Tak Berkabung, Di Afrika Kematian Justru Dirayakan dengan Pesta Pora Hingga Habiskan Biaya Ratusan Juta

Minggu, 03 November 2019 | 11:40
New York Times

Keluarga mengundang pelayat untuk pesta sebelum pemakaman dimulai.

WIKEN.ID -Pada umumnya, kepergian atau kematian orang yang dicintai merupakan kesedihan.

Namun, ada hal yang berbeda di Ghana, Afrika Barat, mereka tidak sedih dengan kematian.

Karena orang Ghana percaya bahwa kematian adalah sebagian kehidupan manusia, bahkan hal yang paling penting.

Penduduk setempat percaya bahwa almarhum akan melihat leluhurnya di dunia lain, dan kehidupan mereka selanjutnya akan menjadi reinkarnasi.

Baca Juga: Istri Artis Tampan Ini Terpaksa Lahirkan Anak saat Usia Kandungan 5 Bulan, Adiezty: Nyesek ASInya Netes!

Baca Juga: Gadaikan Cinta Anang Hermansyah, Krisdayanti Merasa Ditipu Habis-habisan Raul Lemos: Ngaku Seorang Duda, Saya Berhubungan dengan Suami Orang!

Karena itu siapapun di komunitas Ghana selalu membuat pemakaman yang bermartabat, dan karena itu Ghana juga dikenal sebagai "Ibukota pemakaman dunia."

Menurut New York Times setelah kematian, anggota keluarga tidak langsung melaporkan berita kematian, tetapi mereka berkomunikasi dengan keluarga almarhum.

Kemudian mereka baru membuat berita ke seluruh suku, tapi menghindari pemberitaan "kematian" secara langsung, diganti dengan metafor seperti, "perpisahan dengan makanan." atau lainnya.

Baca Juga: Pernah Botak Hingga Jago Akting dan Seni Tari, Intip 5 Fakta Menarik Putri Cantik Kak Seto, Bikin Geleng Kepala!

Baca Juga: Ngaku Punya Berlian 30 Karat, Galih Ginanjar Berhasil Lamar Barbie Kumalasari Hanya dengan Modal 'Benda' Ini: Lebih Gede!

Kemudian, mereka akan mengatur hari dengan baik dan biasanya pemakaman akan dilangsungkan pada akhir pekan, Sabtu atau Minggu.

Misalnya di Accra, ibukota Ghana, saat pemakaman gereja atau taman akan ramai apada akhir pekan, mereka para pelayat mengenakan pakaian hitam dan merah, dan merayakannya dengan sukacita.

Baca Juga: Usai Besuk Galih Ginanjar, Barbie Kumalasari Blak-blakan Prihal Ruang Khusus Higga Bilik Asmara: Kalo Ada Boleh Juga

Baca Juga: Galih Ginanjar di Penjara, Barbie Kumalasari Sebut Suami Sirihnya Kurang Manly, Pakar Eskpresi: Ini Melecehkan!

New York Times
New York Times

Pemakaman di Ghana berlangsung mewah seperti pesta.

Acara ini juga dijadikan sebagai pertemuan keluarga, dan pengaturan pesta ini adalah sebuah proyek besar.

Keluarga yang berduka juga mengiklankan pemakaman di papan besar, dengan harga yang tak murah.

Menurut funeralguide, pemakaman di Ghana bisa menghabiskan uang sekitar 16.000 pound atau sekitar Rp200 jutaan.

Jumlah yang luar biasa hanya untuk prosesi kematian, pejabat, pemimpin agama sebenarnya telah memohon pada warga Ghana untuk menginvestasikan uangnya untuk hidup daripada mati.

Baca Juga: Arsy Hermansyah Nangis Kejer Setelah Lihat Millen Cyrus, Ashanty Justru Sebut: Kamu Tuh Jelek!

Baca Juga: 2 Kali Jadi Janda Artis Tampan, Aktris Cantik Ini Hadir Sudah Miliki Anak Bayi Perempuan, Terkuak Suaminya Bukan Orang Sembarangan!

Namun, ritual pemakaman mewah adalah sesuatu yang populer di Ghana.

Kemudian saat pesta digelar, akan ada makanan, minuman, musik, nyanyian, tarian dan penari tradisional, hingga DJ.

Para pelayat juga diharapkan untuk berdansa pada acara ini, suasana riuh dan ketika acara puncak tiba yaitu pemakaman, peti mati yang mewah diangkat oleh kelompok khusus.

Baca Juga: Hanya Untuk Kesenangan Seksualnya, Bocah 14 Tahun Ini Nekat Masukan Jarum ke Dalam Alat Kelaminnya, Terkuak Begini Video Kronologinya!

Baca Juga: Andhika Pratama Sukses Rebut Artis Cantik Ini dari Kekasihnya Dulu, Terkuak Ini Sosok Sang Mantan: Eh Jangan, Udah Hijrah!

New York Times
New York Times

Anak-anak ikut berjoget pada saat ritual dilaksanakan.

Mereka adalah orang-orang yang melakukan tarian sambil membawa peti mati jenazah.

Saat penari itu mulai menari, seringkali penonti antusias dan serempak memberikan penghormatan terakhir pada orang yang dicintai.

Namun, ada catatan khusus bahwa sebelum pemakaman dilangsungkan pemimpin suku akan membentuk komite pemakaman.

Dia meninjau urusan kredit dan hutang almarhum selama hidupnya, dan diharapkan alamrhum sudah menyelesaikan semua urusan sebelum dimakamkan.

Baca Juga: Meski Sempat Bungkam, Young Lex Blak-blakan Akui Sang Pacar Hamil Duluan Justru Bikin Dirinya Bersyukur: Ya Gua Seneng!

Baca Juga: Uya Kuya Sukses Bongkar Hubungan Barbie Kumalasari Bersama Farhat Abbas Lewat Pakar Ekspresi, Pernah Pacaran?

Artikel ini pernah tayang di Intisari Online dengan judul Bukan Berkabung, di Ghana Kematian Justru Dirayakan dengan Pesta Pora, Bahkan Sampai Habiskan Biaya Ratusan Juta

Editor : Amel