Akibat Habitatnya Teracam, Anak Anjing Laut Dari Kutub Utara Ditemukan di Pesisir Pantai

Minggu, 19 Januari 2020 | 19:30
Facebook/Seal Rescue Ireland

Akibat Habitatnya Teracam, Anak Anjing Laut ini Ditemukan di Irlandia

WIKEN.ID -Seekor anjing laut bercincin dari Kutub Utara yang langka berhasil diselamatkan dari sebuah pantai di Irlandia.

Segel yang menggemaskan itu pertama kali ditemukan di dekat Kerry, Irlandia pada 12 hari yang lalu.

Penemuan itu diyakini sebagai pertama kalinya spesies hewan itu terlihat di Irlandia.

Baca Juga: Di Saat Orang Berpesta Merayakan Tahun Baru, Anak Anjing Laut ini Terjebak di antara Bebatuan di Pulau Terpencil

Hewan yang diberi nama Cloudberry, diambil dari nama bunga arktik, telah diambil oleh kelompok kesejahteraan anjing laut setelah bermunculan lagi pada hari Minggu di Quilty, County Clare, diduga setelah berenang setidaknya 100 km.

Seal Rescue Ireland mengatakan mereka tidak berharap hewan itu akan selamat dari badai Brendan, yang menghantam Pantai Barat.

Hal itu terlihat dari keadaannya yang sangat lemah setelah pengerahan tenaga untuk menyelamatkan diri dan tidak memiliki siapa-siapa.

Baca Juga: Dibidik oleh Fotografer, Anjing Laut Ini Malah Pamerkan Pose Terbaiknya Seolah Menyapa Kamera, Gemas!

Memperhatikan bahwa anak anjing laut itu mungkin masih belum berhasil menyelamatkan diri, badan amal itu berharap untuk menyelamatkannya kembali pada tanggal 2 Januari.

Tetapi dia jauh lebih kuat dan sangat agresif dan menghilang sebelum penyelamatan dapat dilakukan.

“Dalam satu setengah minggu sejak itu dia telah kehilangan kondisi dan kekuatan dan menjadi dehidrasi, jadi penyelamatannya jauh lebih mudah kali ini,” ucapnya.

Baca Juga: Di Pulau ini, Populasi Anjing Laut Abu-abu yang Langka Justru Meningkat Pesat

“Dia tiba di pusat kami sekitar jam 11 malam pada hari Minggu dan diberi cairan dan diizinkan beristirahat," ucap perwakilan dari badan amal itu.

Badan itu mengingatkan kita harus sangat berhati-hati dengan anjing laut kecil ini, karena anjing laut bercincin diketahui menjadi sangat mudah tertekan ketika ditangani, dan bisa kepanasan lalu tiba-tiba mati (dikenal sebagai Capture Myopathy).

Usia pasti anak anjing laut ini tidak diketahui, sebagian karena badan amal tidak pernah menemukan segel bercincin sebelumnya.

Baca Juga: Video Kisah Dua Polisi yang Rela Hampir Digigit Demi Selamatkan Anjing Laut yang Terlilit Jaring Ikan

Tetapi setelah meminta bantuan Alaska Sea Life Centre dan pusat rehabilitasi dan penelitian anjing laut dekat Groningen, di utara Belanda mereka memperkirakan bahwa ia berusia sekitar empat hingga lima minggu.

Hal itu mengingat bahwa anak anjing laut itu memiliki panjang 60cm, 9kg dan masih memiliki kulit putih mantel, meskipun dia bisa apa saja hingga sekitar 10 bulan.

Baca Juga: Bertemu Anjing Laut Saat Menyelam, Video Ini Tunjukkan Apa yang Dilakukan Hewan Itu Pada Penyelam!

Hari ini, anak anjing laut akan menjalani sejumlah tes untuk menentukan masalah medis yang mungkin ia miliki.

Badan amal itu menceritakan, hewan itu pertama kali ditemukan oleh Joe dan Sonia Walsh, yang membawanya ke Burren Vets.

"Pemeriksaan awal kami menunjukkan bahwa ia memiliki beberapa kemacetan di salah satu paru-parunya, yang semoga tidak ada yang terlalu mengkhawatirkan, tetapi untungnya ia memiliki detak jantung yang sangat kuat," ucapnya.

Baca Juga: Unik! Video Anjing Laut Nyanyikan Lagu Twinkle Twinkle Little Star

Untuk saat ini badan amal itu akan membuat Cloudberry nyaman, terhidrasi dan menawarkan ikan dengan harapan hewan itu akan segera mulai makan.

"Kami benar-benar terpesona olehnya dan berdoa agar kondisinya mulai membaik. Tetapi kami juga sangat sadar bahwa dia lemah dan stres dan mungkin tidak selamat dari trauma yang dia alami," ucapnya.

Seal Rescue Ireland berharap bahwa mereka dapat melihat hewan itu lebih banyak di masa depan.

Baca Juga: Kisah Penyelamatan Rubah Arktik yang Dikira Anjing Laut, Ini Videonya Ketika Dilepas di Habitat Asli!

Dengan mencairnya es laut dan memanaskan suhu lautan, diperkirakan akan terjadi perubahakan ketika iklim bumi terus berubah.

Ini akan berdampak pada pola cuaca serta spesies laut yang bergantung pada cuaca itu, sehingga pengunjung yang tidak biasa ke Irlandia seperti Cloudberry kemungkinan tidak akan menjadi yang terakhir.

Baca Juga: Meskipun Hampir Digigit, Petugas Polisi Ini Selamatkan Anjing Laut yang Terperangkap Jaring

(Mega Khaerani)

Editor : Alfa