Viral Petugas SPBU Cek Keaslian Uang dengan Menyiram Bensin, Bank Indonesia Angkat Bicara!

Sabtu, 11 Mei 2019 | 17:00
Tribunnews

Cegah uang palsu, petuga SPBU mengetesnya dengan menyiram bensin

WIKEN.ID -Sebelum lebaran, masyarakat diminta untuk waspada beredarnya uang palsu.

Sebenarnya pihak Bank Indonesia sendiri telah membagikan tips pada warga Indonesia untuk mengenali keaslian uang.

Namun sebuah video viral di media sosial, memperlihatkan cara seorang petugas SPBU untuk memastikan keaslian uang dengan cara yang tidak biasa.

Baca Juga : Muzdalifah Marah saat Ditanyakan Pekerjaan Sang Suami, Fadel Islami: Kalau Butuh Dana Cepat Hub Saya

Sebuah video beredar luas di media sosial yang memperlihatkan seorang petugas SPBU menyiram uang kertas pecahan Rp 50.000 menggunakan bensin.

Aksi ini kabarnya dilakukan sang petugas SPBU untuk membuktikan keaslian uang yang diserahkan oleh konsumen untuk membeli bensin.

Menanggapi hal itu, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ros­maya Hadi, mengatakan, pihaknya tidak pernah melakukan edukasi untuk memastikan keaslian uang rupiah dengan menggunakan bensin.

Baca Juga : Wajah Regina Andriane Berubah Drastis Setelah Lakukan Operasi, 'Enggak Bisa Ngomong 3 Hari'

Bank sentral mengedukasi keaslian uang dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang (3D).

"Bagaimana cara memastikan apakah itu uang palsu dengan disiran bensin? Kita belum melakukan eksperimen," kata Ros­maya kepada awak media di Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Menurut Ros­maya, sejauh ini tingkat literasi dan pemahaman masyarakat untuk membedakan mana uang palsu dan asli sudah sangat baik.

Baca Juga : Anak Denny Cagur Terjebak di Dalam Lift Rumahnya yang Mati Selama 1 Jam, Gara-gara Hal yang Sering Kita Sepelekan!

Pasalnya, sudah banyak laporan langsung oleh masyarakat terkait temuan uang palsu.

"Artinya bahwa BI edukasi tentang uang palsu itu cukup masif. Karena sekarang laporan uang palsu tidak saja datang dari bank, tapi dari masyarakat juga, (mereka) sudah dapat mendeteksi sendiri," ungkapnya.

Dia menjelaskan, cara yang paling mudah dan tepat untuk mengetahui apakah selembar uang palsu atau asli lewat jurus 3D.

Baca Juga : Elvia Cerolline Dituding Merebut Cinta Billy Syahputra dari Hilda, Ternyata Sudah Miliki Panggilan Kesayangan!

Di samping itu, pihaknya selama ini masif mensosialisasikan cara mengenali uang rupiah, yakni Cikur atau ciri-ciri keaslian dari uang rupiah.

"Masyarakat itu sekarang sudah paham mana uang yang palsu. Kemudian cara merawat uang 5J (jangan dilipat, jangan dicoret, jangan distapler, jangan diremas, dan jangan dibasahi)," paparnya.

Baca Juga : Bukan Kehamilan Pertama Paula, Istri Baim Wong Ini Sempat Alami Keguguran, Dokter Berikan 'Penguat'

Ia menuturkan, untuk memastikan keaslian rupiah dengan cara membasahi tidak disarankan karena akan merusak kelayakan uang tersebut untuk bertransaksi.

Ia pun meminta setiap temuan uang palsu langsung dilaporkan ke pihak berwajib. "Kalau disiram artinya masuk ke 5 J, jangan dibasahi," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Viral Video Pastikan Keaslian Uang Rp 50.000 dengan Disiram Bensin, Ini Komentar BI

Editor : Amel

Baca Lainnya