Heboh Video Betrand Peto Hampir Pegang Payudara Sarwendah, Psikolog Akhirnya Angkat Bicara, Berikan Edukasi Seks Sejak Dini!

Sabtu, 14 Desember 2019 | 16:30
Instagram Betrand Peto

Betrand dan Sarwendah

WIKEN.ID -Keakraban Sarwendah dengan putra angkatnya Betrand Peto terlihat layaknya pasangan ibu dan anak kandung.

Namun, kedekatan Betrand Peto dan Sarwendah beberapa kali justru mendapat nyinyiran dari netizen.

Gerah putranya dapat tanggapan negatif, Ruben Onsu pun akhirnya angkat suara menanggapi nyinyiran netizen.

Seperti yang banyak beredar, Betrand Peto memang terlihat menyanyangi Sarwendah.

Baca Juga: Pernikahannya Hanya Bertahan 4 Bulan, Intip Sosok Kedua Anak Penyanyi Cantik Satu Ini, Mirip Raffi Ahmad Jaman Lawas?

Baca Juga: Ngaku Gunakan Susuk di Tubuhnya Agar Kebal Terima Pukulan, Kini Tampilan Aktor Tampan Ini Berubah Drastis Hingga Dipanggil Ustadz!

Betrand terlihat sering memeluk dan mencium ibu angkatnya itu.

Menurut Ruben, Betrand memang kerap menunjukkan kasih sayangnya kepada orangtua angkatnya itu dengan berpelukan.

"Itu yang saya bilang, pelukan-pelukan yang dilakukan oleh anak itu, kalau kita melihat dari sisi positifnya itu pasti kalian akan tahu seperti apa anak ini," kata Ruben.

Baca Juga: Mantan Suami Yuni Shara Ngamuk Tak Terima Dikatain Hingga Mau Gampar Krisdayanti, Selamat Gara-gara Hal Ini!

Ruben juga memberikan tanggapan terkait video dan foto tak pantas tentang putra angkatnya itu, yang tersebar di media sosial.

"Saya juga lihat kok gambar-gambar yang kurang pantas sebenernya, tapi ya it's oke," ucap Ruben.

"Saya hanya punya mulut satu, Sarwendah satu. Tangan kami cuma dua. Jadi, kami tidak bisa menutup (mulut) mereka semua dengan tangan kami," kata Ruben menegaskan.

Dilansir WIKEN.ID dari Kompas.com, Astrid mengatakan ada beberapa kemungkinan sikap Betrand Peto itu timbul karena ketidaksengajaan.

Baca Juga: Merenggut Nyawa Ani Yudhoyono hingga Suami Ririn Ekawati, Teknik Dry Cleaning Ternyata Bisa Jadi Penyebab Leukimia!

Baca Juga: Doyan Mabok Hingga Main Judi di Usia yang Tak Muda Lagi, Penyanyi Rock Lawas Ini Mantap Tobat dan Mulai Kenal Sholat Lewat sang Cucu: Betapa Berartinya Ini Sekarang!

Ia juga tak bisa serta merta mengatakan bahwa sikap Betrand Peto tersebut adalah sebuah kesalahan.

Pasalnya, bila menilik dari latar belakang masa lalu yang dialami Betrand Peto, ada kemungkinan anak Ruben Onsu ini tidak pernah mendapatkan edukasi seks sejak dini.

Bukan sedukasi tentang hubungan seks secara harfiah namun perbedaan gender secara mendasar yang harusnya diajarkan sejak usia 1,5 tahun menuju 2 tahun.

“Tidak bisa ditentukan apakah intensional (disengaja) atau tidak, tidak bisa di-judge.

Baca Juga: Meski Kini Hidup Bahagia dengan Marissa Haque, Saking Dekatnya dengan Penyanyi Rock Cantik Satu Ini, Ikang Fawzi Sampai Buatkan Rumah!

Tapi kalau dari ceritanya, dia (Betrand) yang tidak pernah dapat ASI sebelumnya dan lain-lain mengingatkan kita akan pentingnya edukasi seks sejak dini,” tutur Astrid kepada Kompas.com, Rabu (11/12/2019).

Menurut Astrid, pendidikan edukasi seks itu harusnya dimulai sejak anak-anak masih berusia golden age dan bukan dimulai saat remaja.

“Edukasi seks itu harus diajarkan mulai usia 1,5 menuju 2 tahun. Bukan diajarkan tentang berhubungan seks ya, tapi hal mendasar yaitu gender,” lanjutnya.

