Video Detik-detik Gempa Berkekuatan 6,1 M di Filipina, 8 Orang Tewas

Selasa, 23 April 2019 | 16:00
Reuters

Screenshot video gempa bumi di filipina, Senin (22/4/2019).

WIKEN.ID - Gempa bumi mengguncang Pulau Luzon, Filipina Utara pada Senin (22/4/2019) sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Menurut US Geological Survey dan Otoritas Seismologi Filipina, gempa tersebut awalnya dikabarkan berkekuatan 6,3 magnitudo, dan direvisi menjadi 6,1 magnitudo.

Provinsi Pampanga dikabarkan terkena dampak gempa paling besar.

Menurut Gubernur Provinsi Lilia Pineda, setidaknya delapan orang dinyatakan tewas akibat bangunan yang runtuh dan 20 orang lainnya mengalami luka-luka.

Baca Juga : Pasca Menikah dengan Pengusaha Malaysia, Laudya Cynthia Bella Kini Enggan Beradegan Romantis dalam Film-filmnya

Tim penyelamat menggunakan peralatan berat dan anjing pelacak untuk mencoba menjangkau orang-orang yang terperangkap setelah sebuah bangunan berlantai empat runtuh.

"Mereka terdengar menangis kesakitan, tidak mudah menyelamatkan mereka," katanya saat ditanyai pendapat tentang korban yang masih terperangkap.

Filipina rawan bencana alam diketahui terletak di "Ring of Fire" Pasifik yang aktif secara seismik, sebuah band gunung berapi berbentuk tapal kuda dan garis patahan yang mengelilingi tepi Samudra Pasifik.

Selain gempa, Filipina juga kerap dilanda oleh rata-rata 20 topan per tahun, membawa hujan lebat yang memicu tanah longsor yang mematikan.

Baca Juga : Gara-gara Telat Kerja, Pria Ini Nekat Gergaji Palang Pintu Kereta Api yang Sudah TertutupBandara internasional Pampanga di Clark, bekas pangkalan militer AS ditutup dan sejumlah penerbangan dibatalkan setelah kerusakan pada bagian-bagian fasilitas termasuk area check-in.Retakan besar muncul di jalan provinsi dan tiang listrik ditebang.

Melansi South China Morning Post, tim penyelamat di Manila sedang bersiap untuk memperkuat upaya menjangkau orang-orang yang terjebak di Pampanga.

AFP
AFP

Orang-orang berlarian keluat setelah gempa bumi mengguncang Filipina pada hari Senin (22/4/2019).

Pemerintah mengimbau masyarakat Filipina untuk tenang menyikapi berbagai desas-desus yang berkembang di media sosial.

Baca Juga : Usia Kepala Lima, Wanita Asal Indonesia Ini Tetap Awet Muda Bagai Dikutuk Tak Bisa Tua, Ternyata Ini Resep Rahasianya!

"Kami minta masyarakat untuk menahan diri agar tidak menyebarkan disinformasi di media sosial yang dapat menimbulkan kekhawatiran, kepanikan dan tekanan," kata Juru Nicara Lpresidenan, Salvador Panelo.Di Manila, gempa menyebabkan gedung-gedung tinggi bergoyang selama beberapa menit di kawasan bisnis utama."Kami gugup, kami pusing. Saya berlari ke bawah dengan tiga anak," kata Arlene Puno, seorang pembantu rumah tangga di sebuah apartemen bertingkat tinggi di pusat keuangan Makati.

Gempa yang melanda 60km (37 mil) barat laut ibukota, Manila, juga dikabarkan mengganggu transportasi udara, kereta api, dan jalan dan menyebabkan beberapa kerusakan pada bangunan dan infrastruktur.

Baca Juga : Sebesar Kepalan Tangan, Bayi Terkecil di Dunia Akhirnya Diizinkan PulangBandara internasional di Clark, bekas pangkalan militer AS, ditutup dan lebih dari 100 penerbangan dibatalkan setelah kerusakan sebagian fasilitas, termasuk area check-in.

Lihat video detik-detik terjadinya gempa di bawah ini:

(*)

Editor : Hikmah

Baca Lainnya