Videonya Selalu Menyentuh Hati, Begini Kisah Adam Fabumi yang Pernah Melawan Penyakit Langka

Jumat, 12 April 2019 | 14:20
instgram.com/ratihmegasari

Ratih dan Ludi bersama bantal kenangan bergambar wajah sang anak Adam Fabumi Kamaludin @adamfabumi

WIKEN.ID - Rasanya sudah tak asing lagi kalau mendengar nama Adam Fabumi lagi ya.

Nama Adam Fabumi ini pertama muncul di publik melalui akun instagram @adamfabumi yang dikelola keluarganya terutama orang tua dan tantenya sendiri yang biasa mereka sebut dengan Antide.

Baca Juga : Dikecam Sebut Kucing Sebagai Hewan Gembel, Padji Pragiwaksono Akhirnya Buka Suara

Melalui akun tersebut, enggak jarang orang tuanya membagikan kisah penuh inspirati yang menunjukkan betapa perjuangan bayi mungil bernama Adam Fabumi Kamaludin ini.

Kisah adam ini bermula sejak Ia berada dalam kandungan sang ibu, Ratih Megasari.

Saat usia kandungan meginjak usia 5 bulan, Adam terdiagnosis mengalami Dandy Walker Syndrome.

Penyakit ini merupakan penyakit bawaan yang menyerang otak bayi.

Saat lahir, Adam mengalami kesulitan bernapas sehingga membutuhkan alat bantu pernapasan.

Baca Juga : Terpopuler, Video Kenangan Ariel Noah - Sarah Amalia Hingga Hotman Paris Tanggapi Kasus Audrey

Dilansir dari Nakita.id, Dokter pun menemukan berbagai kelainan dalam diri Adam.

Ia terdiagnosis mengalami cacat jantung bawaan yakni kebocoran jantung dengan lebar 3,5 mm yang disebut PDA (Patent Ductus Arteriosus).

Baca Juga : Sebelum Jadi Kekasih Ariel, Luna Maya Harusnya Sudah Dijodohkan dengan Reino Barack, Luna: 'Dia Enggak Cemburuan'

Selain itu, ia juga mengalami masalah pernapasan hingga masalah pada ginjalnya.

Hingga pada akhirnya dokter mengambil tindakan trakeostomi yang merupakan tindakan bedah untuk membuat lubang di saluran udara untuk membantunya bernapas.

Selama satu bulan, Adam Fabumi mengalami kondisi naik turun hingga akhirnya dokter menemukan bahwa ia mengalami trisomy 13 syndrome.

Baca Juga : Kabar Keangkerannya Tak Diragukan, Sara Wijayanto Beberkan Kisah Pilu dan Tragis Hantu Penunggu Rumah Aurel Hermansyah

Seperti dilansir dari situs WebMD, kelainan kromosom langka ini disebabkan oleh kromosom 13 dalam tubuh seseorang muncul tiga kali dan bukan dua kali seperti orang pada normalnya.

Kondisi ini umumnya tidak disebabkan oleh virus ataupun keturunan. Kondisi ini disebabkan secara spontan pada proses pembelahan sel.

Meski mengidap penyakit langka, Adam Fabumi dan kedua orangtuanya tak mengenal lelah.

Setiap harinya Adam harus menggunakan ventilator untuk bantuan bernapas.

Namun kondisi ini tak membuatnya dan kedua orangtuanya berputus asa.

Baca Juga : ART Ashanty Ternyata Tak Hanya Cuci Kulkas Tapi Juga Sembunyikan Ini di Pinggir Kolam Renang, Uteng: Kalau Tau Bunda, Habislah Saya!

Mereka bahkan membagikan semangat positif di instagram.

Meski belum pulih benar, kondisi Adam Fabumi memberikan inspirasi kepada kita untuk tidak mudah menyerah dalam kondisi apa pun.

Orangtua Adam Fabumi juga mendirikan yayasan Adam Fabumi Foundation yang bertujuan untuk membantu orangtua yang memiliki nasib sama dengan Adam melalui @adamfabumifoundation.

Kabar duka datang dari seorang bayi yang berusia 7 bulan, Adam Fabumi yang meninggal dunia pada Rabu,(22/11) pukul 15.35.

Baca Juga : Video Viral Acara Pernikahan Berantakan Akibat Mantan Pacar Mempelai Pria Datang dengan Gaun Pengantin Serupa

Meski Adam sudah berpulang, enggak jarang akun @adamfabumi tetap membagikan foto atau video yang mungkin belum sempat diunggah.

Tentunya dengancaption yang menggemaskan juga.

Salah satunya video adam yang tengah asyik tertidur pulas ini.

Baca Juga : Pasangan Pablo Benua dan Rey Utami Pilih Bela Syahrini daripada Luna Maya, 'Itu Mah Hanya Citra yang Dibuat'

"Haiii om tante apa kabarnyaaa? Maaf yaa belakangan aku jadi jarang muncul. Aku keasikan main di Surga hehehe *emotikon*

Oiya ini ada salah satu moment aku bobo puyesh pas lagi berobat ke Singapore bulan Agustus lalu. Klo ga salah ini pas umurku baru 5 bulan *emotikon* jaman2 awal pas pipiku bersticker niihh! Klo sticker pipi-ku yang jadi fav om tante yg mana? *emotikon**emotikon*#ThrowBackAdam"

Enggak sedikit netizen yang berkomentar dalam postigan video tersebut.

"meyana_susi kangennn bangettt *emotikon* *emotikon*"

"utamitamimaris7794 Emees bgt sma alm.adam *emotikon* *emotikon*"

"geryylnrdy kangenn *emotikon* *emotikon*"

"ranimgt Adaaam, gonna miss youu *emotikon* bahagia di surga ya nak"

(*)Baca Juga : ART Ashanty Ternyata Tak Hanya Cuci Kulkas Tapi Juga Sembunyikan Ini di Pinggir Kolam Renang, Uteng: Kalau Tau Bunda, Habislah Saya!

Editor : Amelia

Baca Lainnya