Video Suasana Tanah Abang Usai Kebakaran, 66 Bangunan Hangus

Minggu, 30 Juni 2019 | 19:30
Warta Kota/Joko Supriyanto

Petugas pemadam kebakaran sedang melakukan pendinginan terhadap bangunan semi permanen yang terbakar di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).

WIKEN.ID - Usai proses pemadaman api dan pendinginan pascakebakaran yang dilakukan oleh Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, warga pun masuk ke lokasi dan ini terlihat dari video ini.

Dalam video terlihat warga Tanah Abang yang menjadi korban kebakaran mengais sisa barang yang masih bisa digunakan.

Di video, selain perabot, mereka juga mencari beberapa barang yang masih bisa diselamatkan.

Setidaknya ada 66 bangunan yang terdampak akibat kebaran yang terjadi di Jalan Jati Bundar, Kelurahan Kebon Kacang, Tanah Abang, Minggu (30/6/2019) pagi.

Baca Juga: Video Kebakaran ITC Depok, Pengunjung dan Karyawan Berhamburan Keluar

Menurut Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu, kebakaran pertama kali diketahui sekitar pukul 04.45 WIB Minggu (30/6/2019) pagi.

Api ini berasal dari salah satu kios milik warga.

Api baru bisa dipadamkan pada pukul 06.00 WIB dengan melibatkan 28 unit mobil pemadam kebakaran.

"Untuk bangunan yang terbakar ada 34 rumah-rumah petakan dan 32 kios toko. Api sudah padam jam 06.00, lanjut pendinginan sampai saat ini," ujar Yassin yang dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Istrinya Jadi Salah Satu Korban Tewas Kebakaran Pabrik Korek Api, Sang Suami Beberkan Kondisi Kejadian dalam Video Ini!

Yassin mengungkapkan, dugaan sementara kebakaran disebabkan korsleting listrik dari salah satu kios.

Akibat peristiwa kebakaran tersebut, dua orang mengalami luka ringan dan telah dibawa ke Rumah Sakit Pelni di Petamburan.

"Dua orang mengalami luka ringan ya. Mungkin lagi panik ya satu orang melompat dari lantai dua, sementara satu lagi (terluka) karena membantu evakuasi warga yang lain," ungkap Yassin.

Yassin Pasaribu mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tempat penampungan sementara bagi 500 warga yang menjadi korban terdampak kebakaran di Jalan Jati Bundar, Kelurahan Kebon Kacang, Tanah Abang.

Baca Juga: Puluhan Tewas Pada Kebakaran di Pabrik Korek Api, Asap Tebal Terekam dalam Video Ini!

"Kami sudah siapkan penampungan di pos RW 9 khusus bapak-bapak. Untuk ibu-ibu dan anak-anak ada di Masjid Al-Ahyat dan kantor Kelurahan Kebon Kacang," ungkap Yassin.

Selain itu, lanjut Yassin, suku dinas (Sudin) Sosial Jakarta Pisat juga menyiapkan bantuan makanan dan pakaian bagi para korban.

"Sementara konsumsi (makan) pagi dan siang dari Sudin Sosial Jakpus. Ada juga tenda besar sebagai posko. Kebutuhan lain seperti tikar, pakaian, dan baju sekolah sudah disiapkan. Masih didata berapa yang kita butuhkan," lanjutnya.

Baca Juga: Video Aksi Heroik Pemuda China Selamatkan 14 Orang dari Kebakaran Gedung

Akibat peristiwa kebakaran di Tanah Abang, ada dua orang mengalami luka ringan dan telah dibawa ke Rumah Sakit Pelni di Petamburan.

"Dua orang mengalami luka ringan ya. Mungkin lagi panik ya satu orang melompat dari lantai dua, sementara satu lagi (terluka) karena membantu evakuasi warga yang lain," ungkap Yassin.

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Pasar Tanah Abang Blok C, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Sebanyak 14 mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Hardisiswa mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 07.10.

"Kebakaran di lantai empat," kata Hardisiswan, Senin pagi.

Sebanyak 14 mobil damkar dikerahkan ke lokasi. Petugas saat ini tengah mencari titik api untuk memadamkan. (*)

Baca Juga: Lihat Tikus Terjebak di Pintu Saluran Air, Dua Gadis Kecil Ini Hubungi Pemadam Kebakaran, Petugas Damkar Turun Tangan

Editor : Alfa