Pernikahannya Juga Kandas Seperti Ustadz Abdul Somad, Kiai Kondang Ini Cerai Lantaran Poligami dan Berakhir Rujuk Kembali dengan Istri Pertama Demi Dakwah

Jumat, 06 Desember 2019 | 10:30
dok. @ustadzabdulsomad

Ustadz Abdul Somad

WIKEN.ID-Kabar perceraian Ustadz Abdul Somad (UAS) dan sang istri, Mellya Juniarti, membuat publik heboh.

Gugatan cerai dari ustadz kondang itu disebut telah dikabulkan oleh Pengadilan Agama Bangkinang, Provinsi Riau, Selasa (3/12/2019).

Diketahui, pengadilan memberikan waktu 14 hari bagi kedua pihak masih untuk melakukan langkah hukum.

Baik langkah hukum terkait harta gono gini maupun banding.

Perkara permohonan cerai talak yang diajukan UAS sebenarnya sudah masuk sejak Juli 2019.

Perkara perceraian dai kondang ini teregistrasi dengan nomor perkara 604/Pdt.G/2019/PA.Bkn.

Bahkan perkara ini telah melalui proses sidang sebanyak 11 kali, termasuk proses mediasi.

Baca Juga: Selamatkan Hidup Anjing Malang dengan Kudis Parah dan Tubuh Dehidrasi, Wanita Ini Terkejut dengan Perubahan Hewan Itu Setelah Dirawat

Humas PA Bangkinang, Mulyas SAg menuturkan, pengajuan permohonan perkara tersebut ke PA Bangkinang berdasarkan istri yang berada di Bangkinang, Riau.

"Karena keberadaan istri pemohon di Bangkinang, makanya permohonan perkara di ajukan di PN Bangkinang," ungkapnya.

Ia mengatakan, berdasarkan aturan PA Bangkinang memproses setiap permohonan yang masuk.

Ternyata perceraian dai kondang Ustadz Abdul Somad ini bukan yang pertama kali menyita perhatian publik.

Beberapa tahun lalu publik juga sempat dihebohkan dengan perceraian Aa Gym dengan sang istri yang akrab disapa Teh Ninih.

Baca Juga: Miliki Anjing dan Kucing Hingga 17 Ekor Jumlahnya, Wanita Ini Tantang Diri Sendiri untuk Memotret Semua Peliharaannya dalam Satu FrameBaca Juga: Miliki Anjing dan Kucing Hingga 17 Ekor Jumlahnya, Wanita Ini Tantang Diri Sendiri untuk Memotret Semua Peliharaannya dalam Satu Frame

Kolase tribunnews

Teh Ninih, Aa Gym, Teh Rini

Dilansir dari tribunnews, hubungan suami istri antara kiai kondang H Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym dan Ninih Mutaminah alias Teh Ninih berakhir pada tahun 2011.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Agama (PA) Bandung H Acep Saifuddin SH telah mengabulkan permohonan cerai Aa Gym terhadap istri pertamanya itu pada sidang perceraian yang dilangsungkan di PA Bandung, Jalan Terusan Jakarta, Selasa (21/6/2011).

Dalam amar putusannya, ketua majelis hakim menilai rumah tangga Aa Gym dengan Teh Ninih sudah tidak harmonis sehingga tidak mungkin diselamatkan lagi.

Baca Juga: Gara-gara Tagihan Puluhan Juta, Inul Daratista Sampai Pisah Ranjang dengan Adam Suseno: Ribut Dua Hari Dua Malam!

"Majelis hakim menilai rumah tangga pemohon dan termohon tidak dapat diselamatkan sehingga permohonan termohon kami kabulkan," kata Acep Saifuddin.

Dalam amar putusannya, ketua majelis hakim menilai rumah tangga Aa Gym dengan Teh Ninih sudah tidak harmonis sehingga tidak mungkin diselamatkan lagi.

