Viral Video Ospek Jadi Ajang Perpeloncoan, Mahasiswi Sampai Disuruh Minum dan Ludahi Minuman yang Diestafet!

Jumat, 30 Agustus 2019 | 18:00
Twitter

Viral Video Ospek Jadi Ajang Perpeloncoan, Mahasiswi Sampai Disuruh Minum dan Ludahi Minuman yang Diestafet!

WIKEN.ID -Mahasiswa yang baru masuk dunia perkuliahan, biasanya dimulai dengan masa orientasi siswa yang biasa dikenal dengan nama Ospek.

Meski ospek dikenal sebagai sebuah perpeloncoan, namun kini sudah tak ada lagi.

Namu, sangat disayangkan masih ada senior kampus yang melakukan hal tersebut pada juniornya.

Baca Juga: Sebelum Putuskan Pindah Keyakinan Hingga Menikah dengan Anak Presiden, Intip Potret Jadul Selvi Ananda, Cantikan Dulu?

Sebuah video berisi kegiatan masa orientasi mahasiswa baru yang disebut terjadi di sebuah universitas viral di media sosial Twitter.

Beberapa video diunggah oleh salah satu akun dan mendapatkan tanggapan dari warganet lainnya. Salah satunya adalah video berdurasi 31 detik yang telah ditonton lebih dari 390.000 kali.

Hingga Jumat (30/8/2019), unggahan itu mendapatkan likes lebih dari 16.000, di-retweet sekitar 30.000 akun lain, dan 6.800 komentar memenuhi kolom balasan.

Baca Juga: 9 Tahun Pindah Keyakinan, Rumah Bernuansa New York Milik Rianti Cartwright Bagian Ruang Tamunya Justru Ada Benda Asal Yunani!

Pada video yang beredar itu, terlihat sejumlah mahasiswa mengenakan jas almamater berwarna kuning menaiki anak tangga dengan cara jalan jongkok dan membawakan tas seniornya.

Para senior yang mengenakan kaus warna biru gelap itu mengelilingi mahasiswa baru sambil tertawa.

Terlihat pula salah seorang yang mengenakan baju flanel bermotif kotak-kotak ingin membantu seorang mahasiswi membawakan tas yang dibawanya sambil berjalan jongkok.

Baca Juga: Agen CIA Interogasi Korbannya dengan Cara Murah dan Kejam, Bisa Sampai merusak Otak Hingga Kematian!

Akan tetapi, seorang mahasiswa berbaju biru gelap mencegahnya dan menghalaunya dengan kaki.

Sementara, pada video lain yang beredar, diduga di universitas yang sama, para mahasiswa duduk di dalam sebuah ruangan dan diberi air mineral gelas.

Para mahasiswa diminta minum kemudian mengeluarkannya kembali.

Selanjutnya, air mineral itu diberikan kepada mahasiswa yang duduk di sebelahnya.

Tindakan yang sama dilakukan dan kemudian minuman itu diestafet kepada mahasiswa lainnya.

Baca Juga: Shanty Pernah Kabur dari Rumah Hingga Ancam Minum Obat Sampai Kejang, Denny Cagur Justru: Sakit Iya Mati Kaga

Di universitas mana peristiwa ini terjadi?

Kompas.com melakukan penelusuran di media sosial berdasarkan informasi warganet.

Disebutkan, peristiwa ini terjadi di sebuah universitas di Ternate. Akan tetapi, nomor kontak yang dihubungi belum memberikan jawaban. Konfirmasi selanjutnya dilakukan ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti Ismunandar mengatakan, pihaknya telah menelusuri video tersebut.

Baca Juga: Meski Belum Dikaruniai Anak dari Zaskia Sungkar, Irwansyah Pilih Perdalam Agama di Usia Muda, Ternyata Hanya Gara-gara Takut Hal Ini!

Berdasarkan penelusuran Ristek Dikti, peristiwa itu terjadi di Universitas Khairun di Kota Ternate.

"Sudah saya cek ke kampusnya. Betul di Unkhair (Universitas Khairun)," kata Ismunandar saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/8/2019).

Menurut dia, para mahasiswa yang melakukan tindakan itu sudah meminta maaf.

Tindakan seperti yang terekam pada video, kata Ismunandar, telah melanggar aturan.

Baca Juga: Nahas! Remaja Ini Tewas Mengenaskan dengan Otak Digerogoti Ratusan Cacing Pita, Diduga Usai Mengonsumsi Daging Babi Setengah Matang

Ismunandar menegaskan, kegiatan orientasi mahasiswa baru yang dilakukan dengan cara seperi ini tidak boleh terjadi.

Menurut dia, saat ini pihak kampus telah turun tangan untuk menindaklanjuti peristiwa ini.

"Kampus Unkhair sudah menindaklanjuti sesuai aturan akademik yang berlaku," ujar Ismunandar.

Ismunandar menjelaskan, Kemenristek Dikti sebenarnya telah memberikan panduan terkait Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

"Demikian juga perguruan tinggi tidak diperbolehkan mengembangkan model pengenalan kampus sesuai dengan interpretasi masing-masing sehingga terjadi penyimpangan antara lain aktivitas perpeloncoan oleh senior, kekerasan fisik, dan atau psikis yang dapat berakhir dengan adanya korban jiwa. Tentu saja dapat menimbulkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan bagi mahasiswa baru, orangtua dan masyarakat pada umumnya," papar Ismunandar.(*)

Baca Juga: Usai Lakukan Hal Ini, Wajah Jessica Iskandar 'Rusak' Dipenuhi Bercak Merah, Sikap Richard Kyle Jadi Sorotan!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Viral Video Ospek Mahasiswa Jalan Jongkok dan Berbagi Air Minum, Ini Penelusuran Ristek Dikti

Editor : Amel

Baca Lainnya