Video Cerita Kesaksian Empat Orang Penggali Makam Ibu Ani Yudhoyono, "Bu Ani Banyak Amal Ibadahnya"

Senin, 03 Juni 2019 | 10:00
kolase

TMP Kalibata menjadi tempat peristirahatan terakhir Ibu Ani Yudhoyono

WIKEN.ID - Video cerita kesaksian empat orang penggali makam ibu Ani ramai beredar di media sosial.

Keempat penggali makam tersebut bergantian memacul tanah yang telah ditandai dengan papan berbentuk kotak, dalam video yang dirilis Tribun juga mereka menceritakan kisahnya menggali makam ibu negara keenam ini.

Dalam video tersebut, kolase fotopara penggali tengah menyiapkan persinggahan terakhir bagi almarhumah Kristiani Herrawati Yudhoyono atau Ani Yudhoyono yang telah berpulang kepada Sang Pencipta.

Terik begitu menyengar di komplek Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Utama di Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2019) siang.

Tetapi, semangat para penggali kubur pantang kendur.

Baca Juga: Video Pengendara Mobil Masuk Jalur Busway Namun Tak Ditindak, Tak Mau Tunjukkan Surat dan Mengaku Teman Pejabat Polisi

Baca Juga: Terpopuler H-2 Lebaran, Video Anang yang Ngamuk Saat Aurel Mengaku Pernah Pacaran Sama Verrel Hingga Biaya Pengobatan Ani Yudhoyono di Singapura

Secara bergantian mereka mengayun gagang cangkul untuk memperdalam galian atau merapikan dinding galian.

"Ini tanahnya empuk banget. Mungkin bu Ani banyak amal ibadahnya, wallahu'alam. Kadang ada yang keras banget," ujar seorang penggali kubur saat berbincang dengan Warta Kota.

"Dikasih air juga susah dicangkul. Isinya bebatuan. Tapi ini buat Bu Ani tidak ada kendala," ujarnya.

Ani Yudhoyono dimakamkan di area Blok M tepatnya nomor 129.

Letaknya, persis di bawah makam Hasri Ainun Habibie.

Di sekitar makam Ani, terdapat makam sejumlah tokoh di antaranya Ali Alatas, Umar Wirahadi Kusumah, Taufik Kiemas dan banyak tokoh lainnya.

"Itu di sebelah Bu Ainun memang dikosongin, permintaan Pak Habibie ingin dimakamkan di sebelah istrinya. Di samping lubang makam bu Ani ini juga kosong, mungkin juga buat Pak SBY kalau beliau wafat nanti," imbuh penggali kubur yang tak menyebutkan namanya.

Tak ada kendala berarti, proses penggalian akhirnya bisa diselesaikan sekitar pukul 16.00 WIB.

Iri Sapria selaku Kasubdit TMP Nasional Utama menyebut, pihaknya bersama Garnisun segera mengambil langkah menentukan lokasi yang akan menjadi peristirahatan terakhir almarhumah begitu ia mendapat kabar duka dari Singapura.

Baca Juga: Gara-gara Cinta Monyet, Video Bocah Nekat Panjat Atap dan Mau Melompat Bunuh Diri Viral di Dunia Maya

Baca Juga: Video Rumah Mewah Tak Berpenghuni Namun Terbengkalai yang Jadi Misteri di Garut, Tenyata Ini Fakta yang Sebenarnya!

"Jadi ini bukan permintaan keluarga, justru kami menyiapkan. Karena kami juga menyiapkan area yang khusus digunakan untuk penghormatan kepada tokoh-tokoh bangsa. Ya, itu ngumpul di makam bu Ani yang sedang digali itu," ujarnya.

Termasuk soal penentuan lokasi makam, kata Iri itu murni keputusan pihak pengelola. "Jadi tak ada yang namanya kapling-kaplingan. Ya yang kosong saja ditempatin karena ini kan pada dasarnya bukan makam keluarga," ungkapnya.

"Kecuali kebetulan kalau di sebelahnya kosong, itu bisa digunakan keluarganya atau kerabat. Sejauh ini, masih ada sisa lahan untuk sekitar 200 makam lagi khusus buat tokoh dan pejabat. Ke depan rencananya akan ada pengembangan," katanya.

Iri masih belum tahu kapan tepatnya almarhumah dimakamkan.

Hingga Sabtu pukul 14.30, bahkan belum ada pihak keluarga atau utusan yang datang untuk mengabarkan jadwal serta prosesi pemakaman.

"Yang jelas beliau akan dimakamkan secara militer. Beliau kan punya hak. Apalagi beliau peraih Bintang Republik Indonesia Adipradana. Tapi soal jadwalnya, jangan tanyakan ke saya karena saya belum menerimanya," jelasnya.

(*)

Editor : Pipit