Pohon Beringin Tumbang, Inilah Video Kondisi 7 Kendaraan yang Ringsek Tertimpa Patahan Batang

Minggu, 16 Juni 2019 | 18:00
Tribun Bali/Fredey Mercury

Polisi dibantu warga saat mengevakuasi pohon tumbang, Jumat (14/6/2019). Peristiwa ini terjadi di utara Pura Dalem Selaungan, Banjar Pande, Kelurahan Cempaga, Bangli.

WIKEN.ID - Sebuah video memperlihatkan evakuasi beberapa kendaraan yang tertimpa patahan batang pohon beringin yang tumbang.

Kejadian pohon beringin yang tumbang dan terekam dalam video ini terjadi di utara Pura Dalem Selaungan, Banjar Pande, Kelurahan Cempaga, Bangli, Bali, Jumat (14/6/2019).

Dalam video juga terlihat warga dibantu puluhan personel gabungan Polres Bangli, Polsek Kota Bangli, dan BPBD Bangli sibuk mengevakuasi material pohon menggunakan gergaji mesin.

Upaya evakuasi yang dilakukan petugas pertama kali adalah menyelamatkan korban di dalam mobil yang terjepit.

Setelah itu evakuasi dilanjutkan dengan memangkas pohon yang menghadang jalan.

Baca Juga: Beginilah Akibatnya Jika Berkendara Sambil Main HP, Buktinya Bisa Dilihat di Video Kecelakaan Ini

Setidaknya, yang terlihat dalam video, ada lima mobil dan dua unit kendaraan roda dua yang rusak akibat tertimpa potongan dan patahan batang pohon beringin yang tumbang.

Lima kendaraan yang rusak itu di antaranya Suzuki Pick Up dengan nomor polisi DK 8024 PP, Toyota Avanza dengan nomor polisi DK 708 BQ, pick up dengan nomor polisi DK 8238 PU, pick up berwarna hitam, dan Daihatsu Xenia dengan nomor polisi DK 1138 CJ.

Akibat dari kejadian ini, 4 orang mengalami luka-luka.

Menurut Wakapolres Bangli, Kompol I Made Krisnha mengatakan jika ada lima kendaraan roda empat serta dua unit kendaraan roda dua yang mengalami kerusakan akibat tertimpa material pohon.

Baca Juga: Beredar Video Viral Kecelakaan Beruntun 8 Kendaraan di Tol Semarang, Inilah Faktanya Versi Polisi

Kedua sepeda motor yang tertimpa adalah Honda Vario dengan nomor polisi DK 4890 PK dan Honda Beat dengan nomor polisi DK 6016 PQ.

“Untuk korban jiwa tidak ada. Hanya korban luka-luka sebanyak empat orang. Di antaranya Ketut Suwitra (36) dan Pande Wayan Candra (51) mengalami luka berat. Sedangkan Nyoman Sujana (27) dan Pande Putu Rastika Paramarta (22) mengalami luka ringan. Seluruh korban sudah dievakuasi di rumah sakit untuk segera mendapatkan perawatan,” ujarnya yang dikutip dari Tribun Bali.

Musibah tersebut terjadi lantaran usia pohon yang tua di samping juga cuaca buruk.

Bagian dahan pohon tumbang dan menimpa kendaraan yang melintas maupun parkir di lokasi setempat.

Baca Juga: Video Kisah Pilu Pemuda yang Tewas dalam Kecelakaan Saat Mudik, Sempat Tuliskan Pesan Ini di Motornya Sebelum Berangkat

Untuk proses evakuasi material pohon, pihanya telah menurunkan 50 personel gabungan Polres Bangli dan Polsek Kota Bangli dibantu BPBD dan masyarakat setempat.

“Musibah ini juga berdampak pada terganggunya lalu lintas di sekitar. Kami sudah berkoordinasi dengan polsek setempat untuk melakukan pengalihan arus, sehingga proses evakuasi dan pembersihan di lokasi kejadian bisa berjalan optimal,” ucapnya sembari mengatakan proses evakuasi membutuhkan waktu selama dua jam.

Lebih lanjut dijelaskan, berdasarkan keterangan saksi Putu Astawa (27) kala itu ia hendak menjemput istrinya yang berjualan di Pura Dalem Selaungan.

Saat itu Kala itu kondisi cuaca di sekitar lokasi agak gerimis.

Ia lalu memarkir pikap DK 8238 PU di sebelah utara pohon beringin.

Baca Juga: Anak Yatim Kecelakaan Saat Mengendari Mobil Pick Up, Barang Bawaannya Dijarah Warga

“Tak berselang lama, saksi melihat dahan pohon beringin patah. Di saat bersamaan, melintas mobil Avanza putih dari arah timur dan pikap putih dari arah barat. Sontak dahan tersebut langsung menimpa dua mobil itu termasuk mobil korban juga mengalami kerusakan,” ungkap Kompol Krisnha.

Sementara itu saksi lainnya, Nyoman Sujana, mengatakan saat kejadian ia bersama temannya Ketut Suwitra, tengah mengendari mobil Suzuki Carry putih dengan plat nomor DK 8024 PP.

Saat sedang melintas dari arah barat ke timur, di lokasi kejadia ia mendengar suara keras.

“Saksi kemudian menginjak gas, bermaksud menghindari kejadian. Namun justru mobil yang dikendarainya tertimpa patahan dahan pohon,” sebutnya.

Wakapolres menuturkan, Sujana berhasil selamat dari kejadian itu lantaran dahan pohon yang tumbang mengenai kap sebelah kiri.

Baca Juga: Viral Video Wanita Kesurupan Setelah Alami Kecelakaan dan Tak Sadarkan Diri, 'Ini Tumbalku Jangan Ditolong'

Nahas bagi Ketut Suwitra yang duduk di sebelah kiri karena tertimpa dan terjepit bodi mobil.

Sedangkan korban lainnya, pengemudi mobil Avansa warna putih bernomopol polisi DK 708 BQ , Pande Wayan Candra mengalami luka-luka.

Pande yang saat itu melintas dari arah timur ke barat dan terjebak macet juga ikut tertimpa batang pohon yang mengenai mobilnya.

“Saksi sempat mendengar suara ‘prakk’ serta daun-daun berjatuhan. Namun ia tidak bisa menghindarkan mobilnya sehingga tertimpa dahan pohon beringin,” jelas Wakapolres Bangli, Kompol I Made Krisnha.

Seluruh korban luka langsung dibawa ke UGD RSU Bangli untuk mendapatkan perawatan. (*)Baca Juga: Terpopuler, Video Pengancam Jokowi Ditangkap Hingga Kecelakaan Pemudik Jatuh dari Jembatan

Editor : Alfa