"Majelis hakim menilai rumah tangga pemohon dan termohon tidak dapat diselamatkan sehingga permohonan termohon kami kabulkan," kata Acep Saifuddin.

Atas putusan ini, majelis hakim memberikan waktu kepada kedua pihak untuk berpikir ulang selama 14 hari ke depan.

Baca Juga: Dikunjungi Mantan Puteri Indonesia di Rumahnya, Fairuz Tertangkap Basah Lakukan Kesalahan Memperlakukan Bayinya

"Namun, nanti pada setelah 14 hari, diharapkan kedua pihak hadir secara prinsipil," kata Acep.

Dalam pembacaan putusan tersebut, baik Aa Gym maupun Teh Ninih tidak muncul di ruang persidangan.

Mereka masing-masing diwakili pengacaranya, yaitu Jaenal SH MH dan Iwan Setiawan SH.

Kedua kuasa hukum menerima putusan hakim ini.

Seperti diberitakan pemimpin Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) itu melayangkan permohonan perceraian pada medio Maret lalu.

Aa Gym sendiri menikahi Teh Ninih pada 1987.

Baca Juga: Sering Dipuji Cantik dan Awet Muda, Nia Ramadhani Malah Dibilang Kebanting Ketika Berfoto dengan Perempuan Ini

Dari pernikahannya dengan Teh Ninih, Aa Gym dikaruniai tujuh anak, yakni Ghaida Tsuraya, Muhammad Ghazi Al-Ghifari, Ghina Raudhatul Jannah, Ghaitsa Zahira Shofa, Ghefira Nur Fatimah, Ghaza Muhammad Al-Ghazali, dan Gheriya Rahima.

Pada November 2006, Aa Gym menikahi seorang janda beranak tiga, Alfarini Eridani atau Teh Rini, dan dikaruniai satu orang putra.

Pernikahan kedua inilah yang dituding menjadi awal keretakan rumah tangga Aa Gym dan Teh Ninih hingga berakhir di ruang sidang.

Namun keduanya kembali bersatu pada tahun 2012.

Baca Juga: Usai Ditangkap, Pelaku Pelecehan Seksual Wanita yang Sedang Berjalan Kaki Ungkap Alasannya, Aksinya Terekam Video CCTV 3 Bulan Lalu

Bahkan dilansir dari tribunnews.com, Teh Rini mengaku senang ketika suaminya kembali menikahi mantan istri pertamanya yaitu Hj Mutmainah alias Teh Ninih.

"Biasa aja seneng malah. Alhamdulilah Aa bisa balik lagi sama Teteh," ujar Teh Rini, Rabu (14/3/2012) di Griya Loka, BSD Tanggerang.

Perempuan bernama lengkap Alfarini Eridani ini mengatakan suaminya mengatakan niatnya akan men menikahi lagi Teh Ninih sekitar tiga bulan lalu.

Begitu mendengar niatan ini Teh Rini pun mengiyakan.

Bagaimana cara Aa Gym meminta izin kepadanya?

Baca Juga: Resmi Bercerai, Ustadz Abdul Somad Ternyata Pernah Sebut Istrinya Harus Siap Jadi Wanita Kedua Setelah Sosok Ini, UAS: Nanti Kau Jadi yang Kedua

"Minta izinya yah biasa aja nggak ada yang istimewa cuman bilang bahwa "Aa mau rujuk ma Teteh Ninih. Terus aku bilang " nggak papa bagus'," beber Teh Rini sambil tersenyum.

Lantas, apa yang membuat Rini memotivasi Aa Gym kembali menjadikan Teh Ninih menjadi istrinya lagi?

Menurut Teh Rini, tujuannya tak lain memberikan semangat kembali kepada Aa Gym didalam berdakwah.

Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym semula menikahi Ninih Muthmainnah alias Teteh Ninih.

Karena Aa Gym berpoligami dengan Elfarini Eridani alias Teh Rini, Teh Ninih resmi cerai dengan Aa Gym, Juni 2011.(*)

Editor : Agnes

Baca Lainnya