberculosis, Syphilis, Virus HIV dan spesies Listeria dan sebagainya," ujar Krisma Kurnia.

Krisma juga menyebutkan virus apa saja yang bisa menyebabkan meningitis.

"Kalau meningitis yang disebabkan dari virus sendiri bisa berupa virus Enterovirus, West Nile virus, Human herpes virus, Lymphocytic choriomeningitis virus," beber Krisma Kurnia pada Wiken.ID, Kamis (9/4/2020).

Rupanya selain bakteri dan virus, terdapat juga hal lain yang dapat menyebabkan seseorang terkena meningitis.

Baca Juga: Bak Miliki Firasat, 15 Jam Sebelum Glenn Fredly Meninggal Dunia, Sang Istri Unggah Momen Dengan Kalimat Mengharukan

"Selain bakteri dan virus, meningitis juga bisa disebabkan dari jamur, parasit, dan obat-obatan misalnya seperti metronidazole, dan intra vena immunoglobulin (IVIG)," lanjutnya.

Gejala Meningitis

Dokter Spesialis Penyakit dalam tersebut juga membeberkan apa saja gejala dan tanda-tanda sesorang terkena meningitis.

"Pada umumnya, seseorang yang terkena meningitis akan menunjukan gejala seperti demam, sakit kepala, dan kekakuan otot leher. Tapi juga ada gejala lainnya seperti mual, muntah, mata silau (sensitif terhadap cahaya), mengantuk, bingung, delirium, dan koma," ujar Krisma.

"Komplikasi yang umum terjadi sekitar 1/5 pasien adalah mengalami kejang," sambung Krisma Kurnia.

Menurutnya, pasien meningitis dengan gangguan kesadaran mempunyai risiko tinggi terjadinya “neurologic sequelae” atau kematian

Baca Juga: Tinggalkan Seorang Putri yang Cantik, Ini Makna Nama Anak Glenn Fredly dan Mutia Ayu

Terjadinya kejang selama episode meningitis merupakan faktor risiko mortalitas atau “neurologic sequelae".

Meningitis yang disebabkan dari bakterial stadium lanjut menyebabkan kerusakan otak, koma dan kematian.

Komplikasi

Menurut dokter Krisma Kurnia, 50% dari pasien meningitis mengalami komplikasi pada beberapa hari hingga minggu setelah badannya terinfeksi.

"Pasien mengalami komplikasi yang serius antara lain, hilangnya pendengaran, kebutaan, tidak berfungsinya saraf cranial, kelumpuhan anggota gerak, kekakuan otot, serangan kejang berulang, retardasi mental dan motorik, hidrosefalus, atrofi otak," kata Krisma Kurnia.

Baca Juga: Ucapkan Belasungkawa atas Kepergian Glenn Fredly, Kak Seto Unggah Fotonya Bersama Sang Musisi 34 Tahun Lalu

Dokter Krisma Kurnia mengatakan bahwa untuk mencegah dari terinfeksi penyakit meningistis bisa dilakukan dengan vaksinasi.

Prognosis pasien pasien meningitis yang disebabkan oleh patogen oportunistik tergantung pada ringannya infeksi, imunitas tubuh penderitanya, usia pasien dan penyakit komorbid lainnya.

Dokter Krisma juga berujar, bahwa penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri mempunyai mortalitas tertinggi (20-30% pada orang dewasa, 10% pada anak-anak) dan morbiditas sebesar 15%. (*)

Baca Juga: Iringan Isak Tangis Mewarnai Prosesi Pemakaman Glenn Fredly, Para Pelayat Kompak MenyanyikanLagu Asal Maluku

Editor : Alfa