Tak Hanya Punya Empati Tinggi, Gajah Juga Ternyata Punya Kemampuan Pecahkan Masalah, Video Ini Buktinya!

Jumat, 23 Agustus 2019 | 10:00
Ricky Martin

Gajah sedang makan rumput menggunakan belalainya.

WIKEN.ID - Sebuah video menampilkan tes yang dilakukan oleh tiga gajah Asia untuk membuktikan bahwa sekalian memiliki empati yang tinggi, gajah juga ternyata punya kemampuan memecahkan masalah.

Ilmuwan yang melakukan tes dalam video itu mengatakan bahwa gajah memiliki kemampuan memecahkan masalah menggunakaninsight.

Itu adalah momen ketika gajah seolah-olah berkata 'aha!' setelah menemukan solusi untuk sebuah teka-teki.

Sebelumnya, hanya sejumlah kecil spesies, termasuk primata, gagak, dan beo yang diketahui memiliki kemampuan ini.

Gajah telah gagal dalam tes lain untuk pemecahan masalah karena mereka diminta untuk menggunakan belalai, kata Preston Foerder, penulis utamapenelitian terbaru dan seorang mahasiswa pascasarjana dalam psikologi komparatif di City University of New York.

Sebagai contoh, Foerder pertama kali menguji apakah tiga gajah Asia (dua betina dan satu jantan) di Taman Zoologi Nasional Smithsonian di Washington, D.C., akan menggunakan tongkat yang ditempatkan tepat di luar kandang mereka untuk mengambil makanan yang jauh dari jangkauan koper mereka.

Baca Juga: Terperangkap di Tambang Emas Penuh Lumpur, Ini Video Penyelamatan Lima Ekor Gajah yang Melibatkan Alat Berat

"Mereka tidak kesulitan mendapatkan atau menggunakan tongkat," kata Foerder.

"Mereka menabrak mereka di dinding dan mainan; seseorang bahkan memasukkan tongkatnya ke pintu kandangnya," seolah-olah menggunakan linggis, "tetapi mereka tidak pernah menggunakan metode ini untuk mencoba mendapatkan makanan."

Saat itulah Foerder punya aha! momen miliknya sendiri.

Gajah tidak menggunakan tongkat untuk mendapatkan makanan karena mereka harus memegang tongkat dengan belalainya, yang sebenarnya merupakan tambahan untuk mencium bau dan makan.

Ketika seekor gajah diminta untuk memegang tongkat dengan belalainya untuk mendapatkan makanan, belalainya kehilangan fungsi penciuman utamanya, yang juga diperlukan untuk menemukan makanan.

"Itu akan seperti memiliki mata di telapak tangan Anda," kata Foerder, "dan kemudian diminta untuk memegang alat dan menemukan makanan. Anda tidak akan dapat melakukannya."

Jadi, alih-alih meminta gajah menggunakan tongkat untuk mencapai makanan, Foerder dan rekannya memberi tiga gajah yang sama benda yang kokoh dan dapat digerakkan — kubus plastik dan bak aluminium — yang bisa menopang kedua kaki depan mereka.

https://www.maxpixel.net/
MaxPixel's contributors

Kawanan Gajah Afrika

Baca Juga: Video Terpopuler, Seekor Gajah yang Dirantai dan Disiksa Selama 50 Tahun Hingga Arsy Hermansyah Nangis Kejer Ketakutan saat Lihat Millen Cyrus

Ketiganya dilatih untuk berdiri di atas bak mandi (tetapi tidak mendapatkan makanan saat melakukannya), dan keduagajah betina itu dilatih untuk mendorong benda-benda besar.

Gajah jantan, 7 tahun bernama Kandula, terbukti jenius. Dalam enam sesi awal, ia tidak berusaha mendapatkan makanan.

Tetapi pada ketujuh, ia tiba-tiba menggulingkan kubus dari tengah halaman ke tempat di bawahmakanan yanggantungkan.

Ia kemudian menggunakannya untuk mencapaimakanan yang tergantung dari pohon.

Dia juga menunjukkan bahwa dia bisa menggeneralisasi konsep barunya, memposisikan dan berdiri di atas ban dan bola besar untuk mendapatkan makanan ketika kubus tidak tersedia.

Keduagajah betina (usia 33 dan 61) tidak pernah menyelesaikan masalah.

Namun,gajahberusia 33 tahun itu, yang adalah ibu Kandula, telah bergerak dan berdiri di atas benda-benda untuk mencapai barang-barang di atas kepala ketika dia masih remaja, kata penjaga kebun binatang kepada Foerder.

Foerder mengatakan dia tidak memiliki hipotesis untuk menawarkan mengapa betina tidak dapat diketahui dari tes, mengatakan bahwa itu bisa disebabkan oleh "jenis kelamin, usia, atau hanya kebetulan."

Studi ini menunjukkan bahwa "gajah ada di atas sana bersama hewan berotak besar lainnya dalam hal pemahaman sebab dan akibat dan penyelesaian masalah mental," kata Frans de Waal, seorang primatolog di Emory University di Atlanta.

"Ini bukan hanya coba-coba, yang ditunjukkan oleh banyak hewan [dalam tes serupa]," katanya, karena "gajah perlu membayangkan apa yang dia butuhkan dan kemudian menjauh dari tujua untuk menemukan alat itu. . "

Bakat Kandula tidak mengherankan bagi para ilmuwan yang mempelajari gajah di lapangan.

YouTube Cat Travel

Selain Dikenal sebagai Hewan yang Pintar, Ternyata Gajah Juga Miliki Kemampuan Pecahkan Masalah dengan Gunakan Wawasan

Baca Juga :Bosan Rambut Panjang, Chef Renatta Potong Rambut Pakai Pisau Dapur, Hasilnya Buat Warganet Kagum

Mereka dapat "menyalakan keran untuk mendapatkan air dan menemukan jalan mereka di sekitar penghalang buatan manusia" seperti pagar berlistrik, kata George Wittemyer, ahli biologi margasatwa di Colorado State University, Fort Collins.

"Perilaku seperti itu harus membutuhkan wawasan," katanya, tetapi ini hanya pengamatan dan bukan eksperimen yang dikendalikan.

"Sangat menyenangkan akhirnya memiliki seseorang melakukan percobaan yang diperlukan untuk membuktikan bahwa gajah memiliki kemampuan wawasan," tambah pakar gajah Joyce Poole, direktur ElephantVoices, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Sandefjord, Norwegia.

Wittemyer dan yang lainnya juga secara teratur melihat gajah merobohkan (tetapi tidak memindahkan) pohon dan berdiri di atasnya untuk mencapai makanan di atas kepala.

"Studi ini membuat perubahan penting pertama yang memungkinkan gajah untuk menggunakan indra penciuman utama mereka tanpa hambatan, dan hasilnya adalah demonstrasi menarik dari kemampuan pemecahan masalah mereka," katanya.

Lihat video gajah Kandula dan aha! momen miliknya:

Editor : Rebi

Baca Lainnya