Bergerombolan, Begini Ketika Ratusan Cacing Membentuk Makhluk yang Besar, Intip Videonya!

Sabtu, 03 Agustus 2019 | 08:00
Pen News/Tori Silveira via Daily Mirror

Bergerombolan, Begini Ketika Ratusan Cacing Membentuk Makhluk yang Besar, Intip Videonya!

WIKEN.ID -Siapa yang tak tahu dengan hewan melata yang satu ini.

Bukan cacing biasa, hewan ini justru berwarna hitam, loh.

Melalui video ini, kumpulan cacing justru membentuk sesuatu yang aneh.

Apa yang akan Anda lakukan ketika melihat 'benda' hitam besar menggeliat dari kejauhan?

Baca Juga: Ngakak! Praktik Bahasa Indonesia, Siswi Ini Nekat Gunakan Masker Racikannya di Depan Kelas, Begini Video Hasilnya!

Sebagian orang mungkin akan merasa takut, jijik, dan tak mau melihatnya.

Tapi sebagian lainnya mungkin justru penasaran dan ingin mengetahuinya lebih jauh.

Seperti dilansir dari Daily Mirror, Rabu (17/7/2019) seorang gadis menemukan suatu makhluk hitam yang tidak jelas diketahui jenisnya.

Dari kejauhan, hewan itu tampak seperti makhluk hidup tunggal, tetapi pemeriksaan lebih dekat mengungkapkan sebenarnya itu adalah ratusan serangga.

Baca Juga: Komika Arafah Pingsan Usai Dipaksa Makan Jengkol, di Video Ini Ayu Ting Ting Justru Dapat Hujatan: Kaya Gak Berpendidikan

Ini adalah saat yang aneh, seekor 'monster cacing' hitam yang menggeliat di sepanjang trotoar terungkap benar-benar menjadi massa yang menggeliat dari ratusan larva serangga yang berperilaku sebagai satu individu.

Tori Silveira (23) kemudian tertegun melihat makhluk yang membingungkan ketika menuju ke supermarket di dekat rumahnya di Santa Catarina, Brasil.

"Saya sedang dalam perjalanan ke supermarket dekat rumah saya ketika saya melihat massa hitam besar di trotoar yang saya tuju," katanya.

Baca Juga: 2 Tahun Menikah, Ini Dia Video Momen Kebahagiaan Acha Sinaga dan Andy saat Umumkan Kehamilan

Tangkap layar Daily Mirror
Tangkap layar Daily Mirror

Larva lalat capung yang bekerja sama

“Aku membungkuk untuk melihat lebih baik dan melihat bahwa itu adalah sekelompok serangga kecil yang belum pernah kulihat sebelumnya di sekitar sini.

"Kesan pertamaku adalah 'apa itu?'"

Dalam rekamannya, makhluk yang tidak diketahui itu membentuk kelompok sehingga mereka tampak menjadi entitas tunggal yang hidup.

Tapi dari dekat sudah jelas bahwa sesuatu hitam besar itu terdiri dari banyak individu; semuanya terpisah, namun jelas bekerja bersama.

Baca Juga: Video Terpopuler, Seekor Gajah yang Dirantai dan Disiksa Selama 50 Tahun Hingga Arsy Hermansyah Nangis Kejer Ketakutan saat Lihat Millen Cyrus

“Saya akan menggambarkannya sebagai ratusan makhluk panjang seperti cacing hitam dengan kaki kecil merangkak di atas satu sama lain, perlahan-lahan bergerak di trotoar seolah-olah mereka bermigrasi ke daerah baru bersama-sama,” kata Tori.

"Saya masih belum sepenuhnya yakin jenis serangga apa mereka, beberapa mengatakan ulat, yang lain mengatakan larva tawon, dan lain-lain. Ini sangat membingungkan bagi saya."

Ahli entomologi di Kebun Binatang London memeriksa rekaman itu dan dapat menjelaskan mengapa makhluk itu bisa bergerak bersama.

Baca Juga: Pengasuh Rafathar Nangis Kejer Ungkapkan Kekesalannya di Depan Nagita dan Raffi Ahmad, Lala: Sakit Hati Banget!

Ternyata menurut seorang ahli, mahkluk itu bergerak berkelompok agar lebih aman saat mencari makan.

"Mereka mendapatkan perlindungan lebih dengan bergerak sebagai kelompok ketika mencari makanan," kata Dave Clarke, pemimpin tim invertebrata.

"Mereka mungkin telah mengubah posisi sarang, yang akan menjelaskan mereka berada di tanah, dan mungkin berkumpul bersama sebagai reaksi defensif.

"Mereka tidak agresif, hanya berusaha melindungi diri mereka sendiri."

Dan sementara jenis serangga tidak dapat diidentifikasi secara pasti dari video saja, tim Clarke berpikir mereka mungkin sudah menebaknya.

Baca Juga: Kabar Hamilnya Masih Jadi Rahasia, Syahrini Blak-blakan di Video Ini, Netizen:

"Tim percaya ini adalah larva lalat capung (sawfly)," katanya.

"Seperti semua video, kami tidak dapat menjamin ini adalah apa adanya karena mereka tidak secara langsung di depan kami untuk bisa diperiksa, tetapi inilah yang diyakini oleh tim invertebrata di sini di ZSL."

Lalat capung ditemukan di seluruh dunia, dengan keluarga terbesar dari mereka ada di setiap benua kecuali Antartika.

Betina dapat bertelur hingga 90 telur sekaligus dan serangga dewasa biasanya hidup selama tujuh hingga sembilan hari.

Baca Juga: Wanita di Video Ini Mengaku Dirinya Dituding Sebagai Selingkuhan Suami Nunung Srimulat, Ini Dia Sosoknya Marsha Gardena!

Artikel ini pernah tayang di Intisari dengan judul (Video) Ketika Ratusan 'Cacing Hitam' Bekerja Sama untuk Membentuk Makhluk Besar yang Membingungkan

Editor : Amel