Pilot Ini Selamatkan Bayi Simpanse, Videonya Buat Warganet Terharu!

Senin, 08 April 2019 | 12:30
pixabay

Simpanse si pembelajar yang cerdas

WIKEN.ID -Lwiro Primate, pusat rehabilitasi dan tempat perlindungan bagi hampir 200 simpanse dan monyet di Kongo, berbagi video yangmengharukan tentang penyelamatan simpanse bayi pada Maret 2018 lalu.

Dalam video tersebut, seekor simpanse bernama Mussa duduk di pangkuan seorang pilot yang menerbangkannya dari Taman Nasional Virunga ke tempat yang lebih aman yaitu Lwiro.

"Sayangnya keluarganya sudah mati," tulis Lwiro dalam komentar di Facebook.

"Kami tidak tahu berapa banyak, mungkin hanya ibu, tetapi kemungkinan besar beberapa anggota keluarganya terbunuh," lanjutnya.

Tetapi video tersebut menarik perhatian karena aksi sang pilot yang berjanggut sama menggemaskannya dengan Mussa sisimpanse.

Itu sebagian dari sikap lembut pria itu tersebut. Dia menenangkan Mussa dengan "ssst" yang tenang, membersihkan dan merawat simpanse.

Ia juga mengawasi ketika bayi simpanse tersebut menyentuh kenop di panel instrumen pesawat.

Baca Juga : Demi Kucing Kesayangannya, Perempuan Ini Rela Bepergian 1.300 Mil Untuk Perawatan Kanker Kucingnya

Nama asli #hotpilot, sebagaimana dijuluki oleh pengguna Twitter, adalah Anthony Caere.

Penyelamatan Mussabukanlah penyelamatan hewan pertamanya.

Menurut sebuah postingan blog di situs web Virunga, Caere adalah seorang Belgia yang mengepalai Air Wing dan bertugassebagai "'kakak di langit" untuk jagawana atau ranger.

Tugas Caere termasuk mendukung patroli anti perburuan liar ranger, melakukan pengawasan terhadap sensus satwa liar, memeriksa lokasi perburuan liar dan melakukan evakuasi medis.

Sebelum muncul di videonya dengan Mussa ini, ia muncul dalam program dokumenter Belgia yang disebut "Dokter Terbang," yang mengikuti tiga dokter yang membantu penjaga di Virunga.

The Dodo

Pilot Ini Selamatkan Bayi Simpanse, Videonya Buat Warganet Terharu!

Instagram Caere penuh dengan gambar dan video yang menakjubkan dan menginspirasi dari lanskap taman dan margasatwa, serta beberapa pilot sendiri dengan penjaga dan primata yang diselamatkan lainnya.

Tapi Caere juga menawarkan kata-kata serius tentang gorila, gajah, dan hewan lain yang sering mendapat ancaman dari pemburu liar.

"Ini terlihat lucu tetapi sebenarnya adalah kisah sedih," tulisnya dalam judul untuk video dengan Mussa. "Dia seharusnya bersama ibunya."

Baca Juga : Kisah Inspiratif Petugas Pemadam Kebakaran di Balik Kebakaran Mematikan di California

Lwiro, yang menyelamatkan hewan dari perburuan dan perdagangan hewan peliharaan, saat ini merawat 80 simpanse dan 100 monyet dari berbagai spesies, menurut Itaso Velez del Burgo, direktur teknis kelompok itu.

Mussa, penyelamatan simpanse ketiga organisasi tahun ini, disita dari seorang pria yang juga secara ilegalmemelihara reptil yang dilindungi.

Tidak jelas apakah ia bermaksud menjual simpanse, spesies yang bisa berharga ribuan dolar di Cina dan Timur Tengah, atau menjaganya sebagai hewan peliharaan, lanjut Velez.

“Apa yang terjadi di sini adalah bahwa 'pemburu kecil' membunuhhewan dewasa untuk diambil dagingnya, dan jika mereka menemukan bayi mereka mencoba menjualnya,” tulis Velez. "Para pemburu liar di sini dapat [menghasilkan] antara $ 20 dan $ 50 per bayi simpanse."

Mussa, yang berusia sekitar tiga tahun, memiliki beberapa parasit pada usus tetapi dalam keadaan sehat.

"Dia tertawa dan bermain, yang merupakan pertanda yang sangat baik bagi simpanse tanpa induk," katanya. "Dan dia MENCINTAI tomat !!"

Caere tidak menanggapi permintaan wawancara. Tapi dia mungkin terlalu sibuk menyelamatkan lebih banyak nyawa.

Dalam sebuah postingan blogmengatakan dia terbang paling awal pagi dan tidak kembali sampai akhir hari.

Baca Juga : Bikin Terenyuh, Ini Aksi Seorang Pemuda yang Membantu Merpati yang Kehausan

"Dan segera setelah dia kembali ke tanah, orang-orang berkumpul di sekitarnya untuk mendengar berita tentang taman itu," kata posting itu.

Pilot ini sekarang memiliki banyak penggemar baru yang ingin tahu lebih banyak tentang pekerjaannyasekaligustentang dia.

Pada 6 Januari 2018, ia memposting video di mana ia mengucapkan selamat tahun baru kepada para pengikutnya dan mengajukan permintaan.

“Salah satu hal kecil yang saya inginkan untuk tahun ini adalah bahwa kita semua hanya melakukan sedikit usaha ekstra untuk planet kita yang indah dan terancam punah, juga hewan-hewannya,” katanya.

“Jika anak-anak kita masih ingin melihat binatang liar di sini dalam 20 tahun, maka kita harus bertindak sekarang. Jangan menyerah di planet kita yang indah," lanjutnya.

Berikut video mengharukan sang pilo bersama Mussa:

Editor : Rebi

Baca Lainnya