Hampir 90 Persen Orang Tak menyadarinya, Tanda di Bawah Botol Ini Bisa Menentukan Kesehatan Kita, Loh!

Minggu, 20 Oktober 2019 | 20:00
Tribunnews

Hampir 90 Persen Orang Tak menyadarinya, Tanda di Bawah Botol Ini Bisa Menentukan Kesehatan Kita, Loh!

WIKEN.ID -Tak sedikit orang yang menggunakan kembali botol plastik saat membeli minuman.

Siapa sangka, ternyata tidak semua botol bisa sembarang kita gunakan, loh.

Hal tersebut karena sebagian botol plastik diciptakan untuk sekali pakai.

Baca Juga: Presenter Kondang Rela Denda Rp 300 Juta Demi Temui Anak dan Istrinya, Sarwendah: Suamiku Bukan Laki-laki Lembek!

Bahkan, apabila Anda salah menggunakannya bukan tidak mungkin, bisa megancam nyawa Anda.

Seperti kisah seorang gadis 12 tahun asal Uni Emirat Arab yang berakhir dengan kanker, karena menggunakan botol air mineral berulang kali.

Alasan utamanya adalah botol air sebagian mengandung bahan beracun jika digunakan terlalu sering dan bisa menimbulkan kanker.

Botol air mineral biasa atau botol soda plastik ketika digunakan pada suhu mencapai 70 derajat C akan dengan mudah rusak dan melepaskan zat beracun.

Baca Juga: Mantap Tinggalkan Pakaian Seksi, Artis Cantik Ini Sebut Sang Suami yang Jadi Pemicunya: Pake Deh Malu Dilihat Mbaknya!

Baca Juga: Sebelum Mantap Menikah dengan Anak Presiden, Intip Potret Jadul Selvi Ananda, Cantikan Dulu atau Sekarang?

Namun, untuk mengatasi hal itu Anda wajib mengetahui tanda segitiga untuk memahami kandungan botol plastik yang Anda gunakan.

Feedy TV
Feedy TV

Tanda ini sangat penting bagi Anda.

Baca Juga: Istri Presenter Tampan Ini Ngamuk Usai Pergoki Suaminya Asyik Bermesraan dengan Adik Baby Margaretha: Kita Tuh Sudah Menikah!

Angka 1 berarti PET (plastik polietilen tereftalat)

Botol plastik untuk minuman ketika digunakan kembali dengan air panas lebih dari 70 derajat Celcius, botol tidak hanya cacat tetapi juga melepaskan zat berbahaya bagi kesehatan.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa produk plastik ini, jika digunakan selama lebih dari 10 bulan, dapat menghasilkan karsinogen.

Angka 2 berarti HDPE (kepadatan polietilen tinggi)

Botol plastik ini tahan panas hingga 110 derajat Celcius, sering digunakan untuk makanan, shower gel, atau barang dengan kemurnian tinggi.

Saat digunakan kembali, harus diperhatikan, karena plastik ini sulit dibersihkan, zat yang tersisa mudah menjadi bakteri.

Baca Juga: Akhirnya Terkuak Penyebab Meninggalnya Penyanyi Lawas Ini, Asam Lambung Hingga Kanker, Cegah dengan Konsumsi Buah 'Ajaib'

Baca Juga: Penyakit Sinusitis Hilang Seketika Hanya dengan Gantungkan Tanaman Ini di Kamar Mandi, Berani Coba?

Angka 3 PVC

PVC sering ditemukan di jas hujan normal, bahan konstruksi, barang plastik, meskipun memiliki plastisitas yang baik, harga murah tetapi biasanya hanya dapat digunakan hingga 81 derajat Celcius.

Plastik ini dapat dilepaskan sangat banyak zat pada suhu tinggi, sehingga jarang digunakan sebagai kemasan produk, dan juga sangat sulit untuk dibersihkan dan tidak dapat digunakan kembali.

Baca Juga: 6 Tahun Jadi Janda, Roy Kiyoshi Ungkap 3 Hari Lagi Presenter Cantik Ini Siap Langsungkan Pernikahannya di Belanda dengan Pria Tampan

Baca Juga: Denny Cagur Beberkan Bagaimana Cara Roy Kiyoshi Mengirim Guna-guna: Di Kepalanya Ada Lakban, Ya?

Angka 4 adalah LDPE (kepadatan polietilen rendah)

LDPE cukup umum di kotak mie. Produk yang mengandung zat ini tidak akan bisa panas dalam microwave, hindari suhu tinggi karena akan melepaskan bahan kimia.

Seharusnya tidak mengemas makanan cepat saji dalam suhu tinggi jika tidak menggunakan microwave untuk memasak mie instan.

Angka 5 PP (Plastic Polypropylene)

PP biasanya di tutup atau di bawah cangkir kopi, botol susu biasa, yogurt atau botol jus.

Zat ini biasanya tahan terhadap suhu 167 derajat Celcius, sehingga dapat digunakan kembali.

Namun, perlu dicatat bahwa ada beberapa kotak makanan, bagian bawahnya berbentuk segitiga dengan angka 5 tetapi pada tutupnya tidak. 1. No.1 adalah PET, zat ini tidak tahan suhu tinggi.

Baca Juga: Tak Hanya Cuci Kulkas, ART Artis Cantik Ini Justru Diam-diam Simpan Tanaman yang 'Dilarang': Kalau Tau Bunda, Habislah Saya!

Baca Juga: Saking Luasnya Rumah Sang Majikan, ART Artis Ini Sampai Cuci Kulkas di Pinggir Kolam Renang, Netizen: Kurang Kerjaan!

Angka 6 PS (Polystiren)

PS biasanya tersedia dalam kotak mie instan, kotak makanan cepat saji dan tahan panas dan dingin.

Meskipun tahan panas jangan memanaskannya ke dalam microwave karena bisa melepaskan bahan kimia.

Selain itu, tidak boleh digunakan dengan zat asam kuat, alkali kuat, karena akan memecah polystyrene yang berbahaya bagi tubuh.

Baca Juga: Dapat Teguran Keras KPAI Hingga Diusir Orang Tua, Penyanyi Dangdut Ini Sebut juga Dapat Sumpah Netizen Kanker Hingga Mati

Baca Juga: Anang Ngamuk Usai Aurel Beberkan Hubungannya Bersama Verrell, Ashanty Pertanyakan Peran Suaminya Sebagai Ayah

Angka 7 PC

PC sangat populer, terutama untuk membuat botol susu dan gelas sekali pakai. Jika botol plastik PC menggunakan BPA (Bisphenol A), sangat berbahaya bagi tubuh.

Untuk gelas plastik biasa, perhatikan untuk tidak menyimpan air panas.

Jika Anda perhatikan bahwa pada permukaan plastik, itu segera dibuang saja karena mungkin bakteri yang tidak bisa dilihat mata normal.

Artikel ini pernah tayang di Intisari Online dengan judul Hampir 90% Orang Tidak Mengetahui Artinya, Padahal Tanda Ini Bisa Menentukan Keselamatan Kita

Editor : Amel