Perjuangan Panjang Ruben Onsu Angkat Betrand Peto Sebagai Anak, Tak Hanya Prosesi Adat Tetapi Ada Prasyarat yang Harus Dilalui

Sabtu, 11 Januari 2020 | 16:00
instagram.com/ruben_onsu

Ruben Onsu Khawatirkan Kondisi sang Anak Angkat Sampai Konsultasi ke Psikolog

WIKEN.ID - Ruben Onsu menikah dengan Sarwendah pada tahun 2012 dan telah dikaruniai dua orang putri, Thalia Putri Onsu dan Thania Putri Onsu.

Anggota keluarga mereka bertambah sejak kehadiran Betrand Peto yang diadopsi Ruben Onsu.

Betrand Peto (13) adalah penyanyi cilik asal Nusa Tenggara Timur yang tinggal di Cancer, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

Di kampung halamanya, Betrand Peto harus berjualan kue untuk menyambung hidupnya.

Baca Juga: Sedih dan Alami Kerugian Lantaran 30 Gerai Ayam Gepreknya Tutup karena Banjir, Ruben Onsu Lakukan Tindakan Mulia Ini untuk Pengungsi

Ia juga harus berjalan kaki sepanjang 5 Km untuk bisa menuntut ilmu.

Sarwendah mengaku merasa cocok dan ada feeling dengan Betrand Peto sehingga mengangkat sebagai anak.

Betrand Peto yang masih duduk di bangku SMP itu kini telah menjadi putra sulung Ruben Onsu dan Sarwendah.

Untuk mengangkat Betrand Peto sebagai anak, pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah harus melalui perjuangan.

Baca Juga: Curiga Sang Putra Lama di Kamar Mandi, Ruben Onsu Pergoki Betrand Peto Lakukan Hal Ini, Putra Sarwendah: Baru Mau Pemanasan

Pertama, Ruben Onsu dan Sarwendah Tan, harus pergi ke Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk membawa serta anak asuh mereka, Betrand Peto.

Kedatangan mereka bertiga ke NTT, tepatnya ke Ruteng, Manggarai, untuk menjalani prosesi adat pengangkatan Betrand sebagai anak.

Ruben Onsu bercerita, dia harus menyusuri jalan sepanjang 50 meter sambil menjalani ritual-ritual, hingga disambut oleh kepala desa di sana.

Ruben Onsu punya alasan tersendiri memilih tanggal 5 Oktober 2019 menjadi hari upacara adat untuk mengangkat Betrand menjadi putranya.

Baca Juga: Berkali-kali Jadi Malaikat Penolong, Kini Ruben Onsu Bantu Wujudkan Mimpi Vicky Belikan Kursi Roda untuk Sang Kakek!

Ruben Onsu mengatakan, tanggal 5 memiliki makna khusus bagi dia dan Wendah. Sebab, dua putrinya lahir di tanggal 5.

"Tanggal baik, hari baik dan semua ada perhitungannya. Saya sama kayak semua anak saya lahir di tanggal 5, Thalia, Thania tanggal 5, Betrand pun tanggal 5, kemarin tanggal 5 berangkatnya," kata Ruben Onsu yang dikutip dari Kompas.com.

Ruben Onsu melanjutkan, tanggal 5 Oktober 2019 menjadi tanggal kelahiran Betrand Peto.

Ruben Onsu pun akhirnya resmi menjadi orangtua asuh yang sah atas Betrand Peto.

Baca Juga: Geram Namanya Ikut Terseret Kasus Vanessa Angel, Ruben Onsu Sebut: Lo Bermasalah Gue yang Dicari!

Hal pernah diungkapkan Minola Sebayang, kuasa hukum Ruben dalam tayangan Cuap Cuap Sore di kanal Youtube MOP Channel.

"Jadi hakim sudah membacakan penetapan permohonan kita dikabulkan seluruhnya. Jadi Ruben Onsu adalah orangtua asuh dari Betrand," kata Minola.

Setelah permohonan hak asuh anak atas Betrand dikabulkan, Ruben Onsu masih harus melewati beberapa tahapan, yakni mencatatkan putusan tersebut ke kantor Catatan Sipil Jaksel dan ke Catatan Dinas Sosial.

Ruben Onsu mengajukan permohonan hak asuh itu pada 9 September 2019 lalu, dan dikabulkan oleh majelis hakim pada 15 Oktober 2019 lalu.

Baca Juga: Resmi Tinggal Bersama Keluarga Onsu, Betrand Peto Ungkap Tiap Pagi Dipaksa Ruben Onsu Lakukan Hal Ini, Ternyata Ada Tujuannya

Ternyata, dalam proses ini banyak perjuangan yang dilakukan oleh Ruben Onsu.

Proses hukum terhadap pengangkatan Betrand Peto sebagai anak oleh Ruben Onsu dan Sarwendah rupanya panjang prosesnya.

Ruben Onsu baru saja menjalani tes kejiwaan sebagai syarat untuk mengadopsi Betrand Peto.

Saat jalani tes kejiwaan, Ruben Onsu diberikan 500 pertanyaan.

Menghadapi itu, Ruben Onsu mengaku cukup terkejut.

Baca Juga: Sering Dapat Komentar Negatif dari Warganet, Ruben Onsu Mengaku Sakit Hati, 'Sangat Amat Mempermalukan Keluarga Kami'

"Nggak menyangka kalau sampai 500 pertanyaan. Kenapa saya bilang enggak menyangka, ya kan dibilangnya cuma tes, berapa jumlah pertanyaannya saya nggak tahu," kata Ruben Onsu saat ditemui Grid.ID di kawasan Tendean, Jakarta Selatan pada Jumat (10/1/2020).

"Makanya kan gue bilang, prosesnya panjang (angkat Betrand Peto sebagai anak) yang gue enggak cerita juga buat kalian. Kemarin gue cerita keceplosan saja," ucap Ruben Onsu.

Mulai dari prosedural secara hukum hingga kejiwaan harus ia lakoni.

Ruben Onsu mengaku harus mengajukan beberapa persyaratan administrasi ke pengadilan.

Baca Juga: Pernah Pacaran dengan Vanessa Angel, Ruben Onsu Dibongkar Aibnya oleh Sang Mantan Saat Selingkuh dengan Penyanyi Dangdut Berusia 14 Tahun

Lalu, Ruben dan Sarwendah harus menemui psikolog untuk menjalani tes kejiwaan.

"Karena yang ada di otak gue hanya Betrand, Thalia, Thania, ya, untungnya gue menjawab semua pertanyaan itu. Gue melewatinya dengan baik, baik gue atau Sarwendah," sambungnya.

Bahkan, lantaran prosesnya yang tak sederhana itu, Ruben Onsu mengatakan istrinya sudah merasa begitu memiliki dengan Betrand.

"Makanya Wendah itu yang pernah menulis, 'saya tidak melahirkan dia (Betrand Peto), tetapi saya seperti melahirkan dia," ucap Ruben Onsu. (*)

Baca Juga: Sambil Elus Pipi Sarwendah, Betrand Peto Ungkap Sang Ibu Pernah Alami Luka Lepuh di Wajahnya karena Lakukan Ini Untuknya, Ruben Onsu Sampai Kaget

Editor : Alfa