Viral Harga Parkiran Kampus Termahal se-Indonesia, Terkuak Fakta Sebenarnya!

Minggu, 23 Juni 2019 | 10:30
Tribun Wow

Viral Harga Parkiran Kampus Termahal se-Indonesia, Terkuak Fakta Sebenarnya!

WIKEN.ID -Dalam video ini terkuak parkiran kampus termahal.

Nah, di video ini juga diterangkan beberapa daftar harga parkir di beberapa kampus.

Sebuah postingan di Instagram memperlihatkan daftar tarif parkir di Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi viral.

Postingan tersebut menjadi pembicaraan lantaran mahalnya tarif parkir di UPH hingga disebut sebagai tarif parkir termahal se-Indonesia dibanding kampus lainnya.

Baca Juga: Viral Video Youtuber Berikan Tunawisma Oreo Berisi Odol, Pemuda Ini Dipenjara 15 Bulan dan Denda Ratusan Juta

Terbongkarnya daftar tarif parkir tersebut mulanya dilontarkan oleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum UPH di akun Instagram @hmfh.uph.

Dikutip GridHot.ID dari akun Instagram @hmfh.uph yang mengunggah sebuah postingan pada Senin (17/6/2019).

"HMFH UPH telah melakukan sebuah kajian terhadap tarif parkir di UPH.

Baca Juga: Sebelum Mantap Menikah Lagi dengan Sonny, di Video Ini Fairuz Akui Pernah Dekat dengan Hotman Paris

Kami menemukan jika tarif parkir di UPH adalah yang termahal di antara universitas - universitas di wilayah yang sama (Tangerang Raya), bahkan paling mahal di Indonesia!.

Tarif yang diberlakukan saat ini bahkan lebih mahal daripada banyak pusat perbelanjaan!.

Bagaimana mungkin fasilitas parkir yang digunakan untuk kebutuhan pendidikan, memiliki harga yang lebih mahal daripada untuk rekreasi?

Baca Juga: Kevin Aprilio Pernah Bangkrut dan Terlilit Hutang Rp 17 Miliar, Di Video Ini Terkuak Penyebabnya

Kami dengan tegas menolak komersialisasi berlebihan wilayah institusi pendidikan dan menuntut pihak UPH untuk merespon tuntutan kami," tulis akun @hmf.uph dalam postingannya.

Dalam unggahan akun @hmfh.uph, dikatakan, jika UPH memberlakukan dua jenis lahan parkir yakni VIP dan Ekonomi.

Tarif satu jam pertama di parkiran VIP yakni Rp4.000.

Lantas jika berlanjut, satu jam berikutnya lagi dikenai biaya Rp25.000 secara flat.

Baca Juga: Mantap Jadi Mualaf, Begini Video Reaksi Kocak Deddy Corbuzier saat Ditanya Soal Sunat

Sedangkan tarif parkiran ekonomi di satu jam pertama diwajibkan membayar Rp 4.000 dan maksimal untuk waktu selanjutnya Rp 15.000.

Tak hanya itu, Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan juga membandingkan tarif parkir kampusnya dengan kampus lain yang berada di wilayah yang sama.

Data yang diambil sebagai pembanding yakni tarif parkir universitas yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang, kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Baca Juga: Mobil Marion Jola Diberhentikan Polisi karena Sang Pacar Membawa 'Ganja', Di Video Ini Lala Sampai Sujud!

Sebagai contoh, Universitas Multimedia Nusantara yang berlaku tarif Rp6.000 per hari.

Ada juga yang Universitas Bina Nusantara yang tarifnya di satu jam pertama Rp3.000.

Lalu tiap jam berikutnya dikenakan Rp2.000 dan maksimal Rp12.000.

Menurut Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum UPH, tarif parkir VIP ini terindikasi melanggar Peraturan Bupati Tangerang No 108 tahun 2015 tentang biaya parkir.

Baca Juga: Tak Menyentuh Kulit, Ini Dia Video Trik Mengupas Bawang Putih dengan Cepat!

Isinya, berbunyi tarif parkir maksimal Rp4.000 untuk satu jam pertama, dan Rp3.000 untuk satu jam berikutnya.

Mahasiswa juga merasa janggal, kenapa lahan parkir VIP lebih luas ketimbang area parkir ekonomi.

Usai heboh tarif parkir UPH yang disebut termahal se-Indonesia, Pengelola parkir Universitas Pelita Harapan akhirnya buka suara.

Hal ini seperti dikutip dari Otomotifnet.

Baca Juga: Tinggalkan Musisi, Kini Mama Rieta Pilih Pengusaha Kelas Internasional, Di Video Ini Terkuak Ayah Baru Nagita Slavina!

Dalam keterangan resminya pihak pengelola parkir menyebutkan untuk parkir mahasiswa UPH kami menyediakan lahan parkir dengan kapasitas sekitar 1.500.

Untuk kendaraan roda empat dengan tarif Rp4.000 untuk satu jam pertama, dan Rp3.000 untuk penambahan setiap satu jam berikutnya, dengan tarif maksimal Rp 15.000 untuk seharian.

Adapun penetapan tarif parkir sudah berlaku sejak 2015 sesuai dengan Peraturan Bupati Tangerang Provinsi Banten Nomor 108 Tahun 2015 Tentang Biaya Parkir.

Selain itu, karena berdekatan dengan kampus UPH terdapat gedung perkantoran yang dikelola PT Sky Parking, maka manajemen menyediakan area parkir komersial dengan tarif parkir Rp4.000 untuk jam pertama dan tarif flat Rp25.000 untuk penambahan jam berikutnya selama satu hari penuh.

Baca Juga: Terpopuler, Andika Kangen Band Laporkan Wanita Pembuat Video Menghina Lampung Hingga Pencuri Motor Berjaket Ojol

Sarana parkir ini ditujukan untuk memfasilitasi kebutuhan karyawan perkantoran di sekitar kampus UPH.

“Penyediaan area parkir untuk mahasiswa menjadi prioritas. Dengan harga yang terjangkau yaitu maksimal Rp15.000 seharian. Sementara untuk area parkir perkantoran memang diterapkan harga khusus. Tariff ini sudah diterapkan sejak tahun 2015,” jelas Andi Kuswandi, Project Manager Sky Parking.

Sementara untuk prasarana area parkir terus ditingkatkan diantaranya dengan penambahan penerangan di seluruh area parkir, perbaikan jalan, perapihan marka-marka area parkir, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: Asyik Buang Air Kecil di Got, HP Anak Ini Justru Dirampas Oknum Ojol, Videonya Viral!

Terkait dengan penyampaian aspirasi mahasiswa, pihak Universitas merasa sangat terbuka.

Ini didukung dengan menajamen UPH yang membuka akses bagi organisasi mahasiswa dalam hal ini Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) yang membawahi seluruh organisasi mahasiswa di UPH untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa.

“Dalam tahun ini sudah dua kali kami bertemu dengan perwakilan MPM dan General Affair UPH untuk membicarakan aspirasi mahasiswa, diantaranya pada bulan Februari dan Maret 2019," tambah Andi. (*)

Baca Juga: Ibu Nagita Slavina Diam-diam Menikah Lagi dengan Pengusaha Berkelas Internasional, Terkuak dalam Video Ini Sosoknya!

Artikel ini telah tayang di Gridhot.id dengan judulDisebut Termahal se-Indonesia, Tarif Parkir Universitas Pelita Harapan Bikin Mahasiswa Geleng Kepala

Editor : Amel