Baca Juga: Rumah Tangganya Hanya Bertahan 2 Tahun Setelah 'Disepuluhin', Artis Cantik Ini Justru dapat Peringatan Melaney: Sudah Saya Lepeh, Malah Diambil!

Baca Juga: Pernikahan Sirinya Terkuak, Kini Heboh Ayu Ting Ting 'Ditidurin' Ivan Gunawan, Igun Kok Malah Kasihan?

Namun dalam kasus seperti Betrand Peto seperti ini, Astrid mengatakan perlu adanya peran kedua orang tua angkat untuk menentukan batasan fisik dan mengajarkan cara pemberian kasih sayang yang benar.

"Jika kasusnya anak asuh apalagi yang sudah remaja, perlu dibantu dengan edukasi atau pengajaran.

Supaya tidak terjadi miskomunikasi. Ibu berhak menentukan batasan fisik, dan mengajarkan bahwa 'cara pemberian kasih sayang di keluarga ini berbeda dengan keluargamu sebelumnya',” papar Astrid.

Baca Juga: Kini Betah Sendiri Usai 5 Tahun Jadi Janda, Nia Daniaty Kini Dijodohkan dengan Hotman Paris, Trauma Pernah Menikah dengan Farhat Abbas?

Terkait Sarwendah yang menepis tangan anak angkatnya, berdasarkan pengamatan Astrid sikap istri Ruben Onsu sudah melakukan hal benar.

Menururt Astrid sikap Sarwendah tersebut adalah mekanisme refleks pertahanan diri yang tak bisa dicegah dan wajar.

Pasalnya, sudah insting manusia terlebih wanita untuk memberi batasan pada area personal.

Baca Juga: Dulu Heboh Video Syur dirinya dengan Ariel NOAH Hingga Kasus Perceraiannya, Kini Artis Cantik Ini Kembali Sukses Taklukan Aktor Tampan, Malu-malu Cium Tangan!

Baca Juga: Jadi 'Malaikat' Penolong dan Mampu Kabulkan Mimpi Anak Ini Miliki Sepatu Sekolah, Ruben Onsu: Kak Bensu Bisa Wujudkan Semua Itu!

"Itu sudah benar, kalau saya lihat di videonya, Sarwendah itu refleks menepis (tangan anaknya). Itu merupakan mekanisme pertahanan diri, penanda batasan area personal kita,” tutur Astrid seperti yang dikutip Sosok.ID dari Kompas.com.

Astrid melihat reaksi Sarwendah menepis tangan Betrand Peto adalah hal yang wajar dan refleks.

Jika tidak begitu, lanjut ia, bisa jadi Sarwendah memiliki trauma akan sentuhan fisik atau kejadian yang tidak umum sebelumnya.

“Aku lihat cara Sarwendah menepis masih wajar. Ibu memang sangat berhak disentuh oleh anaknya.

Baca Juga: Tinggalkan Pakaian Seksi, Sarwendah Ungkap Sang Suami yang Bikin Hatinya Tergugah, Alasannya Bikin Hati Bergetar!

Namun jika sentuhan itu dirasa berlebihan oleh ibu, ibu berhak memberitahu anaknya,” lanjutnya.

Dalam hubungan ibu dan anak memang harus ada kontak fisik untuk membuktikan kasih sayang, namun penting juga bagi seorang ibu untuk memberi batasan kepada sang anak.

Astrid mengatakan dari sisi ibu sendiri, penting untuk mengatakan bahwa ‘mama sayang sama kamu, tapi mama kurang nyaman jika disentuh seperti ini’.

Baca Juga: Rumah Tangganya Hanya Bertahan 4 Bulan, Suami Penyanyi Lawas Ini Akirnya Terkuak Siapa Sosoknya, Kini Lenyap Bak Ditelan Bumi!

Baca Juga: Heboh ART Sandra Dewi Putuskan Mundur dan Tak Mau Lagi Mengurus Raphael dan Mikhael, Terkuak Alasannya Bikin Geleng Kepala!

Kemudian, menunjukkan cara sentuhan yang nyaman untuk ibu misal dengan menggengam tangan.

Edukasi seperti ini akan berpengaruh terhadap relasi pertemanan dan percintaan si anak di masa mendatang.

“Cara kita memberikan batasan juga akan dicontoh oleh anak, dalam relasi pertemanan atau dengan lawan jenisnya,” tutup Astrid.(*)

Baca Juga: Ngaku Punya 3 Istri Hingga Mantap Nikahi Pramugari Cantik yang Umurnya Setengah dari Dirinya, Pak Tarno: Saya Malu Disangka Playboy!

Editor : Amel