Mengenal Kepa Arrizabalaga, Kiper Termahal yang Jadi Pahlawan Chelsea

Jumat, 10 Mei 2019 | 12:00
TWITTER.COM/FULHAMISHPOD

Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, menyebut jika dirinya bukan tidak hormat kepada sang pelatih menyusul penolakannya untuk diganti

WIKEN.ID -Chelsea berhasil lolos ke final Liga Europa setelah memenangkan laga semifinal melawanEintracht Frankfurtdi Stamford Birdge, London, Jumat (10/5) dini hari WIB.

Kedua tim sempat bermain imbang 1-1 sepanjang 120 menit pada laga yang berlangsung di Stamford Birdge, London, Jumat (10/5) dini hari WIB ini.

Setelah skor imbang, akhirnya laga dilanjutkan dengan tendangan adu penalti.

The Blues, julukan Chelsea, berhasil memenangkan drama adu penalti tersebut dengan skor 4-3.

Baca Juga : Chelsea vs Eintracht Frankfurt: Drama Adu Penalti, The Blues Lolos Final Liga Europa

Eden Hazard sebagai eksekutor terakhir mampu memastikan kemenangan Chelsea atasEintracht.

Namun, pahlawan Chelsea pada laga itu adalah KepaArrizabalaga, sang kiper.

Kepa Arrizabalaga melakukan dua penyelamatan bagus setelah kapten The Blues gagal melakukan tendangan penalti.

Kepamenggagalkan penalti Martin Hinteregger dengan lututnya.

Setelah itu, ia juga berhasil menggagalkan sepakan algojo kelima Eintracht, Goncalo Paciencia.

Lalu, kemenangan Chelsea baru dipastikan setelahEden Hazard sebagai algojo terakhir berhasil menceploskan bola dan membawa Chelsea lolos ke final Liga Champions.

Chelsea sendiri mendatangkan Kepa dari Athletic Bilbao pada Agustus 2018 lalu.

Chelsea rela merogoh kocek nilai 71 juta poundsterling, biaya tertinggi yang pernah dibayarkan untuk seorang penjaga gawang, untuk Kepa.

Dengan biaya yang tinggi itu, Chelsea sekaligus membuat rekor baru transfer klub.

Kepa tiba di Stamford Bridge setelah klausa pelepasan dalam kontraknya dipenuhi, dengan kesepakatan yang melampaui kepindahan Alisson senilai 66,8 jutapoundsterling ke Liverpool.

Dia telah menandatangani kontrak tujuh tahun di klub dan menggantikan Thibaut Courtois, yang telah bergabung dengan Real Madrid.

Kepa adalah pilihan kedua bagi Spanyol di belakang pemain Manchester United David de Gea.

Getty Images Europe
Marc Atkins/Getty Images

Mengenal Kepa Arrizabalaga, Kiper Termahal yang Jadi Pahlawan Chelsea

Baca Juga : Mengenal Trent Alexander-Arnold, Pahlawan Liverpool yang Berhasil Tipu Pemain Barcelona

Dia telah menghabiskan dua musim terakhir di tim utama Athletic dengan 53 penampilan La Liga dan memiliki satu capinternasional.

Biaya yang telah dibayarkan Chelsea melampaui 60 juta poundsterling yang mereka habiskan untuk striker Spanyol Alvaro Morata pada Juli 2017.

"Begitu banyak hal yang menarik saya ke klub, semua gelar yang telah dimenangkan klub, pemain lain, kota, Liga Premier Inggris," kata Kepa.

"Ini adalah akumulasi dari banyak hal, dan saya sangat senang Chelsea telah memutuskan untuk mempercayai saya dan juga menerima saya."

Pada bulan Januari 2018, Kepa menandatangani kontrak jangka panjang baru dengan Athletic hingga 2025, di tengah minat dari Real Madrid.

Dia adalah pemain kunci kedua yang meninggalkan klub tahun 2018, setelah Manchester City menandatangani bek Prancis Aymeric Laporte seharga 57 juta poundsterling pada Januari.

"Kepa adalah kiper yang sangat solid, yang bisa menjadi kiper yang lebih baik di tahun-tahun mendatang," kata penulis sepakbola Eropa Andy Brassell kepada BBC Radio 5 secara langsung. "Dia dianggap cukup baik oleh dewan dan (mantan manajer) Zinedine Zidane cukup baik bagi Real Madrid, tetapi mereka tidak akan membayar klausul tersebut."

Dia bergabung dengan Athletic pada usia sembilan tahun. Setelah maju ke skuad senior pada 2012 kenaikannya stabil dan tidak spektakuler.

Sky Sports

Mengenal Kepa Arrizabalaga, Kiper Termahal yang Jadi Pahlawan Chelsea

Baca Juga : Terungkap! Ini Nama Bayi Pangeran Harry dan Meghan Markle yang Baru Lahir

Setelah menjalani masa pinjaman dengan Ponferradina dan Real Valladolid, ia akhirnya menjadi starter untuk Athletic di awal musim 2016-17.

Dengan cepat ia membangun dirinya dengan menunjukkan ketenangan dan kedewasaan yang mengesankan.

Meskipun Kepa kebobolan 43 gol dalam 30 pertandingan liga musim 2017, itu terutama karena kekurangan tim yang lemah di depannya.

Cerminan bakatnya yang lebih akurat adalah peningkatannya ke dalam skuad Spanyol, meskipun penampilannya dalam kemenangan persahabatan 5-0 atas Kosta Rika pada November 2017 tetap menjadi satu-satunya penampilan internasionalnya hingga saat ini.

Aset terbesarnya adalah refleks secepat kilat, yang memungkinkannya untuk menghentikan tendangan jarak dekat dan ketenangan di daerah penalti.

Meskipun semua orang terkejut dengan biaya besar untuk seorang pemain dengan hanya dua musim pengalaman di papan atas,masyarakat di Spanyol menganggap Kepa sebagai kiper muda terbaik di negara itu dengan masa depan yang sangat cerah.

Sebelum Alisson pindah dari Roma ke Liverpool pada bulan Juli 2018, Gianluigi Buffon telah menghabiskan 17 tahun sebagai kiper termahal di dunia sepakbola.

Pemain Italia berusia 40 tahun, yang musim panas ini meninggalkan Juventus untuk bergabung dengan Paris St-Germain, dibeli seharga 53 juta euro oleh Juve dari Parma pada 3 Juli 2001.

Sementara catatan itu mencapai 6.225 hari, biaya yang dibayarkan untuk Alisson dilampaui dalam 20 hari oleh Kepa.

Editor : Rebi

Baca Lainnya